Siapa Dibalik Friendster.Id? Apakah Hanya Sekedar Mencatut Nama?

Friendster ID

LhaGeek.com – Kalian pasti ingat dengan jejaring sosial sebelum Facebook, yakni Friendster. Iya, Friendster memang menjadi jejaring sosial yang sempat booming di eranya. Tapi tak lama, akhirnya Friendster tutup.

Dan kini, tiba-tiba hadir jejaring sosial baru yang diberi nama Friendster. Bedanya, kali ini bukan memakai domain yang sama dengan Friendster yang dulu (Friendster.com), tapi menggunakan domain .ID.

Ini bisa diartikan bahwa pembuat Friendster.id adalah orang Indonesia.

Tapi yang menjadi masalah adalah, apakah Friendster.id ini hadir karena utusan Friendster.com? Atau hanya sekedar mencatut nama “Friendster” saja?

Cek Whois…

Akhirnya saya memutuskan untuk cek Whois domain tersebut. Kali ini saya menggunakan tool http://ping.eu/ns-whois untuk mengeceknya. Whois adalah data informasi domain tersebut, yang berisi nama pemilik, ip address, dan data kontak lainnya. Kebetulan sekali, Whois Friendster.id tidak diproteksi. Sehingga saya bisa tahu siapa dibalik Friendster.id

Dan berikut hasil Whois domain Friendster.id

Whois Friendster

Nah, bisa dilihat kalau domain tersebut dibeli di salah satu registrar domain Indonesia, jelas lah kan ini .ID. 😀 Kalau pemiliknya, kebetulan tidak dicantumkan nama orang, melainkan nama Friendster Indonesia.

Tapi menariknya, domain Friendster.ID ini diarahkan ke NS : ns1.bacaberita.id, ns2.bacaberita.id.

Apakah BacaBerita.id sama dengan BaBe.co.id? Saya sendiri tidak tahu.

Tapi menurut saya, Friendster.id ini bukan utusan dari Friendster.com yang dulu kita kenal. Karena ini telah dijelaskan pada halaman “Tentang Kami” di situs Friendster.id

Friendster - Tentang Kami

Di halaman tersebut sangat jelas disebutkan bahwa jejaring sosial karya anak bangsa.

“Friendster adalah sebuah media sosial yang membantu untuk berbagi asa, cerita, dan tawa bersama orang-orang terpenting dalam hidup Anda. Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia,”.

Dari segi User Interface, Friendster.Id ini hampir mirip dengan Facebook.

Ya harapannya semoga siapa pun yang ada di belakang Friendster.id bisa lebih hati-hati memakai nama Friendster tersebut. Mengingat Friendster ini adalah sebuah brand besar yang dulu sempat menjadi jejaring sosial. Bisa jadi ini akan menimbulkan pro kontra terkait pengguna nama “Friendster“.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG