Pakai Nama Palsu di Facebook Sekarang Diizinkan

Nama Asli Facebook

Beberapa waktu yang lalu terjadi pro kontra di media sosial Facebook. Pasalnya, media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memberikan kebijakan penggunaan “nama asli” bagi para penggunanya.

Kebijakan tersebut tentu menimbulkan pro kontra dari berbagai kalangan.

Sebenarnya niatnya bagus, agar apabila ada kawan lama mencari nama temannya di Facebook bisa langsung muncul.

Tapi setelah banyaknya pertentangan yang mengharuskan penggunaan nama asli ini, akhirnya pihak Facebook melonggorkan kebijakan ini.

Kemarin Selasa (15/12), Facebook memberikan informasi bahwa akan menguji coba fitur barunya untuk pengguna bisa berbagi situasi khusus ketika tidak dapat menggunakan nama aslinya.

Sehingga apabila ada pengguna Facebook yang memang tidak bisa menampilkan nama aslinya di Facebook, seperti karena pernah menjadi korban kekerasan atau yang memungkinkan pengguna tersebut akan mengalami bahaya jika memasang nama aslinya, maka fitur ini bisa menjadi opsi untuk menggunakan nama samaran.

Namun, meski nantinya ada fitur ini, pihak Facebook tetapi menyarankan para penggunanya untuk memakai nama asli. Penggunaan nama samaran jika dalam situasi yang darurat saja.

Ada alasan tersendiri mengapa Facebook bersikukuh untuk mengutamakan penggunaan nama aslinya.

Seperti yang dirilis Facebook, pihaknya ingin agar ketika ada orang yang menggunakan nama yang dikenal oleh semua orang, maka tindak-tanduk dan perkataannya bisa lebih berbobot dan bisa membuat pengguna lebih bertanggung jawab atas perkataan mereka.

Intinya, Facebook tetap ingin menjaga pengguna nama ini bisa saling menguntungkan satu sama lain dan tidak ada diskriminasi. Untuk itu dengan adanya fitur baru ini nanti bisa sedikit membantu bagi para pengguna yang memang tidak bisa menampilkan nama aslinya demi keamanan pengguna itu sendiri.

Sebelumnya Mark sempat mendapatkan kritik keras dari berbagai kalangan setelah ia mengatakan jika orang yang menampilkan dua nama (di Facebook) itu memiliki ‘integritas yang lemah‘.

Jadi, mari gunakan media sosial khususnya Facebook untuk hal-hal positif. Penggunaan nama asli semata-mata sebagai bentuk kontrol diri kita masing-masing dalam berinteraksi di dunia maya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG