LHAGEEK.com –  Entah ini karena lagi tren atau memang dorongan dari hati, tetapi faktanya saat ini banyak anak-anak muda yang mulai membuat konten video dengan berbagai topik yang disukainya. Umumnya mereka membuat video lalu didistribusikan melalui situs video sharing Youtube.

Kalau menurut LhaGeek, fenomena ini diakibatkan karena perkembangan dari media itu sendiri. Youtube memang sudah ada sejak dulu, tetapi sekarang menjadi tren karena dukungan dari peningkatan jaringan internet yang semakin cepat. Coba kalau saat ini kecepatan internet masih di bawah 3G/HSDPA, pasti content creator tidak sebanyak sekarang ini.

Nah, itu fakta-fakta yang ada.

Tapi saat ini kita mau ngomongin soal perlengkapan kamera yang harus kita miliki ketika ingin membuat konten video. Mungkin saja sebagian dari kamu ingin membuat video lalu diupload di YouTube, jadi semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Oke, daripada berlama-lama, mending LhaGeek sebutkan satu-satu alatnya.

1Kamera

Yang pertama jelas kamera. Kamera di sini bisa kamera ponsel, kamera dslr, mirrorless maupun kamera pocket. Tetapi jika kamu memang ingin fokus di dunia videografi, lalu ingin memiliki gears yang mumpuni, sebaiknya membeli kamera yang sesuai kebutuhan.

Ingat, kamera-kamera yang ada saat ini itu punya fungsi yang berbeda-beda. Ada kamera yang bagus untuk fotografi, ada pula yang bagus untuk videografi.

Kamera untuk fotografi itu misalnya Fujifilm, Olympus, Canon, beberapa kamera dari brand ini umumnya memang bagus untuk kebutuhan fotografi. Sedangkan untuk kebutuhan videografi, misalnya Sony dan Lumix. Masing-masing merek ini pun masih punya kategori sendiri lain. Ada kamera Sony yang bagus untuk foto, ada pula yang untuk video.

Nah, untuk itu ketika kamu ingin membeli kamera khususnya untuk videografi, sebaiknya jangan sekedar terbuai karena merek. Cek dulu speknya apakah itu bagus untuk membuat video atau tidak.

2Lensa

Sebenarnya lensa ini opsional. Karena kamu sudah cukup bisa mengandalkan lensa bawaan (kit) dari kamera. Namun, jika memang kamu ingin mendapatkan kualitas video yang lebih bagus dengan beragam karakter, kamu bisa membeli lensa lain.

Misalnya selain mengandalkan lensa kit, kamu bisa mencoba untuk membeli lensa dengan bukaan (aperture) yang besar. Agar nanti hasil video mendapatkan efek bokeh yang keren dan itu akan menambah kecantikan video kamu.

Pastikan juga saat membeli lensa disesuaikan dengan kebutuhan konten video kamu. Kalau kamu ingin membuat video dengan tema traveling, maka kamu butuh lensa wide yang mampu mengcover pemandangan alam yang luas. Seperti itu…

3Tripod

Wajib hukumnya memiliki tripod. Tripod tidak hanya dibutuhkan ketika memotret saja, tetapi untuk videografi sangat dibutuhkan. Misalnya ketika ingin mengambil panning footage, jadi nanti kamu akan mendapatkan hasil yang smooth.

Ketika kamu ingin membeli tripod, pastikan membeli tripod untuk video, bukan untuk foto. Karena tripod untuk video itu berbeda, ada bagian-bagian seperti control handle, panhead, pan locking, dll yang dapat membantu dalam pengambilan video.


Kamu bisa coba membeli tripod di PlazaKamera.com. Karena toko perlengkapan kamera ini punya kategori produk tripod untuk video atau foto. Sehingga kamu bisa lebih mudah saat memilihnya.

4Microphone

Sebagus apapun editing video kamu, tetapi jika kualitas audio kresek-kresek, maka hancur sudah kualitas keseluruhan video kamu. Yang nonton video kamu pun juga tidak akan puas dengan hasilnya karena kualitas audio tidak bagus.

Untuk itu sebaiknya kamu coba untuk memiliki perangkat microphone untuk kebutuhan shooting video.

Banyak sekali macamnya, ada yang berupa microphone shotgun, wireless, handheld, dll. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget.

5LED Video Light

Sebenarnya ini opsional, sesuaikan saja dengan kebutuhan video kamu. Tetapi kamu juga perlu memilikinya, apalagi jika akan membuat di indoor. Fungsi dari LED Video Light ini tentunya untuk pencahayaan, supaya hasil video bisa lebih terang dengan bantuan perangkat ini.

Sebenarnya ada yang lebih bagus lagi, misalnya menggunakan lampu yang ukurannya gede-gede itu. Tapi dengan LED Video Light saja itu sudah cukup apalagi ukurannya yang mini bisa dibawa dengan mudah.

Jadi menurut LhaGeek itu beberapa perlengkapan yang perlu kamu miliki jika ingin membuat konten video. Sekali lagi kamu tidak perlu membeli yang mahal-mahal dulu, beli saja yang murah tapi bisa digunakan. Apalagi jika kamu baru belajar di dunia videografi.

6Memori dan Baterai Cadangan

Yang tak kalah penting dari peralatan di atas adalah memori dan baterai cadangan. Usahakan kamu punya memori dan baterai lebih dari satu atau mungkin lebih dari dua. Supaya nanti ketika proses shooting tidak terkendala karena memori yang trouble atau penuh apalagi baterai yang habis.

***

Jika kamu ingin mendapatkan perlengkapan-perlengkapan di atas, kamu bisa mengunjungi PlazaKamera.com. Toko online perlengkapan foto dan video ini menjual berbagai kamera dan aksesorisnya cukup lengkap. Apalagi harganya cukup terjangkau. Atau jika kamu berada di Jakarta maupun Surabaya, kamu bisa cek offline store nya langsung.

Toko Kamera Online Surabaya Jakarta Indonesia

Showroom PlazaKamera.com Jakarta :
Rukan Green Garden A14 / 43
Jl.Panjang, Kel. Kedoya Utara, Kec. Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11520
Telp. (021) 58356792 / Telp. 0812 3312 5757

Showroom PlazaKamera.com Surabaya:
Jl. Mangkunegoro 11, Surabaya
Jawa Timur
Telp. (031) 5670009

Yang menariknya itu banyak promo dan bisa cicilan. 😀 Jadi kalau kamu lagi bokek, bisa nyicil dulu.

So, itulah informasi singkat dari kami, selamat membuat konten video dan jangan lupa gunakan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Nggak usah beli perlengkapan yang ‘keren-keren’ tapi nanti malah nggak terpakai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here