Rekomendasi Kamera DSLR Mirrorless Second Budget Rp 5 Jutaan

Sony-A6000

Harga kamera DSLR Mirrorless second sekarang ini murah-murah. Buat kamu yang pengen nyari kamera DSLR atau Mirrorless, ini waktu yang tepat. Apalagi di tengah pandemi sekarang ini, harganya turun lumayan. Tidak perlu gengsi mau beli kamera second, toh yang penting masih berfungsi baik dan fisiknya oke.

Tapi ya sebaiknya dilihat dulu kebutuhannya beli kamera untuk apa. Kalau hanya sekadar untuk hobi, kamera second bisa jadi pilihan. Lagi pula untuk soal hasil juga tidak ada bedanya, hasil mah tergantung penggunanya. Kalau kata orang istilahnya “A Man Behind The Gun“.

Ini ada beberapa rekomendasi kamera DSLR Mirrorless Second murah di bawah atau sekitar Rp 5 jutaan yang bisa kamu miliki. Rekomendasi kami tulis per tanggal 16 Oktober 2020. Kalau di kemudian hari harganya beda ya mohon maaf, tapi kalau pun beda, pasti harganya akan lebih murah. Kecuali kalau tiba-tiba kamera tersebut jadi langka dan diburu banyak orang.

Rekomendasi yang saya berikan ini kamera second yang good condition sekitar 95%. Kalau ada yang lebih mahal, berarti kondisi dan kelengkapannya lebih bagus, kalau ada yang lebih murah, berarti ya kondisinya kurang bagus.

1. Sony A6000 Kit 16-50mm

Sony A6000 Kit 16-50mm

Pengen punya kamera mirrorless Sony? Seri A6000 ini bisa kamu miliki. Harga secondnya per hari ini kisaran Rp 5-5,8 juta. Tentunya ini good conditions tapi kelengkapan seperti box tidak ada. Ya wajar lah, kamera second. Tapi yang jelas dengan harga segini sudah dapat lensa kit 16-50mm.

Untuk harga barunya sendiri Sony A6000 Kit masih diangka Rp 7 jutaan.

Buat yang belum tahu spesifikasi kamera ini bagaimana, saya ulas sedikit speknya. Sony A6000 ini memiliki sensor CMOS APS-C Exmor APS HD 23,4MP berteknologi BIONZ X Image Processor. Layar LCD nya sudah tilting tapi belum bisa dilipat ke atas ya. Sudah terdapat Wi-Fi dan NFC. Memiliki Max-ISO 51.200, 179 titik fokus. Bagus untuk low light.

Baca juga : Spesifikasi Sony Alpha A5000, Kamera Mirrorless Buat Vlog & Selfie

2. Fujifilm X-A10 Kit

Fujifilm X-A10 Kit

Di merek Fujifilm ada beberapa nih, salah satunya Fujifilm X-A10 Kit 16-50mm. Yang dulu belum kesampaian punya kamera mirrorless Fujifilm, coba cari seri ini. Harga secondnya kisaran Rp 3 jutaan. Tapi…tapi… di beberapa olshop marketplace, harga barunya Rp 3,2-3,5 juta. Nah lo pilih baru saja dong ya kalau gitu :D

Tapi anehnya kok harga bekasnya masih Rp 3 jutaan.

3. Fujifilm X-A5 Kit

Fujifilm X-A5 Kit

Kalau mau yang akan baru dikit, ada Fujifilm X-A5 Kit. Harga bekasnya sekitar Rp 4,5 jutaan. Harga barunya ya masih selisih Rp 800ribu-Rp 1 jutaan. Lumayan lah.

Live On XL

Waktu saya cek produk ini, adalah salah satu seller online yang menjualnya dengan kondisi 8/10 dengan kelengkapan yang komplit. Cari saja, barang kali masih ada. :D

4. Canon EOS M3 Kit

Canon EOS M3 Kit

Buat Canonisius, eh apa sih sebutan buat pengguna fans Canon? :D Ada nih harga Rp 4,5 jutaan, Canon EOS M3 Kit. Ini mirrorlesnya Canon ya, bukan DSLR. Harga barunya sih masih sekitar Rp 5 jutaan.

Spesifikasi Canon EOS M3 seperti ini : 24.2MP APS-C CMOS Sensor, DIGIC 6 Image Processor, 3.0″ 1,040k-Dot Touchscreen Tilting LCD., Full HD 1080p, Video at 24/25/30 fps., Built-In Wi-Fi Connectivity with NFC, Hybrid CMOS AF System with 49 AF Points, ISO 100-12800, Expandable to 25600, Hot Shoe and Built-In Flash.

5. Nikon D5500 Kit

Nikon D5500 Kit

Meskipun mirrorless sudah menjamur, tetapi peminat kamera DSLR tetap masih ada. Jika kamu salah satunya, Nikon D5500 bisa kamu beli. Harga bekasnya sekitar Rp 4 jutaan. Harga barunya sendiri masih di range Rp 5-6 jutaan. Ada sih yang Rp 4 jutaan, tapi itu Body Only, belum sama lensanya.

Kalau kamu pengen punya DSLR yang ringan, Nikon seri D5xxx ini termasuk yang cukup ringan. Ini tergolong DSLR kelas menengah. Layarnya bisa diputar ke berbagai sudut, sudah touch screen, resolusinya besar 24 MP, Full HD 1080p Video Recording at 60 fps, dll.


Itu beberapa rekomendasi kamera DSLR Mirrorless bekas di harga kurang dari Rp 5 juta. Sebenarnya kalau mau nyari lagi ya ada sih, tetapi ya banyak. Lagi pula ada yang harga barunya saja sudah di bawah Rp 5 juta. Kan ya mending beli baru daripada bekas.

Yang penting ketika nyari kamera DSLR/Mirrorless bekas, jangan hanya melihat fisik saja. Fisik mungkin boleh mulus, tapi dalemannya harus oke juga. Saya sudah pernah tulis tips tentang ini, silakan baca di sini : Bukan Fisik, Tapi Ini Yang Perlu Dicek Saat Beli Kamera DSLR Bekas

Kira-kira kamu pengen nyari yang mana?

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.