Dijual Rp 1,5 Juta, Xiaomi Redmi 4A Punya Spesifikasi Seperti Ini

0
3
views
Xiaomi Redmi 4A

LHAGEEK.com – Mana nih suaranya MiFans? Sepertinya para MiFans udah nggak sabar nunggu produk baru Xiaomi yang notabene sudah hampir setahun produsen asal China ini nggak produksi smartphone.

Tetapi mengawali tahun 2017 ini, akhirnya Xiaomi Indonesia memperkenalkan produk barunya yakni Xiaomi Redmi 4A.

Smartphone yang diproduksi di PT Sat Nusapersada Batam ini masih tergolong jajaran ponsel kelas menengah. Pasalnya dari harga sendiri cuma dibanderol Rp 1,5 Juta saja. Murah ya sob. Ya memang Xiaomi terkenal dengan harganya yang murah. šŸ˜€

Meski murah, ponsel Xiaomi memiliki spesikasi yang mumpuni, tak terkecuali Redmi 4A ini.

Masih dengan desain tipis dan compact khas Xiaomi, Redmi 4A ini hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Dimensinya tinggi 139.9mm, lebar 70.4mm, tebal hanya 8.5mm dan memiliki bobot 131.5 gram. Sedikit lebih ringan dibanding pendahulunya, Redmi 3s 144 g.

Dimensi Xiaomi Redmi 4A

Display

Perihal display, Redmi 4A memiliki layar IPS 5 inci dengan kualitas HD resolusi 1280 x 720 piksel, kedalaman warna 296 PPI. Saya kurang tahu apakah Redmi 4A ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass atau belum. Tetapi dari informasi yang ada di website resmi Xiaomi, tidak ada informasi terkait hal ini.

Prosesor & Memori

Dengan harga Rp 1,5 juta sudah pasti prosesor yang digunakan pun juga kelas menengah. Menggunakan Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core dengan kecepatan maksimal 1.4 GHz.

Di dukung dengan prosesor grafis (GPU) Adreno 308 dan RAM 2 GB saja.

Sedangkan memori internal (penyimpanan) sebesar 16 GB yang bisa ditambah melalui memori eksternal hingga 128 GB.

Jika di Redmi 3s, prosesornya menggunakan Snapdragon 430. Sebenarnya dari segi performa sebelas duabelas. Tetapi untuk Snapdragon 430 adalah versi terbarunya. Kurang tahu pasti mengapa Redmi 4A ini tidak memakai S430 saja. Tetapi mungkin karena harga juga. S430 lebih mahal sedikit dari S425 yang digunakan Redmi 4A ini, sehingga mungkin supaya didapatkan harga yang lebih terjangkau.

Kamera dan video

Entah mengapa Xiaomi tidak memberikan kamera utama dengan ukuran 16MP, karena di Redmi 4A ini hanya 13MP. Padahal sebenarnya chipset S425 bisa mendukung kamera hingga 16 MP. Tetapi ya sudah, mungkin itu sudah menjadi pertimbangan dan ukuran yang ideal untuk ponsel ini.

Kamera yang memiliki lensa 5-elemen ini cuma memiliki aperture f/2.2. Sehingga dalam kondisi low-light agak kurang maksimal. Meskipun Redmi 4A sudah ada fitur Low light enhancement, nampaknya akan kurang maksimal (banyak noise).

Untuk kamera depan hanya 5 MP saja.

Namun, untuk merekam video kamera utama ini mampu menghasilkan kualitas video 1080p@30fps.

Baterai

Kapasitas baterai bisa dikatakan cukup. Dengan kapasitas 3120 mAh sudah bisa digunakan untuk kebutuhan sehari penuh. Input charging baterai sebesar 5V/1A, dan sepertinya belum mendukung Quick Charger.

Jaringan dan konektivitas

Xiaomi Redmi 4A ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dan asyiknya sudah mendukung VoLTE. Namun, saat ini provider seluler yang mendukung VoLTE baru Smartfren.

Meskipun sudah mendukung 4G LTE, tidak semua kartu SIM dapat aktif 4G LTE secara bersamaan. Jadi misalnya SIM 1 sudah diatur 4G LTE, maka SIM 2 hanya bisa dijaringan 2G saja.

Fitur & Sensor

Jika smartphone sekarang ini tren sensor sidik jari, maka Redmi 4A ini belum tersedia fingerprint sensor. Namun, hanya ada sensor infrared, gyroscope, accelerometer, proximity sensor, dan ambient light sensor.

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi 4A ini memang tidak ada yang terasa “wah”. Dari sisi spesifikasi dan fitur yang diberikan, memang sudah ada pada seri-seri sebelumnya.

Dengan adanya produk ini, Xiaomi mungkin ingin lebih memperbanyak ponselnya di pasar Indonesia. Mengingat beberapa waktu yang lalu, Xiaomi sempat terkendala masalah TKDN yang mengakibatkan produknya tidak bisa dipasarnya di Indonesia.

Kesimpulannya, Xiaomi Redmi 4A memang dikhususkan untuk kelas menengah yang cinta produk-produk Xiaomi. Dengan harga Rp 1,5 juta, rasanya sudah cocok untuk produk yang satu ini. Tetapi ya jangan berharap muluk-muluk dari smartphone ini.

Tetapi dengan spesifikasi di atas, Redmi 4A sudah mampu mengakomodir segala kebutuhan, tak terkecualiĀ gaming.

Kalau tertarik untuk memiliki smartphone ini, link pembelian online terlampir di bawah ini.

Link Rekomendasi Pembelian Online Xiaomi Redmi 4A :Ā http://invl.co/il8

Owh ya sekedar informasi saja, kata Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang, pihaknya bakal menelurkan empat produk smartphone di tahun ini. Jadi kita tunggu saja nanti smartphone apa saja yang akan diluncurkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + sixteen =