Qualcomm Snapdragon 835
image via qualcomm.com

LHAGEEK.com – Dalam ajang Consumer Electronics Show 2017 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Qualcomm secara resmi memperkenalkan chipset terbarunya, yakni Snapdragon 835.

Chipset ini nantinya akan digunakan pada smartphone kelas menengah atas karena dari segi teknologi Snapdragon 835 ini menawarkan keunggulan yang mendukung smartphone saat ini.

Tenaga yang dihasilkan akan mengalami peningkatan berkat proses pembuatan yang menggunakan teknologi pemrosesan 10 nanometer. Sehingga akan banyak lagi transistor yang tertampung. Tentu semua akan bertanya-tanya, apa saja sih keunggulan dari Qualcomm Snapdragon 835 ini?

Dilansir dari Mashable, Rabu (4/1), ada 7 keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan chipset ini untuk smartphone Android. Apa saja itu? Yuk simak…

1. Mendukung dual camera

Kalau kalian pernah lihat, smartphone kelas atas sekarang ini telah mengusung dual camera. Jadi kamera belakang itu ada dua buah. Nah, Qualcomm Snapdragon 835 ini telah mendukung untuk penggunaan dual camera. Sehingga nantinya ponsel-ponsel dengan kamera ganda bakal menggunakan chipset ini karena secara default memang sudah bisa digunakan tanpa harus menggunakan tambahan perangkat lunak lain.

2. Kualitas kamera yang lebih maksimal

Masih seputar kamera, dengan dibenamkannya Qualcomm Snapdragon 835 ini nanti akan membuat kinerja ponsel dari sektor kamera dapat menghasilkan kualitas yang lebih baik lagi. Chipset ini meningkatkan auto focus kamera yang lebih cepat.

Selain itu juga adalah teknologi electronic image stabilization 3.0 yang membuat hasil jepretan bebas dari shake.

Untuk penggunaan kamera resolusi tinggi, misalnya 4K, juga akan lebih cepat lagi ketika digunakan, karena telah memiliki enconding data yang lebih baik. Mampu mengurangi ukuran data sampai 30 persen dari ukuran asli.

3. Mendukung Iris scanner

Jika sekarang fingerprint sensor sudah menjadi tren di ponsel-ponsel pintar, nantinya dengan Snapdragon 835 akan dapat disematkan teknologi keamanan yang lebih baik lagi yakni iris scanner.

Chipset ini telah memiliki kemampuan untuk melakukan pemindaian iris mata. Sehingga smartphone yang ingin menyematkan teknologi iris scanner bisa menggunakan chipset ini. Namun, untuk teknologi fingerprint sensor dan voice print juga dapat diakomodasi dengan Snapdragon 835.

4. Virtual Reality

Teknologi VR (Virtual Reality) juga dapat diakomodir dengan Snapdragon 835. Karena chipset ini mampu melakukan olah grafis 25% lebih tinggi yang membuat konten VR dapat dinikmati di ponsel dengan lancar.

Snapgradon 835 ini juga telah disiapkan untuk dapat digunakan pada platform VR besutan Google, Daydream.

5. Daya tahan baterai lebih panjang

Pembaharuan chipset Qualcomm yang terbaru pasti diiringi dengan peningkatan daya tahan baterai. Dan di Snapdragon 835 ini dijanjikan bakal memperpanjang daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama dari biasanya.

Chipset ini juga sudah mendukung Quick Charge 4.0 yang bisa digunakan untuk melakukan pengisian ulang baterai cukup 5 menit untuk dapat digunakan selama 5 jam. Wow…

6. Video HDR

Jika biasanya format High Dynamic Range (HDR) hanya bisa digunakan di foto, kali ini chipset Snapdragon 835 mampu melakukan perekaman video dengan format HDR. Sehingga kualitas video akan lebih baik baik lagi dari segi kualitas warna.

Akan tetapi, format HDR ini perlu adanya paduan antara software dan hardware. Tidak bisa hanya mengandalkan chipset ini saja. Sehingga produsen ponsel harus melakukan inovasi lagi soal ini.

7. Koneksi internet lebih cepat

Mengapa bisa cepat? Karena di chipset ini sudah terdapat modem X16. Modem ini dapat digunakan untuk mengakses Gigabit 4G LTE yang memiliki kecepatan hingga 1 Gbps. Sayangnya, hingga saat ini belum banyak yang menggunakan teknologi Gigabit 4G LTE ini.

Namun, dengan adanya teknologi ini di Snapdragon 835, ini menandakan bahwa chipset ini bakal bisa digunakan di era mendatang khususnya untuk kebutuhan internet yang lebih cepat.

Itulah 7 keunggulan dari Qualcomm Snapdragon 835. Menurut kamu bagaimana?

featured image via qualcomm.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here