Buat yang sekarang ingin membuat konten video dan membutuhkan microphone, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan microphone dari RODE dengan tipe VideoMic Go. Saya sendiri memakai microphone tipe ini. Overall is good.

Di artikel kali ini saya ingin mereview sekilas tentang microphone ini. Saya tidak mengatakan ini microphone terbaik dan tidak juga yang buruk, tetapi RODE VideoMic Go ini bisa dijadikan alternatif jika kamu sedang mencari microphone untuk kamera digital kamu.

Sebelumnya mohon maaf jika saya tidak sertakan video samplenya, karena saya masih terkendala soal editing. Ya, jadi masih banyak video-video lain yang belum saya edit. Sebenarnya ini terkendala masalah perangkat saja. 🙂 Tapi supaya kamu pengen tahu samplenya, saya sudah sematkan sample video dari YouTube.

RODE VideoMic GO

Kelebihan RODE VideoMic Go

Ada beberapa hal yang membuat saya senang menggunakan microphone shotgun ini. Yang pertama karena tidak membutuhkan baterai. Ya, RODE VideoMic Go ini konektivitasnya langsung menggunakan kabel audio 3.5mm.

Karena kamera DSLR saya sudah ada lubang audio jack 3.5mm, maka tinggal colok saja.

RODE VideoMic GO

Kelebihan lain terletak pada desainnya. Mungkin banyak yang merasa tidak nyaman dengan desain microphone ini, apalagi adanya penobang warna merah itu yang agak gimana gitu.


Tapi ketahuilah, penopang warna merah itu justru menjadikan nilai plus pada RODE VideoMic Go ini. Fungsi dari penopang itu untuk menahan goncangan ketika kamu menggunakan dalam keadaan bergerak. Sehingga akan sangat meminimalisir suara atau getaran yang timbul karena goncangan itu.

Kalau kamu pegang, itu kan agak lentur, ya suspensi itulah yang membuatnya bisa menahan goncangan. Fitur ini disebutnya Rycote Lyre.

Lalu yang membuat saya nyaman memakai microphone ini adalah beratnya yang sangat ringan. Saya kira itu RODE VideoMic Go ini berat, tetapi ternyata ringan banget. Mungkin karena tidak memakai baterai kali ya.

Nah, karena beratnya ini ringan, tentu ini akan sangat nyaman ketika kita memegang kamera. Apalagi kamera DSLR kan cukup berat, kalau pakai microphone yang berat kan malah tambah berat, nggak nyaman megangnya.

Kelebihan terakhir menurut saya dari segi after sales nya. RODE VideoMic GO ini memiliki garansi 2 tahun. Jadi ya menurut saya ini sangat bermanfaat sekali. Padahal saya kira itu cuma setahun, kan cuma microphone.

Owh ya hampir lupa, ini yang lebih penting. RODE VideoMic GO ini cukup responsive menangkap suara. Saya sudah bedakan antara tanpa memakai RODE dan menggunakannya. Hasilnya tentu lebih bagus saat menggunakan RODE VideoMic Go ini. Hasil suaranya bisa lebih nge-bass tapi jelas.

Kekurangan RODE VideoMic GO

Ada kelebihan pasti ada kekurangan. Itu wajar. Dan menurut saya kekurangan microphone ini terletak pada penggunaannya. Dimana ini akan membuat baterai kamera menjadi sedikit lebih boros. Hal ini dikarenakan konsumsi daya baterai kamera DSLR juga dipakai untuk microphone ini.

Ya ini sudah risiko sih kalau menggunakan microphone tanpa baterai. Tapi ya gimana lagi, lha wong harganya lebih murah dibanding yang pakai baterai. 😀

 

Kesimpulan

Jika kamu punya budget Rp 1 juta dan ingin memiliki microphone shotgun yang berkualitas, saya bisa menyarankan untuk memilih RODE VideoMic Go ini. Kalau di PlazaKamera.com harganya cuma Rp 1.050.000 saja.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, itu semua bisa kamu kira-kira sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tapi ya pastikan kalau mau membeli microphone shotgun ini kamera mu sudah support audio jack 3.5mm. Kalau nggak ada lubangnya ya nggak bisa. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here