image (c) zopini.com

LHAGEEK.com – 8 Rekomendasi Smartphone untuk NgeVLOG – Tren vlogging memang sudah menjalar kemana-mana. Anak-anak muda sekarang ini pun juga mulai membuat channel YouTube dengan konten beraneka ragam. Kalau bicara soal vlogging, sudah pasti ada satu alat yang sangat dibutuhkan, yaitu kamera.

Kamera untuk ngevlog itu sebenarnya tidak harus memakai kamera yang mahal. Karena cukup dengan smartphone, sekarang sudah bisa membuat vlog. Apalagi sekarang sudah banyak smartphone yang punya kamera depan dengan kualitas yang bagus.

Nah, daripada buat beli kamera DSLR/Mirrorless/Pocket yang mahal, mending buat upgrade ponsel yang bisa digunakan untuk bermacam-macam.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi smartphone yang bisa digunakan untuk nge-vlog.

1. VIVO V5 Plus

Vivo V5 Plus

Smartphone ini tergolong masih baru di pasaran, karena memang baru dirilis awal tahun ini. Tetapi yang menjadi VIVO V5 Plus layak untuk dijadikan untuk ngevlog, adalah adanya Dual Kamera Depan dengan resolusi 20 MP + 8 MP.

Dengan kualitas kamera depan yang baik ini tentu sangat mendukung untuk kebutuhan vlogging.

Baca juga : Ingin Membuat Channel Vlog? 5 Poin Ini Harus Ada Dalam Vlog Kamu

Spesifikasi kamera depannya sendiri selain di atas juga memiliki angka aperture f/2.0, video mampu merekam dengan kualitas 1080p. Mantap.

Kalau pengen beralih ke kamera utama, ukurannya juga sudah tinggi, 16MP f/2.0. Ini sudah cukup bagus untuk kebutuhan vlogging.

2. Oppo F1s

Oppo F1s

Sudah terlalu sering ponsel ini diiklankan di tv. Tetapi yang menarik dari ponsel ini adalah adanya kamera depan yang justru punya resolusi lebih tinggi dibanding kamera belakang.

Dengan ukuran kamera depan 16 MP, f/2.0, membuat Oppo F1s layak untuk dijadikan vlogging. Kualitasnya juga sudah Full HD 1080p, sehingga sudah sangat cukup untuk merekam video vlog.

Sedangkan kamera belakang, memiliki ukuran 13 MP f/2.2.

3. HTC Desire Eye

HTC Desire Eye

Entah mengapa orang Indonesia masih berkutat pada brand smartphone yang itu-itu saja. Padahal di luar sana banyak brand smartphone yang memiliki kualitas yang bagus juga. Mungkin karena pengaruh promosi kali ya?

Nah, HTC pun juga punya ponsel dengan kualitas kamera depan yang bagus. Yakni HTC Desire Eye.

Berbekal kamera depan 13 MP dan didukung dual-LED Flash, membuat smartphone ini LhaGeek rekomendasikan untuk digunakan vlogging. Apalagi lensa kameranya termasuk Wide Lens 22mm, sehingga ketika digunakan untuk vlogging bisa mencakup sudut pandang yang luas.

Kamera belakangnya juga punya resolusi yang sama, 13 MP.

4. Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone Selfie

Kamera depan Zenfone Selfie ini berada tepat di tengah dan ukurannya sangat besar. Dari segi megapikselnya, kamera depan Zenfone Selfie ini punya ukuran 13 MP sedangkan kamera belakang juga sama.

Dengan dukungan layar 5,5 inci, tentu akan lebih nyaman saat digunakan untuk ngevlog.

Kualitasnya sudah mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

5. Samsung Galaxy A5

Galaxy A5

Smartphone ini juga baru dirilis bulan Januari 2017 kemarin. Dari spesifikasinya, ponsel pintar ini menawarkan kamera depan yang cukup mumpuni, yakni resolusi 16 MP dengan aperture f/1.9 dan kemampuan merekam hingga 1080p@30fps.

Kualitas kamera dari Samsung itu memang diakui berbeda. Meskipun dia resolusinya kecil, tetapi mampu menghasilkan kualitas foto maupun video yang tajam. Inilah yang menjadikan LhaGeek merekomendasikan Samsung Galaxy A5 untuk digunakan #vlogging.

6. Samsung Galaxy A7

Galaxy A7

Masih dengan Samsung, ada Galaxy A7 yang juga baru rilis awal tahun ini. Kualitas kamera sama dengan Galaxy A5. Resolusinya kamera depan 16 MP, dengan aperture f/1.9, Full HD 1080p.

Kamera belakangnya juga sama, 16 MP.

7. Asus Zenfone 3 Zoom

zenfone-3-zoom

Meski ketika tulisan ini dibuat Zenfone 3 Zoom belum rilis di Indonesia, tetapi smartphone ini juga LhaGeek rekomendasikan untuk dijadikan kamera vlogging.

Karena kamera depan juga cukup mumpuni. Berbekal kamera depan ukuran 13 MP, f/2.0, mampu merekam dengan kualitas 1080p.

Sedangkan kamera utamanya memiliki Dual Camera dengan ukuran masing-masing 12 MP.

8. Sony Xperia XZ

Xperia XZ

Dulu sebelum smartphone hadir, ponsel Sony itu menawarkan kualitas kamera yang paling mumpuni, selain Nokia. Dan sampai sekarang pun kamera dari Sony memang ciamik sekali. Hal ini terbukti banyaknya smartphone yang menggunakan sensor kamera dari Sony.

Untuk Sony Xperia XZ sendiri memiliki kamera depan 13 MP dengan aperture f/2.0 dan kemampuan merekam kualitasnya 1080p. Asyiknya sudah mendukung HDR.

Sedangkan kamera belakangnya juga ciamik sekali, yakni 23 MP.


Itu beberapa rekomendasi smartphone yang layak untuk dijadikan alat vlogging. Sebenarnya sih masih ada smartphone lain. Tetapi ini saja dulu, kalau banyak-banyak kalian malah bingung kan milihnya. 🙂

Nah, buat yang mau bikin channel YouTube untuk vlognya mending menggunakan alat-alat seadanya dulu. Ya, cara paling murah pakai kamera ponsel. Apalagi sekarang YouTube sudah mendukung fitur Live, cocok kan kalau ngevlog pakai ponsel.

Link Rekomendasi Pembelian Online :

Semoga informasi bermanfaat buat kamu. Kalau sudah bikin channel YouTube, bisa lho tulis di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here