Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Ponsel Xiaomi

Xiaomi-Redmi

Smartphone pabrikan China, Xiaomi, telah menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengguna gadget ketika akan mencari smartphone baru. Pasalnya, smartphone ini dikenal dengan harga yang relatif terjangkau tapi memiliki spesifikasi yang cukup berkualitas. Ya, memang seperti itu kan ciri khas produk China.

Yang menjadi alasan lain adalah smartphone Xiaomi ini juga menawarkan kualitas kamera yang cukup mumpuni.

Saya masih ingat ketika Xiaomi Redmi 2 masuk ke Indonesia. Banyak pecinta fotografi ponsel yang memuji hasil kameranya. Mereka tidak menyangka bahwa Xiaomi mampu menghasilkan bidikan kamera ponsel yang cukup mumpuni di kelasnya.

Hingga saat ini, produk smartphone Xiaomi pun semakin dicari. Apalagi berbagai varian produk merek Xiaomi seperti powerbank, led portable, kipas portable, dll mulai bermunculan.

Tapi bagi Anda yang ingin membeli ponsel Xiaomi, lebih baik Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini :

#1 Tidak Semua Smartphone Xiaomi Bergaransi Resmi

Kalau Anda memang sudah familiar dengan dunia pergadgetan mungkin informasi ini sudah biasa. Tapi jika Anda adalah pengguna yang awam, wajib mengetahui bahwa tidak semua smartphone Xiaomi memiliki garansi resmi dari Xiaomi.

Mengapa? Karena produk smartphone Xiaomi yang secara resmi sudah masuk ke Indonesia adalah Xiaomi Mi4i, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 2 Prime, dan yang baru saja ini Xiaomi Redmi Note 3.

Nah, kalau Anda membeli tipe lain misalnya Xiaomi Mi 5, Xiaomi Redmi Note 3 Pro, dan lainnya itu hanya garansi distributor. Sebenarnya ada juga yang menjual smartphone Xiaomi yang sudah resmi masuk di Indonesia tapi memiliki garansi distributor. Lha kalau seperti ini lebih baik cari yang garansi resmi saja.

Garansi Resmi
Garansi yang diberikan langsung dari produsen (pemilik dan pemegang merk dagang di seluruh dunia), agar setiap konsumen merasa terjamin ketika produk mengalami kendala / kerusakan. Garansi resmi diberikan kepada perusahaan / distributor resmi di kota-kota besar untuk memasarkan produk dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Garansi Distributor
Garansi dari distributor yang membawa masuk produk ke Indonesia. Jika produk mengalami kerusakan, garansinya akan ditangani oleh service center yang tertera di kartu garansi, bukan service center resmi. Kegiatan penjualannya juga bersifat legal karena membayar pajak serta mempunyai ijin Dirjenpostel Indonesia.

Garansi Internasional / Garansi Toko
Garansi dari toko / penjual produk dengan durasi tertentu, sesuai dengan yang tertera pada info detail produk. Semua produk berlabel garansi internasional merupakan barang asli, namun tidak dilengkapi buku panduan (manual) berbahasa Indonesia.

#2 ROM Abal-abal

Ini berlaku buat ponsel Xiaomi yang bukan garansi resmi. Biasanya pihak distributor akan menginstallnya dengan ROM yang bukan resmi dari Xiaomi (oprekan). Jadi jangan harap nanti bisa mendapatkan update dari Xiaomi langsung.

Lalu bagaimana agar mendapatkan update dari Xiaomi? Ya beli saja Xiaomi yang garansi resmi. Atau kalau mau ya oprek Androidnya dengan diflash ke ROM China.

#3 Pilih Yang Sudah Support 4G LTE

Sebenarnya di spesifikasinya ada. Tapi kadang bagi orang awam, hal semacam ini tidak tahu menahu. Dan penjual pun juga tak memberikan informasi, ya mungkin karena pembeli sudah tahu kali ya. Tapi sebaiknya cari yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Mengingat saat ini era jaringan 4G LTE, kalau beli yang 3G sia-sia aja.

#4 Kapasitas Memori Internal dan RAM

Jika Anda teliti, setiap tipe Xiaomi mungkin hampir sama spesifikasinya. Tapi yang menjadi perbedaan yang mendasar biasanya dari segi kapasitas memori internal dan RAM nya. Misalnya Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 2 Prime. Dimana Redmi 2 punya internal 8 GB dan RAM 1 GB, sedangkan Redmi 2 Prime punya internal 16 GB dan RAM 2 GB.

Baca juga : Ini Toh Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 Pro? Kayak Versi Sebelumnya Ya…

Terus ada lagi Xiaomi Redmi 3 dengan Redmi 3 Pro. Perbedaannya juga sama-sama dikapasitas memori internal dan RAM.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Nanda Fahrizal Wahyudianto

    Maaf gan, bisa di jelaskan lebih detil tentang rom abal-abal itu gak ya?
    saya lihat memang beberapa orang yang akan membeli gadget xiaomi di toko online ada yang bertanya tentang rom global atau tidak. kira-kira maksudnya gimana ya gan?

    • virmansyah

      Maksudnya adalah ROM (OS) yang tidak resmi dari Xiaomi

      • ariefimam

        maaf bang mau tanya kalau redmi 3s lupa pola gimana ya bang solusinya mohon