Ini Yang Perlu Kamu Miliki Setelah Membeli Kamera DSLR/Mirrorless

Kamera DSLR Nikon D5100

LhaGeek.com – Tren kamera sekarang ini lagi menjalar ke berbagai kalangan. Setuju kan? Soalnya bukan hanya fotografer profesional saja yang bisa memiliki kamera DSLR, tapi anak-anak awam seperti kita-kita ini juga mulai banyak yang membeli.

Kamera DSLR dan Mirrorless sekarang ini seakan sudah menjadi barang wajib yang dimiliki selain ponsel.

Nah, kalau kamu sekarang ini baru beli kamera DSLR atau Mirrorless, lebih baik jangan seneng dulu. Karena pasca memiliki kamera ini kamu juga perlu mempersiapkan dan memiliki beberapa peralatan lain yang cukup menguras kantong.

Perlengkapan ini cukup vital dan penting untuk menjaga kamera kamu tetap pada performa yang maksimal. Daripada banyak cat cit, lebih baik langsung baca ini saja…

#1 Cleaning Set

Kamera DSLR/Mirrorless itu barang mahal. Kalau rusak pun biaya memperbaikinya juga mahal. Untuk itu jagalah kameramu seperti menjaga kekasihmu. Rawat dan bersihkanlah kamera dari debu dan kotoran, terutama bagian lensa dan sensor.

Cleaning Set

Perlengkapan Cleaning Set seperti Blower, Brush, Kain khusus lensa, cairan pembersih lensa, dan Lens Pen perlu kamu miliki. Alat-alat ini berfungsi untuk membersihkan kamera mu terutama bagian-bagian vital tadi. Misalnya setelah dipakai, maka bersihkan sebelum disimpan, agar kotoran bisa hilang.

Untuk Cleaning Set sendiri memiliki harga sekitar Rp 60.000 – Rp 100.000 tergantung dari kualitas.

#2 Dry Box & Isinya

Banyak pemilik kamera DSLR yang awam soal ini. Saya sendiri pun sempat punya pengalaman ketika ingin meminjam kamera DSLR punya kawan. Ternyata dia menyimpan kameranya di almari baju!!! Ini FAILLLL!!!!!! Itu sama saja membunuh kamera mu!!!

DryBox

Karena almari baju itu pasti lembab, dan kamera jika ditempatkan di ruangan lembab akan membuat lensa dan sensor kamera menjadi berjamur. Kalau sudah berjamur, maka akan mempengaruhi hasil. Solusinya kalau sudah berjamur ya harus dibongkar dan dibersihin sendiri kalau bisa, kalau tidak bisa ya masukin tempat service kamera dengan biaya yang cukup mahal. Kalau jamur sudah parah dan masuk ke sensor kamera, bisa jadi kamera kamu nggak bisa digunain lagi. Serem kan!!! Kamera jutaan rupiah lenyap gara-gara JAMUR!!

Solusinya adalah membeli DRY BOX!

Dry Box adalah kotak penyimpanan yang kedap udara dan berfungsi untuk menjaga kamera agar tidak ditumbuhi jamur. Di dalam DRY BOX ini harus ada silica gell untuk menghilangkan udara lembab, dan juga hygrometer untuk mengukur kadar kelembaban udara.

Dry Box sendiri memiliki berbagai varian, ada yang besar namanya sih Dry Cabinet, harganya jutaan. Ada juga Dry Box yang emang didesain buat nyimpen-nyimpen kamera dan elektronik, harganya ratusan ribu. Tapi kalau pengen yang murah, nyoba-nyoba aja bikin Dry Box yang sederhana.

Pokoknya sangat penting memiliki Dry Box ini kalau nggak mau kamera kamu kena jamur.

Nah, untuk membuat dry box sederhana, kamu cukup membeli box container yang ada di pasar modern, beli yang ukurannya cukup untuk menampung segala barang-barang kamera kamu. Lalu beli Hygrometer agar bisa mengetahui tingkat kelembaban (usahakan nilainya 40%-50% itu yang aman, jadi kalau terlalu kering juga nggak bagus), dan jangan lupa juga beli Silica Gel baik yang butiran atau yang model elektrik.

#3 Tas Kamera

Tas Kamera

Sebenarnya opsional tapi juga penting, terutama buat kamu yang suka hunting foto ke luar. Bisa saja ditaruh di tas biasa, tapi tentunya akan beresiko. Karena tas biasa tidak punya ruang untuk menempatkan kamera dengan baik. Selain itu struktur tas kamera sudah dirancang khusus untuk menjaga kamera agar tetap aman saat di dalam tas. Jadi usahakan juga memiliki tas kamera.

Harga tas kamera ini pun bervariatif, mulai dari Rp 200 Ribu hingga jutaan, tergantung model, ukuran, dan merek. Kalau budget tipis, bisa nyari tas kamera bekas.

#4 Memory Card Cadangan

Memory Card

Mengapa harus membeli memory card cadangan? Karena selain untuk jaga-jaga kalau kapasitas memory card utama habis, bisa segera pakai yang cadangan. Apalagi kalau lagi motret momen penting, jangan sampai karena nggak punya cadangan memory card nanti kehilangan momen berharga.

#5 Baterai Cadangan

Baterai Cadangan

Sama halnya dengan memori card, baterai pun juga perlu dipersiapkan. Ada baiknya kamu membeli satu buah baterai lagi untuk digunakan sebagai cadangan. Ini sangat penting kalau kamu menggunakan kamera untuk kebutuhan travelling.

Itu beberapa barang yang perlu kamu miliki setelah membeli kamera DSLR/Mirrorless. Jadi jangan heran kalau memiliki kamera DSLR ini perlu peralatan yang cukup menguras dompet. Karena ini demi kesehatan kamera itu sendiri.

Nah, kalau sudah beli barang-barang itu silahkan digunakan dengan baik dan benar kameranya. Dan akan lebih baik lagi kalau punya kamera DSLR tapi yang bisa menghasilkan juga. Nantinya hasil bisa ditabung dan dibeliin lensa baru atau upgrade kamera yang lebih bagus.

Semoga informasi ini bermanfaat ya….


Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG