Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone

Cara Ampuh Menghemat Kuota Data di Smartphone

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan maju. Setiap orang di dunia dituntut untuk selalu update dan melek teknologi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemunuculan internet membuat teknologi semakin maju pesat. Dengan internet, komunikasi di belahan dunia manapun akan selalu lancar. Baik melalui smartphone, laptop, PC, atau tablet.

Melalui penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di AS, dikatakan bahwa penggunaan internet lebih banyak dilakukan melalui smartphone. Wajar saja, smartphone memang lebih praktis digunakan daripada perangkat lain. Hanya dengan genggaman satu tangan saja, Anda sudah bisa berkomunikasi dan mendapat berbagai informasi secara maksimal.

Bagi para pengguna smartphone yang selalu update pasti akan membutuhkan kuota data internet yang cukup besar. Bagaimana caranya agar bisa menghemat kuota data internet di smartphone? Sehingga nantinya tidak akan terjadi pemborosan kuota data internet lagi. Berikut cara ampuh untuk menghemat kuota data internet di smartphone.

1.Mematikan update otomatis

Terkadang fitur update otomatis di smartphone memang cukup menguntukan bagi sejumlah pengguna. Pengguna tidak perlu repot-repot update setiap aplikasi ke versi yang terbaru. Fitur update otomatis akan mengupdate tiap aplikasi dengan versi terbaru secara langsung. Namun hal ini justru bisa membuat kuota data internet cepat habis. Langkah aman yang bisa dilakukan ialah dengan cara mematikan fitur ini, kemudian melakukan update manual. Atau dengan cara mengaktifkan fitur ini saat smartphone sedang terkoneksi dengan Wi-Fi saja.

2.Melakukan pengawasan data

Cara lain untuk mengantisipasi kuota data internet di smartphone ialah dengan cara melakukan pengawasan data. Pengguna harus mengetahui setiap tipe konsumsi data yang digunakan. Misalnya saja, tipe konsumsi data untuk browsing, media sosial, download, bermain game, atau streaming video secara online. Cara ini bisa dilakukan dengan cara melihat konsumsi data di bagian pengaturan ponsel. Menu yang ada di dalam pengaturan tersebut akan menunjukkan banyak data yang telah digunakan oleh setiap aplikasi. Jika sudah mengetahui aplikasi apa saja yang memakan banyak kuota data, Anda bisa meminimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

3.Melakukan kompresi data di browser

Anda bisa melakukan cara ini pada beberapa browser yang telah menyediakan fitur kompresi data. Memang beberapa browser telah memiliki fitur otomatis ini untuk memampatkan data. Beberapa browser yang telah dilengkapi fitur ini antara lain Opera Mini dan Google Chrome. Kedua browser ini menggunakan server yang bisa melakukan kompresi data pada situs yang dikunjungi oleh pengguna. Setelah itu, sistem akan mengirimkan dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

Cara-cara di atas bisa Anda praktekkan untuk menghemat kuota data internet di smartphone agar tidak terkuras banyak. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi sebanyak-banyaknya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG