4 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

Menghemat Baterai Smartphone

Saat ini hampir setiap orang di dunia memiliki smartphone. Kemunculan handphone dalam bentuk smartphone memang sangat menguntungkan para pengguna ponsel di seluruh dunia. Bagaimana tidak, smartphone bisa menunjang segala pekerjaan dan aktivitas manusia. Mulai dari SMS, telepon, media sosial, browsing, hingga menggunakan aplikasi dari OS yang sangat memberi manfaat. Dalam sehari, para pengguna bisa menggunakan smartphone dalam jangka waktu cukup lama karena mobilitas yang tinggi.

Yang masih sangat disayangkan ialah ketika baterai smartphone cepat habis sehingga kinerja pemakainya akan terganggu. Memang beberapa smartphone yang beredar di pasaran telah dilengkapi baterai berkapasitas besar serta tahan lama. Namun hal ini tidak menjamin daya baterai akan habis dalam waktu yang cukup lama. Pasti tetap akan ada risiko kehabisan daya baterai ketika berada di saat-saat genting. Kehabisan daya baterai smartphone saat berada di momen-momen yang penting memang menyebalkan. Lalu bagaimana caranya agar bisa menghemat baterai smartphone?

Berikut cara-cara untuk menghemat baterai smartphone yang bisa dilakukan.

1. Merubah tingkat kecerahan layar

Faktanya, semakin cerah tampilan layar maka baterai akan lebih cepat habis karena akan memengaruhi efektivitas penggunaan layar. Anda bisa mengakalinya dengan meredupkan layar atau merubah tingkat kecerahan layar menjadi lebih rendah.

2. Menutup aplikasi dan fitur yang tidak digunakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa pengguna smartphone sering lupa untuk menutup aplikasi maupun fitur yang sudah tidak digunakan. Selain membuat paket data menjadi cepat habis, membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan tidak ditutup bisa menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Oleh karena itu, tutup aplikasi atau fitur yang dirasa sudah tidak digunakan dengan cara menekan tombol ‘Home‘ lebih lama di smartphone, kemudian ‘delete‘ seluruh aplikasi yang masih dijalankan. Beberapa contoh, matikan GPS dan media sosial. Selain itu, sinyal radio juga harus dimatikan jika sudah tidak diperlukan.

3. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth juga membutuhkan banyak daya saat diaktifkan. Saat tidak diperlukan, sebaiknya matikan koneksi Wi-Fi. Sebab apabila Wi-Fi masih berada dalam kondisi aktif, maka perangkat akan terus aktif mencari jaringan Wi-Fi. Sehingga baterai akan cepat terkuras. Sama halnya dengan Bluetooth. Matikan Bluetooth saat tidak diperlukan.

4.Matikan fitur notifikasi dan sinkronisasi

Notifikasi dan sinkronisasi akan ada terus menerus selama Anda mengaktifkannya. Mulai dari notifikasi media sosial hingga pemberitahuan sinkronisasi. Hal ini tentu saja akan cepat menguras baterai smartphone. Matikan seluruh fitur notifikasi dan sinkronisasi jika sudah tidak diperlukan.

Keempat cara di atas bisa dilakukan terhadap smartphone milik Anda. Menghemat daya baterai sama dengan Anda menghemat usia baterai tersebut.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG