Apa Sih Fungsi RAM Pada HP/Smartphone itu?

RAM Hp

Sekarang ini kalau orang mau beli hp atau smartphone pasti akan tanya berapa RAM nya. Orang awam pun juga akan menanyakan seperti itu, dan memiliki anggapan kalau RAM nya besar berarti hp nya bagus. Tapi ketika ditanya apa fungsi RAM pada hp itu, tidak tahu. Mentok-mentok ya dijawab RAM itu memori.

Iya benar, RAM itu memori, karena singkatan dari Random Access Memory. Tapi memorinya di sini bukan untuk menyimpan data seperti memori internal. Sama-sama menyimpan data, tetapi fungsinya beda.

Mari kita bahas di artikel ini supaya kamu bisa sedikit lebih tahu.

Apa itu RAM?

RAM Hp

RAM singkatan dari Random Access Memory, bahasa Indonesianya ya Penyimpanan Memori Acak, memang sedikit aneh kalau di Bahasa Indonesia kan.

RAM ini adalah bagian dari struktur komputer yang berupa perangkat keras. Sehingga bisa dilihat dan dipegang. RAM pada ponsel ini memiliki beberapa jenis berdasarkan generasinya, seperti RAM LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4.

Kalau kamu pernah baca spesifikasi lengkap sebuah smartphone pasti akan menemukan istilah-istilah itu. Nah kalau ada smartphone yang memiliki RAM jenis LPDDR4, itu berarti pakai RAM generasi terbaru. RAM jenis ini lebih cepat dan hemat daya.

Sekadar informasi saja, di ponsel itu ada beberapa tipe memori. Memori di ponsel itu ada 4 tipe, RAM, ROM, Internal Memory, dan SDCard.

ROM itu Read Only Memory, yang fungsinya buat naruh file-file sistem operasi dan aplikasi, Internal Memory untuk menaruh file-file data dari aplikasi maupun pengguna dan pengguna bisa menambah, menghapus, memodifikasi file yang di simpan di Internal Memory, sedangkan di ROM itu pengguna hanya bisa membacanya saja, sesuai dengan namanya Read Only.

Kemudian SDCard adalah memori yang sifatnya ekstensi atau eksternal berupa kartu memori yang bisa dipasang dan dilepas. Fungsinya sama seperti Internal Memory.

Contohnya sebuah ponsel dengan spesifikasi RAM 3GB, Storage 64GB. Nah biasanya nanti storage ini sudah dipecah misalnya saja 20GB untuk ROM, sisanya untuk Memori internal.

Baca juga:  Pilih Upgrade RAM atau SSD Dulu?

Baca juga : Mencegah Memori Internal Smartphone Agar Tidak Cepat Penuh

Fungsi RAM pada hp

RAM pada hp

Jadi apa fungsi RAM pada hp itu? Fungsinya adalah untuk menyimpan memori data sistem, aplikasi atau program yang sedang berjalan secara sementara.

Misalnya gini, ketika kamu membuka Instagram, maka data aplikasi Instagram ini akan tersimpan di RAM, begitu pula dengan aplikasi-aplikasi lain yang kamu buka. Nah semakin banyak kamu membuka aplikasi, maka akan semakin cepat penuh RAM nya. Efeknya adalah membuat hp jadi lemot.

Ilustrasi RAM

Kenapa kok disimpan di RAM? Agar tidak membebani prosesor. Kalau semuanya langsung diakses dari prosesor maka beban prosesor akan berat dan performa jadi berkurang. Mudahnya RAM ini sebagai jembatan sebuah proses sebelum dieksekusi oleh prosesor.

RAM ini sifatnya sementara. Data yang ada di RAM akan terhapus ketika kamu melakukan restart atau reboot perangkat ponsel. Inilah mengapa banyak orang yang ponselnya merasa lemot, terus setelah di restart akan terasa lebih ringan. Ya karena setelah restart data yang tersimpan di RAM berkurang.

Tapi ya akan kembali penuh lagi jika pengguna banyak membuka program-program di hp.

Bagaimana Melihat Kapasitas RAM yang Terpakai?

Masing-masing ponsel berbeda ya, ada yang memang sudah tersedia fiturnya di menu Pengaturan > Penyimpanan, ada yang bisa dilihat informasinya Recent Apps.

fungsi ram pada hp

Memori yang tersimpan di RAM ini juga bisa dihapus ketika ponsel dalam keadaan hidup. Cara mudahnya ya masuk ke Recent Apps kemudian hapus aplikasi-aplikasi ada. Atau bisa juga pakai aplikasi-aplikasi Cleaner yang bisa menghapus memory RAM.

Seperti itu fungsi RAM pada hp, jadi dari sini semoga bisa lebih paham ketika nanti melihat kondisi hp nya kok tiba-tiba lemot atau mungkin ketika ingin melihat hp baru bisa menentukan sesuai dengan kebutuhannya.

Kalau ada pertanyaan langsung tulis di kolom komentar.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *