Android TV vs Smart TV

Android TV vs Smart TV sebenarnya tidak bisa dibandingkan. Karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup kecil. Meskipun keduanya sama-sama jenis LED TV, tetapi ada poin yang sedikit berbeda antara Android TV dengan Smart TV.

Sebenarnya diskusi antara kedua jenis tv ini sudah berlangsung selama beberapa tahun. Ada yang menganggap kalau Smart TV lebih memberikan kenyamanan dibanding Android TV. Di pihak lain ada yang merasa kalau dengan Android TV bisa menikmati seluruh konten yang lebih beragam yang ada di web melalui layar yang lebih besar.

Saat ini baik Smart TV maupun Android TV kini memiliki keunggulan masing-masing, sehingga membuat orang semakin bingung dalam memilihnya.

Faktanya, setiap televisi yang dapat memiliki program tambahan melalui internet disebut sebagai Smart TV. Memiliki Smart TV seperti kamu memiliki komputer yang terpasang di dalam televisi. Mudahnya seperti itu.

TV apapun yang bisa mengakses informasi online, terlepas dari sistem operasi apa yang digunakan, itu sudah dianggap sebagai Smart TV. Poinnya adalah, Android TV adalah termasuk Smart TV.

Android TV memiliki hampir semua fungsi yang ada pada Smart TV. Bedanya, Android TV berjalan pada sistem operasi Android. Nah, beberapa Smart TV (non Android TV) datang dengan sistem operasi yang berbeda tergantung dari masing-masing produsennya.

Misalnya untuk Smart TV Samsung, mereka menggunakan sistem operasi Tizen, LG pakai WebOS, Apple TV pakai tvOS, dll.

Android TV vs Smart TV

Aplikasi yang Didukung

Android TV memiliki App Library yang lebih beragam berkat dukungan Google Play Store di dalamnya. Kamu akan bisa menemukan banyak aplikasi yang biasa ditemukan di smartphone. Mulai dari YouTube hingga Netflix adalah. Yang jelas semua aplikasi yang ada sudah dioptimalkan untuk platform TV. Sehingga memiliki kontrol yang memudahkan pengguna.

Sedangkan untuk Smart TV yang menggunakan sistem operasi lain, katakanlah Tizen OS, memiliki aplikasi yang terbatas. App Library yang ada di app store TV tersebut tidak selengkap Google Play Store di Android TV. Tetapi untuk aplikasi streaming seperti YouTube, Netflix, Prime Video, masih tetap ada di Smart TV.

Update OS dan Aplikasi

Itu kalau dari sisi koleksi aplikasinya. Kalau kita melihat dari sisi pembaharuan sistem dan aplikasi, Smart TV memiliki pembaharuan yang lebih sulit atau lama. Berbeda dengan Android TV yang memang memiliki pengembangan yang sangat cepat dan aktif baik dari sisi fitur teknologi maupun keamanannya.

Baca juga:  5 Rekomendasi Smart TV 40 Inch Harga Terbaik

Baik dari sistem operasi maupun aplikasinya, Android TV bisa memungkinkan untuk melakukan pembaharuan secara otomatis.

Ya wajar saja, karena Android TV milik Google dan mereka memang melakukan pengembangan secara terus menerus.

Voice Assistant

Menurut blog Fixinghacks, Android TV memiliki fitur Voice Assistant bawaan dari Google, yakni Google Assistant. Tentu ini akan lebih menonjolkan sisi fungsionalitas dari Android TV bagi penggunanya. Dengan adanya Google Assistant, pengguna bisa lebih mudah mengontrol TV dengan suara tanpa harus melakukan input apapun melalui remote.

Google Assistant

Bagaimana dengan Smart TV? Sebenarnya di beberapa merek Smart TV juga sudah ada yang menanamkan fitur voice control, akan tetapi tidak seluas Google Assistant fungsinya. Dan itu pun hanya ada di beberapa Smart TV kelas menengah atas.

Kalau dibandingkan dengan Android TV yang harganya sama, mungkin akan kalah.

Screen Mirroring

Karena Android TV juga sudah built-in Chromecast, jadinya untuk melakukan screen mirroring dari ponsel Android sangat mudah tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Kalau di Smart TV kadang perlu menginstall aplikasi tambahan dulu.

Dan untuk beberapa merek dan tipe Smart TV malah ada yang tidak memiliki fitur ini.

Jadi Android TV vs Smart TV bagus mana?

Sebenarnya semuanya sama-sama bagus, tergantung masing-masing orang mau pilih yang mana. Sesuaikan saja dengan kebutuhannya. Fitur yang membedakan antara Android TV vs Smart TV itu sebenarnya kecil.

Secara umum, Android TV di semua merek TV pasti yang seperti itu, baik antar mukanya maupun fitur-fiturnya. Jadi kalau mau memilih Android TV dari merek TV A atau B itu sangat mudah.

Tapi kalau mau beli Smart TV, ya perlu lebih teliti lagi. Harus dilihat dulu masing-masing punya fitur apa, bagaimana antarmukanya apakah mudah dioperasikan atau tidak.

Masing-masing punya kualitasnya dan Android TV maupun Smart TV adalah perangkat yang saat ini sedang populer. Tidak ada yang lebih bagus dan tidak ada yang jelek. Semua kembali ke selera dan kebutuhan masing-masing.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.