Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

3 Keunggulan Redmi Note 7. Bakal Rilis di Indonesia?

Redmi Note 7

Xiaomi kembali menggebrak pasar smartphone dengan mengeluarkan Redmi Note 7. Versi ini jelas menjadi pembaharuan dari versi sebelumnya, Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro. Oh ya, sebelum melanjutkan membahas Redmi Note 7, Lhageek ingin sampaikan dulu kalau Redmi sekarang sudah menjadi sub-brand sendiri dari Xiaomi. Jadi nantinya kalau nyebut ponsel ini, ya Redmi Note 7, bukan lagi Xiaomi Redmi Note 7.

Di Redmi Note 7 ini nanti pun bagian belakangnya tertulis “Redmi by Xiaomi“.

Sekitar setahun yang lalu, Xiaomi sudah mengeluarkan Redmi Note 5 yang ternyata sangat laku dan sampai awal tahun 2019 ini pun masih banyak dicari orang. Ya meskipun dulunya sempat jadi “hp ghoib“, tapi munculnya Redmi Note 5 mampu menandingi kompetitornya, Asus Zenfone Max Pro M1.

Kemudian belum lama meluncur, ada versi baru lagi yakni Redmi Note 6 Pro. Sayangnya kemunculannya kurang memikat. Banyak MiFans yang kecewa. Faktor utamanya adalah tidak memiliki perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya, Redmi Note 5. Prosesornya saja masih pakai Snapdragon 636.

Bahkan ada yang menyarankan daripada beli Redmi Note 6 Pro mending beli Redmi Note 5. Dari segi kualitas sama, harganya pun lebih murah.

Tapi kini hadir versi baru yakni Redmi Note 7.

Redmi Note 7

Redmi Note 7 resmi meluncur di negara asalnya, China, pada Kamis 10 Januari 2019 kemarin. Dan ternyata peluncuran ini sangat disambut antusias oleh MiFans di seluruh dunia termasuk Indonesia. Ya wajar, karena dengan spesifikasi yang ditawarkan serta adanya perubahan yang cukup signifikan, harganya pun juga di luar nalar.

Bukan Xiaomi kalau tidak murah harganya. Ada 3 varian Redmi Note 7 ini, untuk kapasitas RAM 3GB/32GB hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,1 juta, untuk varian RAM 4GB/64GB harganya sekitar 2,5 juta, sedangkan untuk RAM 6GB/64GB sekitar Rp 2,8 juta. Harganya di China tidak sampai Rp 3 juta.

Ya meskipun itu baru harga di China, tetapi banyak yang berharap nanti ketika masuk di Indonesia harganya tidak jauh berbeda.

Mengapa harga segitu banyak yang ingin memilikinya?

Ya karena spesifikasi dan fitur yang ditawarkan memang cukup unggul. Berikut ini beberapa keunggulan dari Redmi Note 7.

1. Desain Bodi yang Berbeda

Ciri khas dari ponsel-ponsel Xiaomi (khususnya Redmi) sebelumnya adalah memiliki body metal yang solid di bagian belakangnya. Nah di Redmi Note 7 ini berbeda dengan versi sebelumnya, karena bagian belakangnya menggunakan material kaca.

Dan desain warnanya pun juga lebih kekinian dengan gradasi warna yang cantik. Ya meskipun model warna seperti ini sudah banyak digunakan merek-merek ponsel lain, tetapi untuk Xiaomi ini membuatnya menjadi beda. Apalagi bagian belakangnya sudah bermaterial kaca.

Sisi layar menggunakan IPS LCD dengan fitur notch model waterdrop yang cukup simple. Dan layarnya sudah dibekali Corning Gorilla Glass 5 baik di bagian layar depan, maupun belakang.

2. Snapdragon 660 Octa-core

Perubahan lain yang juga jadi keunggulan dari ponsel ini adalah sudah menggunakan Chipset Snapdragon 660 Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512. Sedangkan yang versi sebelumnya menggunakan Snapdragon 636. Ya sebenarnya S660 ini juga masih dalam jajaran prosesor kelas menengah. Akan tetapi S660 sedikit lebih unggul dibanding S636.

Dari clock speed saja berbeda, Snapdragon 660 ini memiliki kecepatan 2.2 GHz.

Kalau kata orang sih, Snapdragon 636 itu ‘versi Lite’ dari Snapdragon 660.

3. Kamera 48 MP

Menurut Lhageek, bagian inilah yang bakal menjadi nilai jual utama dari Redmi Note 7 ini. Kamera utamanya memiliki resolusi yang cukup besar 48MP dengan aperture f/1.8 ukuran piksel 1,6 um untuk lensa utamanya dan 5MP dengan aperture f/2.4 untuk lensa sekunder. Dan tentunya sudah mendukung AI.

Kamera ini menggunakan sensor CMOS Samsung ISOCELL Bright GM1.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki ukuran 13MP (AI).

Nah, yang jadi pertanyaan Lhageek adalah, ketika membaca spesifikasi Snapdragon 660 di situs resminya, di sana tertulis kalau Snapdragon 660 hanya bisa mendukung kamera dengan ukuran maksimal 25MP. Tapi mengapa pihak Redmi bisa membuatnya jadi 48MP?

Snapdragon 660

Hhhm, ya kita tunggu saja penjelasan pihak sana.

Owh ya, setelah meluncurnya Redmi Note 7 ini, nantinya juga akan keluar versi yang ada embel-embel Pro-nya, Redmi Note 7 Pro. Yang membeda adalah dari sisi kamera yang menggunakan sensor Soxy IMX 586. Entah nanti apakah ada perbedaan kualitas di kameranya atau tidak.

Itulah menurut kami 3 keunggulan dari Redmi Note 7 ini. Saat memang baru ada di China, belum ada kabar kapan akan masuk di Indonesia. Kalau masuk di Indonesia sih sudah pasti ya, biasanya yang versi Distributor. Tapi yang benar-benar Resmi dari Indonesia belum ada kabar.

Kalau Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro saja sudah masuk di Indonesia secara resmi, kemungkinan Redmi Note 7 juga bakal mengikuti.

Spesifikasi Redmi Note 7

Platform
ChipsetSnapdragon 660
CPUOcta-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
Sistem OperasiMIUI 10 – Android 9 Pie
Memori
RAM3 GB, 4 GB dan 6 GB
Internal32 GB & 64 GB
EksternalmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Bodi
Dimensi159.2 x 75.2 x 8.1 mm
Berat186 gram
Slot SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6,3 inci
Resolusi1080 x 2340 piksel (FullHD+)
Kamera
Belakang48 MP, f/1.8, 1,6 um + 5 MP, f/2.4
Depan13 MP, AI
Video[email protected]/60/120fps, (gyro-EIS)
FiturHDR, AI
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCTidak
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.