Alasan Action Camera Cocok Untuk Ngevlog

Action Camera Vlog

Buat kamu yang ingin membuat video log atau vlog kemudian diunggah ke YouTube, sebenarnya tidak perlu memiliki kamera DSLR atau Mirrorless yang harganya mahal-mahal itu. Kalau kamu cuma punya modal yang terbatas, action camera bisa kamu jadikan pilihan yang praktis.

Atau kalau pengen lebih hemat, gunakan saja kamera ponsel. Lagi pula sekarang ini sudah banyak ponsel yang memiliki kamera bagus. Baca juga : 8 Rekomendasi Smartphone Untuk Nge-VLOG

Tetapi kalau tidak mau ribet pakai ponsel, kamu bisa pakai action cam saja. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika ngevlog pakai action cam. Berikut diantaranya :

Harga murah

Salah satu alasan memilih action cam adalah harganya yang relatif mudah. Jika dibanding beli kamera DSLR/Mirrorless, dengan harga Rp 1 jutaan saja kamu sudah bisa beli action cam. Misalnya saja Xiaomi Yi, kamera aksi ini sudah punya kualitas bagus, dan harganya pun kurang dari Rp 2 juta.

Kalau pengen yang lebih bagus lagi, coba beli yang merek GoPro. Kalau punya budget Rp 4 jutaan, bisa beli GoPro Hero 5, itu sudah bagus. Hasilnya juga tidak kalah dengan DSLR.

Ukuran Kecil

Buat kamu yang masih baru belajar ngevlog, pasti di awal-awal akan malu kalau pegang kamera. Apalagi kalau kameranya besar, nah dengan menggunakan action cam kamu bisa tampil tidak terlalu mencolok di tempat umum. Karena ukuran action cam sangat kecil dan mudah dibawah ke mana-mana.

Ukurannya yang kecil ini juga memudahkan kamu untuk menaruhnya dimana saja. Ringan pula saat di bawah.

Lensanya Wide

Meskipun menggunakan action cam kamu tidak bisa melihat diri kamu langsung (tidak seperti kamera yang layarnya bisa diflip), tetapi kamu tidak perlu khawatir. Karena hampir semua lensa action cam itu sudah wide. Asal kamu taruh di depan kamu kurang lebih 60cm atau dengan tangan ke depan, wajah kamu pasti tetap terekam. Bahkan sekelilingmu juga bisa masuk frame.

Hal ini dikarenakan lensa di action cam punya ukuran yang wide.

action-cam-water

Image via : filmora.wondershare.com

Praktis

Kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ingin berenang, atau snorkling saat ngevlog. Karena kamu langsung bisa gunakan action cam mu untuk merekam di air. Asal sebelumnya sudah terpasang housing anti air ya. Tetapi untuk beberapa kamera aksi merek GoPro misalnya, memang sudah dirancang untuk tahan air.

Terus action camera ini juga mudah dipasang di berbagai tempat, misalnya kamu mau buat motovlog, tinggal pasang saja di helm atau kendaraan kamu.

Jadi ini sangat praktis. Cukup dengan satu kamera kecil, tetapi kualitas dan performanya tidak perlu diragukan.

Minusnya menggunakan action cam beberapa orang menyebutkan di bagian audionya. Apalagi saat merekam jaraknya agak jauh. Tetapi jangan khawatir, sekarang sudah ada action cam yang punya kualitas audio bagus. Menurut kami, merek GoPro Hero 3 ke atas sudah punya kualitas bagus.

Nah kalau kamu ingin merekam di jarak agak jauh, ya tinggal manfaatkan ponsel kamu saja untuk merekam. Cukup tambahkan microphone eksternal.

Baca juga : Rekomendasi Action Cam Terbaik

Action cam menurut kami adalah pilihan bagus jika kamu tidak ingin ngevlog pakai kamera DSLR/Mirrorless yang besar-besar itu. Cukup dengan action cam pun kamu sudah bisa mendapatkan visual yang bagus. Sekarang tinggal bagaimana perangkat ini bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang menarik.

Ini juga sebagai bukti bahwa dengan budget yang terbatas pun kamu masih bisa berkarya. Semoga bermanfaat



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *