Canon EOS M100

Pertanyaannya adalah, Mengapa Canon EOS M100 ini layak direkomendasikan untuk para vlogger? Bukankah ada banyak kamera mirrorless lain yang juga bagus untuk ngevlog?

Iya, memang, tetapi Canon EOS M100 ini menurut LhaGeek jadi salah satu dari sekian banyak kamera yang bisa digunakan untuk vlogging. Tentu alasan merekomendasikan ini bukan sekadar penilaian subjektif, melainkan penilai secara objektif dengan melihat spesifikasi dan fitur dari kamera mirrorless yang satu ini.

Sekadar informasi saja, EOS M100 ini termasuk mirrorless baru dari Canon. Produk ini baru diumumkan pada 29 Agustus 2017 lalu dan ini katanya merupakan penerus dari EOS M10 yang sudah ada sejak 2015 yang lalu. Jadi bisa dikatakan masih kinyis-kinyis kalau kata orang Jawa. Beruntungnya, di Indonesia saat ini sudah banyak yang jual Canon EOS M100.

Melalui artikel ini, LhaGeek ingin mempertanggung jawabkan alasan mengapa merekomendasikan kamera mirrorless ini untuk vlogger. Dan perlu diingat, kami tidak diendorse atau dibayar oleh Canon atau pihak lain. Ini murni ulasan dari sudut pandang LhaGeek sendiri.

Oke, jadi mau dimulai dari daleman atau luarnya dulu? Heh, jangan ngeres, maksudnya daleman itu, spesifikasi intinya, kalau luar itu ya bagian body nya. Dimulai dari luarannya dulu saja ya.

Body Canon EOS M100

Yang jadi alasan mengapa kamera ini cocok untuk para vlogger adalah dari sisi body kameranya. Ya, kalau dilihat body kamera ini sangat ringkas dan sederhana banget. Tapi gini, dengan ukurannya yang hanya 108,2mm × 67,1mm × 35,1mm dan berat kira-kira 266g (hanya bodi), membuat kamera ini benar-benar ringkas.

Dan ini sangat cocok untuk kebutuhan vlogging. Kalau ngevlog kan biasanya selalu bawa kamera ditenteng tangan ya, nah karena ukurannya yang ringkas dan ringan, membuat EOS M100 ini bisa jadi pilihan.

Canon EOS M100 - Tombol

Apalagi soal tombol-tombolnya, kamera mirrorless yang satu ini tidak bikin ribet. Kalau kamu lihat, sekilas tombol-tombolnya seperti kamera digital (pocket) Canon, simple banget. Padahal ini mirrorless. Nah dari kesederhanaan tombol-tombolnya ini tentu menjadi keuntungan bagi vlogger untuk mengontrol settingan kamera ini dengan mudah.

Kamera mirrorless Canon EOS M100 ini ada 3 pilihan warna : Hitam, Putih, dan Abu-abu. Yang keren itu dibagian body depan ada semacam lapisan karet dan itu keren sih. Fungsinya tentu buat pegangan biar nggak licin.

Spesifikasi Canon EOS M100

Masalah fisik bisa kalian nilai sendiri ya, sekarang beralih ke spesifikasi inti dan fitur-fiturnya. Nah bagian ini cukup ‘kaya’, meskipun dari sisi tampilan kamera ini terlihat biasa, tetapi spesifikasinya sudah sangat mencukupi.

Prosesor dan Sensor

Ya, EOS M100  ini telah menggunakan prosesor gambar Digic 7 dari Canon. Yang mana ini merupakan prosesor gambar paling baru dari Canon. Kamera Canon baik yang DSLR maupun Mirrorless kelas atas juga pakai Digic 7.

Canon EOS M100 - SensorUntuk sensornya sendiri, EOS M100 menggunakan sensor APS-C CMOS 24,2 megapiksel. Entah mengapa Canon tidak mengeluarkan mirrorless yang menggunakan sensor fullframe. Tetapi dengan APS-C ini sudah cukup sih.

