8 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri. Simak Juga Penyebabnya

HP Mati Sendiri

Pernahkah kamu mengalami smartphone kamu yang tiba-tiba layarnya mati sendiri atau merestart sendiri? Hal tersebut tentu cukup mengganggu ya, terlebih saat sedang membalas pesan atau menerima telepon yang penting.

Kejadian seperti ini ternyata cukup sering dialami sebagian orang yang menggunakan smartphone atau hp dengan merek apapun.

Penyebab Smartphone atau HP Suka Mati Sendiri

HP Mati Sendiri

Jika kamu mengalami kejadian seperti ini, tentu ada penyebab awal mengapa hp suka mati tiba-tiba. Ternyata kondisi hp atau smartphone yang terkadang mati tiba-tiba disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengetahuinya, berikut ulasan lengkapnya :

  • Status Baterai Error, dalam hal ini, mungkin kondisi baterai hp kamu masih 80%, padahal kapasitas yang sebenarnya hanya tinggal 4% saja. Meskipun indicator baterai terlihat masih banyak, namun Hp akan mati karena ini.
  • HP terlalu panas, Overheat atau baterai yang menjadi panas, dapat membuat Hp mati sendiri. Hal ini disebabkan oleh komponen Hp yang memiliki temperature terlalu panas
  • Efek Root, smartphone Android yang di Rooting, memang banyak manfaatnya. Tetapi, disamping itu, dapat juga mengandung resiko, yaitu masalah error dan membuat hp mati tiba-tiba
  • Komponen rusak, hp mati sendiri juga bisa karena komponen di dalam hp yang mengalami kerusakan.
  • Crash Sistem, sebelum hp mati, biasanya akan ditandai dengan macet dalam membuka aplikasi, ngelag atau juga karena kapasitas RAM yang sudah penuuh
  • Baterai HP Rusak, tentu saja, baterai Hp yang rusak atau sudah tua juga bisa membuat hp mati tiba-tiba ketika digunakan

Cara Mengatasi Hp yang Suka Mati Sendiri

Melihat dari beberapa penyebab hp atau smartphone yang mati sendiri, kita dapat menyimpulkan dua hal. Pertama, hp mati sendiri karena masalah komponen, dan yang kedua, hp mati sendiri karena sistem. Sebaiknya Anda jangan dulu panic ketika mengalami hp mati sendiri tiba-tiba, berikut ini cara mengatasi hp yang suka mati sendiri:

1. Perbaiki Status Baterai yang Sering Error

Para pengguna smartphone Android, lakukan pengecekan dan perbaikan pada status baterai hp kamu. Lakukan dengan bantuan aplikasi kalibrasi baterai yang bisa kamu download di Google Playstore. Aplikasi kalibrasi ini berfungsi untuk memperbaiki status baterai Hp yang error.

2. Perbaiki Sistem Hp yang Sering Crash

Coba kamu cek data ROM pada smartphone kamu. Sistem ini biasanya menjadi penyebab hp mati sendiri ketika digunakan. Alasannya cukup banyak, bisa jadi karena sistem yang tidak stabil, kapasitas internal yang penuh, banyaknya aplikasi yang didownload dan digunakan, hingga terjadinya bug pada sistem.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hp yang mati sendiri melalui perbaikan sistem adalah dengan melakukan update sistem, Rollback sistem hingga reset pabrik. Jika memang ingin melakukan reset, pastikan data-data kamu seluruhnya sudah di backup ya.

3. Mengecek Aplikasi yang Dijalankan Bersamaan

Biasanya, hp yang suka mati sendiri dan mengalami overheating, disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Hal lainnya, juga dapat disebabkan oleh chipset processor (komponen hp) yang memang kurang stabil dan memiliki daya panas berlebih.

4. Bersihkan File Sampah yang Menumpuk

Pengguna hp Android terutama, mungkin kamu sudah pernah tahu mengenai file sampah dalam smartphone, dan cara membersihkannya. File cache, didapat dari browsing internet. File cache harus dibersihkan. Caranya, gunakan aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi Cleaner.

5. Perhatikan Umur Smartphone

Bagi kamu yang mungkin masih menggunakan smartphone atau hp Android dengan OS Lollipop atau Jelly Bean, mungkin kamu harus menyadari bahwa smartphone seperti ini sudah tua. Dengan begitu, otomatis performanya akan berkurang. Untuk membuatnya menjadi stabil kembali, Anda tinggal melakukan reset dan mengganti Hp ny

6. Mengganti Baterai Hp

Beberapa merek hp ternyata bisa diatas dengan mengganti baterai hp nya, saat tiba-tiba mati sendiri. Hp bisa mati secara mendadak karena baterai yang digunakan juga sudah agak lama. Mengganti baterai sangat mudah, jika jenis baterai yang digunakan mudah dilepaskan.

7. Perbaiki Kerusakan Pada Komponen

Komponen pada smartphone juga menjadi salah satu penyebab hp mati sendiri. Masalah IC biasanya harus segera diperbaiki. Komponen juga termasuk pada penggunaan baterai dan konektor antara baterai dengan hp. Gunakan alat-alat khusus seperti Power Supply dan alat lainnya yang diperlukan. Kamu juga bisa menyerahkan perbaikan ini kepada ahlinya.

8. Coba Scan dengan Antivirus

Saat hp mati sendiri, sebagian orang berfikir mungkin karena banyak virus atau malware yang merusak sistem.  Untuk mengatasinya, gunakan antivirus yang kini banyak tersedia di Playstore. Virus semacam ini, jika tidak dibersihkan, maka akan menghabiskan banyak memori dan membuat hp menjadi tidak stabil nantinya.

Hp atau smartphone yang sedang kalian gunakan saat ini, baik itu Android atau iOS, mungkin bisa mengalami mati sendiri tiba-tiba kapan saja dan dimana saja. Sebaiknya, kamu jangan panik terlebih dulu, karena seharusnya, hp tersebut bisa dicari terlebih dulu penyebab mati-nya.

Dengan mengetahui cara mengatasi Hp yang suka mati sendiri, kamu bisa mengatasi masalah tersebut lebih awal, sebelum hp kamu mengalami masalah kerusakan yang lebih berat. Selamat mencoba.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.