Alasan Mengapa Ponsel Android Lebih Baik Daripada iPhone

Android vs iPhone

iPhone memang dikatakan sebagai ponsel paling berkelas di dunia. Bagaimana tidak, vendor ini selalu menelurkan ponsel-ponsel elegan dengan harga selangit. Walapun faktanya seperti itu, jangan remehkan sistem operasi lain yang ada pada smartphone, seperti Android. Keduanya memang sedang bersaing ketat di pasar smartphone dunia. OS milik Google ini sebenarnya memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa dibilang ‘lebih baik’ dari iPhone. Bahkan dapat dikatakan bahwa ponsel Android lebih baik daripada iPhone. Apa saja alasan-alasan mengapa bisa dikatakan demikian? Simak penjelasan berikut.

1.Kebebasan menginstal Aplikasi

Terkadang Apple memang menjadi OS pertama yang bisa mengunduh beberapa aplikasi. Nantinya OS lain akan menyusul. Hal ini tentu saja menjadi kelebihan yang cukup menarik bagi penggunanya. Namun sayangnya, Apple membatasi aplikasi yang dapat diunduh. Misalnya saja aplikasi yang mengandung unsur-unsur konten dewasa, kekerasan, kontroversial, atau politik. Anda tidak akan bisa bebas mengunduh atau membelinya dari Apple Store. Sementara Android, Anda bebas mengunduh aplikasi apa saja.

2.Pilihan widget dan skin yang beragam

Keunggulan lainnya dari ponsel Android dibanding iPhone ialah pada kustomisasi widget maupun skin. Ponsel Android menawarkan ribuan widget yang akan hidup di homescreen. Sedangkan iPhone memiliki kustomisasi yang lebih sedikit, pengguna hanya bisa menaruh beberapa widget pilihan pada laci pemberitahuan. Ada juga beberapa ponsel Android yang menambahkan skin yang bisa menampilkan tampilan unik dengan fitur Google yang telah diimplementasikan. Tak hanya itu saja, pengguna jug dapat mengunduh launcher sendiri dan menambahkan tema custom.

3. Ada banyak pilihan hardware

iPhone memiliki pilihan hardware yang sangat terbatas. Tipe-tipe yang masih banyak beredar sekarang seperti iPhone 4, 4s, 5, 5s, 6, atau 6 Plus. Perubahan bentuknya juga tidak jauh berbeda. Sedangkan Android hadir dengan beragam model dari seluruh vendor. Banyak sekali pilihan fitur pada ponsel Android, mulai dari layar kecil, layar besar, keypad qwerty, touchscreen, kedap air, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

4.Sistem kerja file yang mudah

Sebelum menyalin sebuah file dari iPhone ke komputer, pengguna harus menginstall iTunes terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna harus membuat akun di iTunes tersebut. Baru bisa digunakan untuk mentransfer file. Sedangkan Android langsung bisa digunakan hanya dengan menancapkan kabel data Android langsung ke komputer. Tentu saja hal ini akan jauh lebih memudahkan.

Keempat hal tadi bisa menjadi bahan pertimbangan saat Anda bingung untuk memilih ponsel iPhone maupun Android. Sebenarnya keduanya memang sama-sama bagus, namun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG