Spesifikasi Xiaomi Redmi 3s Prime, Apa Layak Untuk Dibeli?

Xiaomi Redmi 3s

LhaGeek.com – Nampaknya produsen smartphone asal China ini tak mau kehilangan momen atas laris manisnya penjualan smartphone seri Redmi terdahulunya. Karena di bulan ini Xiaomi telah merilis ponsel terbarunya yakni Redmi 3s.

Kenapa namanya Redmi 3s? Apakah ini semacam perbaikan dari Redmi 3 yang telah rilis bulan Januari 2016 lalu? Sebaiknya kita bongkar spesifikasinya.

Desain Body Yang Sama

Meski tidak 100% sama persis, tapi yang dimaksud sama adalah dari dimensi dan beratnya. Xiaomi Redmi 3s ini memiliki dimensi ukuran yang sama dengan Redmi 3 yakni 139.3 x 69.6 x 8.5 mm, beratnya pun juga sama 144 gram. Kalau dari dimensi & berat sama, berarti dari segi bahan (body) tidak ada pembaharuan sama sekali. Dari sini bisa disimpulkan kalau pembaharuan pasti ada dibagian dalamnya.

Ukuran layarnya pun juga tetap sama, 5.0 inci dengan kualitas yang sama, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors.

Platform Ternyata Beda

Benar saja, setelah melihat dalemannya ternyata ada sedikit perbedaan.

  • Chipset. Di Redmi 3s ini justru malah menggunakan chipset yang lebih rendah dari Redmi 3. Jika Redmi 3 memakai Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616, di Redmi 3s menggunakan Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dengan kecepatan 1.4 Ghz.
  • GPU. Untuk urusan pemroses grafis juga mengalami perubahan. Karena chipset prosesornya menggunakan Snapdragon 430 maka pasangannya memakai Adreno 505. Menurut hasil riset di website Qualcomm, ini memang sudah menjadi pasangannya. Jadi tiap-tiap chipset itu punya versi GPU masing-masing.
  • RAM & ROM. Meski dari sisi prosesor mengalami penurunan, hal ini terbantukan dengan adanya RAM yang lebih besar yakni 3 GB. Jika di Redmi 3 hanya 2 GB saja. Memori internal pun juga bertambah menjadi 32 GB. Jadi cukup well untuk mengimbangi prosesor yang mengalami penurunan ini. Tapi untuk versi RAM 2 GB / 16 GB tetap ada. Karena memang Redmi 3s ini ada 2 model.
  • Sistem Operasi. Sudah jelas, masalah sistem operasi tentu akan mengalami perubahan yang lebih kekinian. Dan Redmi 3s ini sudah terbenam Android 6.0 Marshmallow tentunya didukung balutan UI khas Xiaomi terbaru, MIUI 8.

Fitur

Redmi 3s Fingerprint

Dari segi fitur pastinya sudah tahu semua apa yang menjadi perubahan, yak betul, di Redmi 3s ini sudah ada sensor Fingerprint yang ada dibelakang. Untuk baterai masih sama menggunakan baterai non-removable dengan kapasitas yang cukup besar 4100 mAh.

Jadi itu saja yang menjadi pembeda dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini.

Nah, setelah melihat spesifikasi di atas, apakah Redmi 3s ini layak untuk dimiliki? Jawabannya terserah Anda. Namun menurut Lha Geek, ponsel yang dihargai dengan harga kisaran Rp 1,8 Juta (RAM 3 GB) dan Rp 1,4 Juta (RAM 2 GB) ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memiliki ponsel kelas menengah dengan kemampuan yang cukup tapi memiliki fitur kekinian.

Soal harga dan spesifikasi yang didapatkan, worth it lah.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG