Ini Toh Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 Pro? Kayak Versi Sebelumnya Ya…

Xiaomi Redmi 3 Pro

LhaGeek.com – Nampaknya perusahaan ponsel pintar asal Tiongkok ini terus menggeber produknya dengan mengeluarkan versi-versi Xiaomi Redmi terbaru.

Kalau kalian sudah tahu Xiaomi Redmi 3, iya Redmi 3 saja tanpa ada embel-embel, kini Xiaomi kembali merilis versi barunya yakni Xiaomi Redmi 3 Pro. Wihh, kayaknya keren nih, biasanya yang ada embel-embel pro itu memang lebih keren.

Tapi apakah spesikasi Xiaomi Redmi 3 Pro ini memang sekeren namanya?

Kayaknya nggak jauh-jauh amat sama versi sebelumnya, Xiaomi Redmi 3.

Dulu kan Xiaomi juga pernah meluncurkan produk serupa (kembar tapi beda), Xiaomi Redmi 2 terus muncul Redmi 2 Prime. Speknya nggak jauh beda.

Lantas di Redmi 3 Pro ini apa yang beda dari versi pendahulunya?

Setelah saya bandingkan, ternyata ada beberapa spek yang memang lebih meningkat dibanding versi sebelumnya.

Yang pertama, adalah dari sisi memori internalnya. Di Xiaomi Redmi 3 Pro ini dibekali memori internal sebesar 32 GB. Sebelumnya di Redmi 3 hanya 16 GB saja. Sip lah kalau kapasitasnya lebih besar.

Yang kedua, adalah dari sisi sensor. Xiaomi Redmi 3 Pro sudah memiliki sensor fingerprint, mungkin biar kekinian lah ya. Sekarang kan beberapa smartphone juga banyak yang menggembor-gemborkan fitur sensor sidik jari ini.

Yang ketiga, adalah RAM. Tidak hanya memori internal saja yang diperbesar, tapi RAM Redmi 3 Pro ini juga diupgrade lebih besar, yakni 3 GB. Sebelumnya di Redmi 3 hanya 2 GB. Lumayan lah ya…

Itu saja yang membedakan antara Redmi 3 Pro dengan Redmi 3. Iya, hanya itu.

Yang lainnya seperti ukuran layar, chipset, kamera, bahkan kapasitas baterai sama.

Layar tetap memiliki ukuran 5 inci dengan resolusi HD. Untuk chipset masih menggunakan Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 – CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 405.

Baca juga: Seginikah Kekuatan Layar Xiaomi Redmi Note 3 Berukuran 5,5 Inci Ini?

Kamera belakang tetap 13 MP dan kamera depan tetap 5 MP. Sedangkan untuk kapasitas baterai masih mempertahankan di kapasitas 4100 mAh. Wah, seharusnya kapasitas baterai dijadikan 5000 mAh saja ya, pasti lebih pro.

Untuk harga Xiaomi Redmi 3 Pro ini sendiri agak sedikit mahal dari Redmi 3 saat peluncuran dulu. Harganya sekitar Rp 1,8 Juta, kalau yang Redmi 3 dulunya Rp 1,4 Juta.

Ponsel pintar Xiaomi Redmi 3 Pro ini rencananya bakal mulai dijual di pasaran mulai 6 April 2016, tapi baru di pasar Tiongkok. Kurang tahu sih kapan bakal di jual di pasar Internasional termasuk Indonesia. Tapi mungkin nggak lama lagi deh.

Gimana, menurut kalian perubahan dari Xiaomi Redmi 3 ke Xiaomi Redmi 3 Pro ini?

Kalau menurut saya sih kurang optimal ya, masih tanggung. Tanggungnya itu di sisi kapasitas baterainya yang nggak sekalian di upgrade. Soalnya dengan memori internal yang lebih besar, kapasitas RAM yang lebih besar, otomatis pengguna akan lebih banyak lagi menjalankan aplikasi-aplikasi. Nah, dengan banyaknya aplikasi yang berjalan tentu akan berdampak pada daya tahan baterai. Kalau kapasitas baterai nggak di upgrade ya justru malah bikin repot.

Tapi mungkin ini strategi mereka buat dongkrak penjualan power bank nya. Bisa jadi…bisa jadi…

Owh ya, FYI, Xiaomi Redmi 3 baru rilis kemarin awal tahun, dan ini baru sekitar tiga bulan, sudah muncul pembaharuannya, yakni Xiaomi Redmi 3 Pro. Kenapa nggak dulu-dulu saja ya bikin versi yang seperti sekarang?

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG