Lensa Nikon AF-P

Kalau yang belum tau, Nikon telah mengupgrade lensa kit yang dimilikinya dari seri AF-S menjadi AF-P. Coba saja kamu lihat di kamera DSLR seri-seri terbaru, pasti lensa kit bertuliskan AF-P. Lalu sebenarnya apa perbedaan lensa kit Nikon AF-S dengan AF-P ini?

Lensa kita AF-P Nikon ini mulai dikenalkan sejak awal 2016, jadi kamera DSLR Nikon yang lahir di tahun ini sudah menggunakan lensa AF-P. Meski sebenarnya untuk Nikon seri lama, seperti D3300, D3400, D5300 juga bisa menggunakan lensa ini, asal dilakukan update firmware.

Karena lensa kit AF-P Nikkor 18-55 DX ini memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan seri AF-S. Diantaranya adalah :

Lensa Nikon AF-P DX 18-55mm VR
Lensa Nikon AF-P DX 18-55mm VR

Ukuran Fisik

Dari segi fisik, lensa kit Nikon AF-P memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan memiliki tombol kunci yang dapat membuat lensanya lebih pendek. Ya sebenarnya hampir sama dengan lensa kit Nikon AF-S 18-55 DX II.

Kalau yang AF-S seri pertama kan nggak ada tombol locknya, jadi masih ada moncong yang membuatnya agak panjang kalau lagi disimpan.

Teknologi Auto-Focus

Inisial “P” di lensa ini merujuk ke istilah Pulse Motor atau Stepping Motor. Teknologi ini membuat performa auto-focus lebih cepat dan senyap. Coba yang pakai seri AF-S, pasti kendala utama di lensa ini adalah auto-focus yang lambat dan suaranya bising. Kalau buat rekam video pasti bakal masuk.

Nah, di lensa kit Nikon AF-P ini membuat kinerja auto-focus lebih senyap dan tidak bakal masuk suaranya saat digunakan untuk merekam video.

Ketersediaan Tombol-tombol

Kalau di lensa AF-S, kita bakal melihat ada tombol AF-MF dan VR. Nah, salah satu yang membedakan di lensa kit AF-P ini adalah tombol-tombol itu tidak ada. Pasti kalian akan bertanya, lalu bagaimana kalau mau mengatur mode focus dan stabilizer lensa?

Semua itu bisa dilakukan langsung di perangkat DSLRnya. Jadi Nikon ingin semua pengaturan itu dipindah melalui pengaturan di DSLR-nya.

Nah, di DSLR Nikon versi terbaru tentu sudah ada pengaturan untuk hal ini. Tetapi untuk DSLR lama, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, harus melakukan update firmware agar dapat menggunakan lensa jenis AF-P ini.

Manual Focus Override

Biasanya ketika menggunakan mode auto-focus lalu ingin merubah ke manual-focus, maka harus menggantinya melalui tombol AF-MF atau pengaturan di kameranya. Tetapi dipembaharuan lensa AF-P ini pengguna sudah bisa langsung merubah AF ke MF langsung dari lensanya. Yaitu dengan memutar langsung ring fokusnya.

Tentu ini bisa mempercepat perpindahan mode tanpa harus mengubahnya melalui pengaturan.

Baca juga : Tamron 18-400mm F3.5-6.3, Lensa Ultra Telephoto Pertama di Dunia

VR dan Non VR

Kalau kamu mau beli lensa yang AF-P ini harus cermat. Karena Nikon memiliki dua varian lensa ini, yaitu yang sudah berteknologi VR dan Non VR. Saya rasa Nikon mengeluarkan dua varian ini agar pengguna memiliki dua pilihan, masalahnya dari segi harga jelas berbeda.

AF-P-DX-18-55mm-Non-VR
Lensa Nikon AF-P DX 18-55mm Non-VR

Akan tetapi saran saya mending beli yang VR, karena fitur stabilizer itu sangat penting untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Apakah harus upgrade ke AF-P?

Kalau masalah harus atau tidaknya itu disesuaikan oleh beberapa hal.

Yang pertama masalah body kamera. Kalau kamu punya body kamera Nikon yang tergolong ‘lawas’, ya mending coba tanyakan dan cari informasi apakah bisa menggunakan lensa AF-P. Jangan sampai nanti terlanjur beli malah nggak bisa dipakai. Misalnya saja untuk kamera D80, itu tidak bisa menggunakan lensa AF-P Nikon ini.

Yang kedua adalah budget. Sebenarnya dari segi harga tidaklah mahal. Lensa kit Nikon AF-P 18-55 ini memiliki harga kisaran Rp 1,5 juta. Jadi ya cukup murah untuk sebuah lensa seperti ini.

Baca juga : Nikon Coolpix W300 Mendukung Video 4K dan Waterproof

Yang ketiga adalah kebutuhan. Kalau memang punya kamera Nikon yang mendukung lensa AF-P dan punya budget untuk membelinya, yang terakhir adalah masalah kebutuhan. Apakah kamu benar-benar butuh lensa ini? Kalau kamu hanya sekedar punya kamera untuk hobi foto saja, rasanya tidak perlu, tetapi kalau memang kebutuhan untuk video, lensa AF-P ini sangat mendukung. Tapi ya itu terserah kamu.

Jadi itulah beberapa perbedaan dari lensa kit Nikon AF-S dengan AF-P. Kalau kamu mau beli DSLR Nikon yang baru, mending cari yang mendapatkan lensa kit jenis AF-P. Karena ada yang dibekali lensa kit AF-S dan AF-P. Misalnya saja Nikon D3300 yang dibekali lensa kit AF-S 18-55mm VR II dan ada juga yang menggunakan lensa kit AF-P 18-55mm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here