Di Android N, Aplikasi Berjalan di Background Sudah Tak Ada Lagi

Android N Nutella

LhaGeek.com – Fitur baru hadir pada Android N yang tentunya akan meningkatkan kinerja dari sistem operasi itu sendiri. Seperti yang diberitakan, di Android N sudah tak ada lagi aplikasi yang berjalan di background.

Seperti yang kalian ketahui, ketika menjalankan aplikasi yang ada di Android lalu menutupnya, sejatinya aplikasi itu masih berjalan di background.

Sebenarnya ini tak masalah, karena akan mempercepat ketika membuka kembali aplikasi tersebut. Tapi kadang karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka, maka aplikasi yang berjalan di background juga semakin banyak.

Jika smartphone yang memiliki RAM besar sih tidak masalah, tapi jika RAM pas-pasan maka ini akan mengganggu kinerja Android itu sendiri. Sehingga kadang Android berjalan lambat dan performa pun menurun.

Nah, di Android N ini kasus semacam itu sudah tak ada lagi. Karena Android N memiliki fitur yang dapat membatasinya. Nama fitur ini adalah Data Saver.

Lebih tepatnya dibatasi ya, bukan tidak ada sama sekali. Jadi dengan fitur ini nanti kalian bisa memilih aplikasi apa saja yang diizinkan berjalan di background. Tinggal membuka fitur Data Saver ini lalu memilih aplikasi mana yang diizinkan dan tidak dengan menggeser tombol ke arah ON/OFF. Sangat mudah digunakan.

Kalau dilihat cara kerjanya, sebenarnya model aplikasi seperti ini juga sudah banyak di Google Play Store. Tapi beberapa mengharuskan Android sudah dalam keadaan root.

Tapi intinya fitur ini sangat positif, khususnya untuk menjaga performa Android dalam keadaan stabil. Karena berapa pun RAM yang ada, jika banyak aplikasi yang berjalan di background, maka itu juga tidak baik untuk kinerja Android.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG