Samsung Odyssey Neo G8 Jadi Monitor 4K 240Hz Pertama di Dunia

Samsung Odyssey Neo G8. Di awal tahun 2022 ini Samsung mengumumkan produk terbarunya di lini monitor. Ada 3 model baru yang akan diperkenalkan saat ajang CES 2022 pada 5-7 Januari 2022 ini. Salah satu produk yang memikat adalah Samsung Odyssey Neo G8.

Monitor dengan layar 32 inch ini bakal menjadi monitor 4K 240Hz pertama di dunia. Tentu ini bakal jadi persaingan baru di lini monitor dan disinyalir merek-merek lain bakal mengikutinya. Namun, Odyssey Neo G8 ini merupakan curved monitor gaming versi kecil yang diluncurkan Samsung. Karena ada model lain yang memiliki ukuran besar 49 inci, yakni Odyssey Neo G9.

Kita bakal bahas dulu yang G8 ini.

Samsung Odyssey Neo G8

Odyssey Neo G8 memiliki kelengkungan 1000R (R artinya Radius) dengan aspect ratio 16:9. Di pasaran, umumnya curved monitor memiliki kelengkungan 1800R dan 1500R. Dan kali ini Samsung ingin membuat hal baru, yakni membuat monitor dengan kelengkungan yang jauh lebih melengkung.

Ketika nanti kamu melihat curved monitor biasa, setelah melihat Neo G8 ini rasanya curved monitor yang umum ada akan terlihat seperti monitor panel datar. Seperti itulah perbandingannya.

Samsung Odyssey Neo G8 ini memiliki tingkat kecerahan 2.000 nits dan menjanjikan kualitas gambar yang cemerlang berkat adanya panel backlight Quantum Mini-LED.

Monitor ini sudah kompatibel dengan AMD FreeSync Premium Pro dan teknologi sinkronisasi adaptif G-Sync Nvidia. Jadi ketika digunakan untuk game, monitor ini harusnya sudah bisa berjalan dengan mulus tanpa ada gangguan. Dengan asumsi GPU cukup kuat untuk mendorong resolusi 4K dengan frame rates yang cepat.

Dari sisi konektivitas, Odyssey Neo G8 ini memiliki fitur Auto Source Switch+ yang mampu memindah sumber konektivitas secara otomatis ketika perangkat yang terhubung diaktifkan. Karena di monitor ini memiliki dua port HDMI 2.1 dan satu DisplayPort 1.4. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot untuk memindah source channel melalui menu pengaturan.

Baca juga:  Samsung Z2 dengan Sistem Operasi Tizen Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Baca juga : Apa itu All in One PC? Simak Pengertian Terbaiknya di Sini

Samsung Smart Monitor M8

Selain Odyssey Neo G8, Samsung juga meluncurkan Smart Monitor M8 di event CES 2022 ini. Ini merupakan monitor yang sangat tipis dari Samsung dengan ketebalan 11.4mm saja dan desain flat-back yang modern, mirip dengan yang ada di iMac 2021.

Tetapi Smart Monitor M8 ini bukanlah monitor untuk gaming. Monitor ini hanya untuk penggunaan umum saja, seperti fungsi sebagai Smart TV dan produksi biasa. Monitor ini juga memiliki layar 4K dengan tingkat kecerahan 400 nits saja dan spektrum warna sRGB 99%.


Untuk harga hingga saat ini belum ada kabar berapanya. Samsung Odyssey Neo 8 merupakan monitor yang memiliki fitur dan teknologi yang bagus. Akan tetapi untuk bisa memaksimalkan teknologi itu, juga dibutuhkan komputer dengan GPU yang mumpuni. Agar hasilnya pun juga maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *