Alasan Chromebook Cocok Jadi Laptop untuk Pelajar

  • Whatsapp

Denger-denger Kemendikbud ingin mengadakan laptop untuk pelajar agar menunjang proses kegiatan belajar mengajar selama pandemi ini. Yang lagi ramai diperbincangkan adalah harganya yang menurut orang terlalu mahal dibanding dengan spesifikasi minimumnya. Tapi akhirnya ada penjelasan kalau budget Rp 10 juta itu nanti tidak hanya diberikan laptop saja, tetapi juga beberapa ATK dan perangkat pendukung lainnya.

Okay, saya tidak akan membahas soal itu, karena juga tidak paham. Yang menarik bagi saya adalah unit laptop yang akan digunakan katanya pakai laptop Chromebook. Kalau ini benar, saya sangat senang. Karena Chromebook ini cocok untuk laptop pelajar. Mungkin ada beberapa yang belum tahu Chromebook itu apa.

Chromebook adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS dengan sistem penyimpanan yang mengandalkan cloud storage dan memiliki kinerja yang lebih cepat dan mudah.

Chromebook ini berbeda dengan laptop pada umumnya yang menggunakan Windows OS. Ketika nanti kamu membuka Chromebook, maka pengoperasian hanya bisa melalui web browser Chrome. Ya, semua aktivitas komputerasi nantinya hanya bisa dilakukan melalui Chrome browser. Untuk mengetik pakai Google Docs, browsing jelas langsung bisa.

Intinya Chromebook memang difungsingkan untuk browsing dan melakukan pekerjaan office saja.

Chromebook Laptop untuk Pelajar

Mengapa Chromebook cocok untuk pelajar khususnya di sekolah online saat pandemi ini?

1. Mudah Digunakan

Kita tahu di masa pandemi ini banyak pelajar khususnya yang masih SD, SMP, banyak yang belum paham bagaimana mengoperasikan komputer/laptop. Akhirnya pembelajaran dilakukan melalui WhatsApp. Jelas ini tidak efektif, karena informasi yang diberikan sangat terbatas platformnya.

Dengan menggunakan Chromebook, pelajar tidak perlu terlalu banyak belajar tentang cara teknisnya. Karena seperti membuka browser Google Chrome saja kemudian melakukan pekerjaan secara online. Tugas-tugas yang diberikan guru bisa dikirim melalui Google Classroom, atau bisa melalui Google Docs.

Intinya Chromebook jauh lebih mudah dipelajari oleh pelajar itu sendiri maupun orang tua yang ingin mengawasinya di rumah.

2. Tidak Bisa Untuk Menjalankan Games

Salah satu kekhawatiran jika pelajar diberikan perangkat laptop adalah malah digunakan buat bermain. Bukannya malah belajar tapi malah install game ini itu. Akhirnya malah disalah gunakan.

Tapi kalau dikasihnya Chromebook, para pelajar tidak bisa lagi menjalankan games yang aneh-aneh. Ya paling games ringan yang ada di PlayStore, itu pun terbatas. Soalnya spesifikasi dari Chromebook ini kan juga kecil.

Jadi para pelajar ketika menggunakan Chromebook ini ya hanya akan digunakan untuk belajar saja. Paling pol ya buat bermain medsos.

3. Aman dan Ringan

Chromebook akan berfungsi maksimal jika terhubung ke koneksi internet, tetapi meskipun sering terhubung ke internet, Chromebook sangat aman dari virus. Karena di dalamnya sudah ada perangkat TPM (Trusted Platform Module) yang fungsinya untuk memberikan keamanan ketika boot-up agar terlindung dari virus dan malware.

Jadi para pelajar ketika menggunakan Chromebook ini tidak akan mengalami permasalahan seperti laptop terkena virus dan sejenisnya.

Selain itu, Chromebook memiliki berat yang ringan. Ini sangat cocok untuk pelajar karena bisa ditaruh di tas dan bisa dibawa kemana-mana tanpa terasa berat.

4. Baterai Awet Cocok Jadi Laptop untuk Pelajar

Biasanya para pelajar kalau sudah belajar online itu suka lupa waktu, bisa berjam-jam. Tenang saja, Chromebook bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kalau hanya digunakan untuk browsing dan akses office saja, bisa bertahan selama 8 jam bahkan lebih. Baterainya sudah didesain sedemikian rupa agar awet.


Chromebook ini memiliki harga yang lebih murah dibanding laptop pada umumnya. Karena tujuannya hanya untuk belajar online, Chromebook sudah sangat mendukung sekali untuk kebutuhan pelajar. Saat ini sudah banyak merek-merek laptop yang memproduksi Chromebook, seperti Asus, Acer, Zyrex, dll. Tapi ingat ya, Chromebook menggunakan Chrome OS, bukan Windows OS.

Chrome OS itu ya browser Google Chrome itu tampilannya. Kalau sudah biasa pakai Google Chrome ya pasti bisa mengoperasikan Chromebook.

Jika Anda para orang tua ingin memberikan laptop untuk anaknya dengan tujuan untuk media belajar, Chromebook sangat kami rekomendasikan. Nanti tinggal beli modem Mifi untuk koneksi internet di rumah. Daripada harus mengaktifkan tethering di ponsel secara terus menerus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *