Tips Memaksimalkan Performa Gaming di ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL

game booster

LhaGeek.com – Secara performa dan spesifikasi, ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL memang tidak terlalu baik untuk kebutuhan gaming. Kalau dinilai dari 1-10, saya akan memberikan penilaian 7, yang artinya sedang-sedang saja.

Hal ini dikarenakan ZenFone 2 Laser ZE550KL menggunakan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 didukung GPU Adreno 306 dan RAM 2 GB. Ya sebenarnya kalau untuk kebutuhan gaming yang ringan sudah oke, tapi kalau untuk digunakan gaming dengan grafis yang bagus akan merasakan perbedaannya.

Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya tanpa di setting pun sudah cukup oke untuk kebutuhan gaming. Tapi jika digunakan untuk bermain game-game berat kadang ditemui sedikit delay, sedikit. Saya sendiri pernah mencoba untuk memainkan Real Racing 3, karena saya bermainnya agak lama, tiba-tiba game keluar sendiri. Penyebabnya karena penggunaan RAM yang berlebih.

Karena penasaran, akhirnya saya coba untuk memaksimal performa gaming di ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL ini. Dan saya pun mendapatkan cara yang cukup membantu untuk membuat game menjadi lancar jaya di smartphone ini.

Ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan, dan ini adalah hasil dari pengalaman saya saja.

#1 Install Clean Master

Game Booster 1

Kalau smartphone ASUS kamu belum ada aplikasi ini, coba unduh di Google Play saja. Mengapa memilih Clean Master? Karena aplikasi ini cukup powerfull untuk smartphone. Selain ada fitur Clean Junk Files, Boost RAM, yang terpenting untuk kebutuhan gaming adalah fitur Game Boost.

Untuk mengaktifkan Game Boost ini cukup mudah. Masuk saja ke Clean Master > Phone Boost > klik icon Game di pojok kanan atas.

Nanti disitu ada daftar games yang terinstall di smartphone kamu. Dan untuk menjalankannya bisa melalui itu. Tau jika tidak ingin ribet, bisa menaruh folder Game Boost di homepage atau install CM GameBooster.

Fungsi dari Game Boost ini adalah :

  • Memanage system resources dan RAM yang tersedia
  • Mencegah memory-hogging ketika sedang menjalankan games
  • Meningkatkan performa lebih sekitar 34%

So, bagi saya ini membantu banget.

#2 Memilih Mode Power Saver

Game Booster 2

Di smartphone ASUS sudah ada menu Power Saver. Di sana ada pilihan mode baterai yang ingin digunakan ; Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customized.

Nah, kalau mau menjalankan games, lebih baik ubah dulu modenya ke Performance.

Mode ini akan bekerja dengan memaksimalkan kinerja CPU smartphone. 

#3 Hapus Recent Apps

Game Booster 3

Lalu tips yang ketiga adalah hapus semua recent apps supaya tidak ada aplikasi lain yang berjalan. Ini bertujuan agar RAM juga bisa semakin lebih lega.

#4 Matikan Internet

Kalau ini opsional, jika memang games yang ingin dijalankan tidak membutuhkan koneksi internet sebaiknya disable dulu internetnya. Supaya nanti tidak ada ada notif-notif yang mengganggu.

Tapi biasanya games berat memang membutuhkan internet, selain untuk game online juga untuk mengunduh data-data yang diperlukan. Jadi untuk masalah internet ini disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Itu saja tips yang bisa dilakukan. Yang penting penggunaan RAM sebelum menjalankan game jangan kurang dari 500MB. Karena kapasitas RAM yang masih tersisa ini sangat mempengaruhi mulus tidaknya ketika kita ngegame.

Semoga tips ini membantu!

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG