Leica M11

Leica akhirnya memperkenalkan produk kamera rangefinder terbarunya yakni Leica M11. Kamera ini memiliki keunggulan sensor 60MP dan memiliki teknologi “Triple Resolution“.

Dengan diluncurkannya M11 ini, Leica mengklaim kalau ini bakal menjadi tolok ukur baru dalam dunia fotografi sebagai kamera dengan M-System paling fleksibel di dalam sejarah fotografi digital.

Leica M11

Sensor 60 Megapiksel dengan Teknologi “Triple Resolution”

Leica sepertinya sangat membanggakan produk barunya ini. Bagaimana tidak, kamera rangefinder yang satu ini memadukan antaranya teknologi rangefinder trandisional dengan teknologi kamera modern. Yang sangat diunggulkan dari M11 ini tentunya adalah Teknologi “Triple Resolution” yang dimilikinya.

Kamera ini menggunakan sensor CMOS BSI (backside-illuminated) full-frame dengan rentang ISO yang diperluas.

Teknologi “Triple Resolution” ini mampu mengambil gambar mentah (RAW) dengan format DNG dan JPEG yang direkam pada resolusi 60, 36, dan 18 megapiksel tanpa mengubah area sensor full-frame.

Dengan adanya teknologi ini tentu akan sangat memanjakan para fotografer untuk bisa mendapatkan kualitas gambar yang tetap tajam dan resolusi yang detail. Resolusi yang lebih rendah tersebut juga membuat kinerja kamera jauh lebih cepat dan bisa melakukan burst dengan lebih panjang.

Leica juga menawarkan shutter elektronik yang bisa mengambil gambar dengan kecepatan sampai 1/16.000 detik. Dengan kecepatan itu, tentu akan membuat pengguna lebih percaya diri saat bekerja dengan aperture lebar dalam cahaya yang terang tanpa menggunakan filter ND.

Leica M11 ini memiliki rentang sensitivitas ISO antara 64 hingga 50.000 dan bisa merekam pada kedalaman warna 14-bit dengan dynamic range hingga 15 stop.

Prosesor M11 ini menggunakan Leica Maestro III yang menurutnya memiliki pengalaman pengoperasian yang lancar dan responsif, bahkan saat digunakan untuk memotret resolusi tinggi.

Desain Fisik Leica M11

Perubahan pada Desain Fisik

Ada sedikit perubahan pada Leica M11 ini. Salah satunya dihilangkannya baseplate tradisional yang ada di bagian bawah kamera. Leica beralasan dengan dihilangkannya baseplate ini agar bisa memudahkan pengguna saat membuka atau melepas baterai dan slot SD Card.

Baca juga:  Canon EOS M100, Mirrorless Rekomendasi Untuk Para Vlogger

Bicara soal SD Card, M11 memiliki slot kartu SD yang kompatibel dengan kartu SD UHS-II dan penyimpanan internal 64 GB. Ini artinya Leica M11 adalah kamera Leica M-Series pertama yang menawarkan dua penyimpanan secara bersamaan, yakni melalui SD Card dan internal memory.

Akan tetapi secara menyeluruh, Leica M11 tetap dipertahankan dari sisi tradisional M-Series. Mulai dari tata letak yang unik dan struktur menu M11 tetap konsisten dengan Leica SL2 dan Q2.

Bagian atas Leica M11 memiliki pelat atas yang terbuat dari aluminium berkualitas tinggi dan sudah anti gores.

Fitur Leica M11

Leica M11 datang dengan banyak fitur. Dari sisi baterai M11 memiliki baterai 1800 mAh, jauh lebih banyak 64% dibanding generasi sebelumnya.

Adanya port USB-C yang ada di M11 ini juga memungkinkan untuk pengisian daya langsung dengan universal charger USB Type-C.

Di pertengahan 2022 ini nanti, Leica M11 akan mendapatkan pembaharuan firmware versi terbaru yang akan meningkatkan sisi konektivitasnya. Nantinya pengguna akan lebih cepat dalam menghubungkan M11 dengan smartphone melalui aplikasi Leica FOTOS. Dan memungkinkan pengguna untuk menyematkan data lokasi di foto.

Visoflex 2 Leica M11

Ada aksesori tambahan saat diluncurkannya Leica M11 ini. Yang pertama adalah Visoflex 2, yakni jendela bidik elektronik yang akan meningkatkan pengalaman pengguna. Dari jendela bidik ini pengguna bisa melihat obyek foto dari layar beresolusi 3,7 megapiksel melalui mode Live View.

Visoflex 2 ini juga sudah didukung diopter adjusment antara -4 hingga +3 dan fungsi kemiringan 90 derajat.

Saat ini Leica M11 sudah bisa dipesan dengan harga $8,995 atau sekitar Rp 128 juta.

Sumber : https://petapixel.com/2022/01/13/leica-unveils-the-m11-a-60mp-rangefinder-with-triple-resolution-tech/

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.