Kemudian juga ada Dual Pixel CMOS AF. Ini memungkinkan untuk penggunaan continous autofucus yang lebih baik. Jadi kalau buat video auto focusnya bisa lebih cepat. Biasanya kan vlogger banyak gerak-gerak tuh, jadi sangat penting memilih kamera yang punya AF cepat.

Dengan adanya prosesor dan fitur ini, membuat kelas EOS M100 setara dengan EOS M5 maupun M6.

Baca juga : Mending Pilih Kamera Mirrorless Canon EOS M6 atau EOS M5?

Untuk angka ISO, Canon EOS M100 memiliki ISO maksimal yakni ISO 25.600. Dengan kemampuan merekam video kualitas Full HD 60p. Sudah cocok buat yang suka bikin video slow mo.

Sedangkan untuk kebutuhan foto, kamera ini kecepatan 4 fps. Artinya dalam satu detik bisa jepret 4 frame foto, itu jika AF dalam mode pelacakan. Namun jika dalam mode AF Lock, maka bisa 6,1 fps (frame per second).

Lensa Pendukung

Ketika membeli kamera mirrorless, akan ada beberapa pilihan. Pihak Canon sendiri menjual EOS M100 dengan tiga pilihan yang dibedakan dari lensa kit yang didapatkan.

  1. Canon EOS M100 + Lensa Kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM
  2. Canon EOS M100 + Lensa Kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM + EF-M 55-200mm f/4.5-6.3 IS STM
  3. Canon EOS M100 + Lensa Kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM + EF-M 22mm f/2.0 STM

Nah, kalau dilihat Canon EOS M100 ini memang mendukung lensa EF-M Canon. Tetapi kalau kamu punya lensa tipe EF atau EF-S juga bisa digunakan, dengan catatan harus menggunakan adaptor yang dibeli sendiri.

Layar Canon EOS M100

Canon EOS M100_layar

Kamera mirrorless ini cocok untuk vlogger, salah satu alasannya karena layar yang bisa diputar 180 derajat penuh. Dengan di flip dengan depan, kamu bisa melalukan selfie atau perekaman dengan sempurna.

Layar dari EOS M100 ini berukuran 3 inci dan sudah touchscreen.

Fitur dan Konektivitas Canon EOS M100

Masalah konektivitas, kamera ini sudah dilengkap dengan Wi-Fi, NFC dan Bluetooth. Jadi kalau mau transfer file ke smartphone akan lebih mudah dan cepat. Selain itu smartphone juga bisa digunakan sebagai remote kontrol. Tinggal jalankan aplikasi Camera Connect milik Canon.

Canon EOS M100 menggunakan media penyimpanan kartu SDXC/SDHC/SD. Selain itu juga kompatibel dengan UHS-I.

Sedangkan baterainya sendiri menggunakan tipe LP-E12 berkapasitas 875 mAh, dan mampu mengambil foto hingga 295 jepretan.

Canon EOS M100 saat ini di Indonesia dihargai sekitar Rp 7,4 juta. Itu yang pakai lensa kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM ya. Di beberapa marketplace Indonesia pun ada yang menjualnya di bawah itu ada pula yang di atasnya. Tinggal kamu pintar-pintar membelinya saja.

Nah di bawah LhaGeek rekomendasikan juga beberapa link pembelian untuk Canon EOS M100 ini.

  • Canon EOS M100 + EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM : Lazada
  • Canon EOS M100 + EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM : MatahariMall

Nah semoga dengan informasi kamu bisa mendapatkan referensi tambahan. Terlebih jika kamu sedang mencari kamera untuk vlog. Menurut LhaGeek, kamera ini tergolong cukup terjangkau harganya. Namun dari spesifikasinya sudah sangat mumpuni. Apalagi ini kamera mirrorless, bukan kamera pocket, sehingga lensanya bisa diganti-ganti. Kira-kira menurut mu gimana kamera mirrorless ini? Doakan ya LhaGeek bisa mencoba kamera ini, semoga saja bisa diendorse sama Canon. #eh Aamiiin deh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here