Mending Pilih Kamera Mirrorless Canon EOS M6 atau EOS M5?

Canon EOS M6 vs M5

Pilihan kamera mirrorless sekarang ini beragam, mulai dari merek Canon, Nikon, Fujifilm, Lumix, Sony, dll. Masing-masing merek pun punya beragam tipe lagi yang kadang bikin pusing milihnya. Kalau saat ini kamu pengen punya kamera mirrorless merek Canon, artikel ini sedikit membantu kamu.

Kali ini LhaGeek ingin mencoba memberikan pencerahan dan perbandingan antara kamera mirrorless Canon EOS M6 dengan EOS M5. Kedua kamera ini beda generasi. EOS M6 sendiri merupakan tipe yang digunakan untuk menggantikan EOS M3. Bukan menggantikan sih, lebih tepatnya replaced Canon EOS M3. Ya seperti itulah.

Dari segi umur, Canon EOS M6 lebih muda. Diperkenalkan pada Februari 2017, sedangkan EOS M5 pada September 2016. Meski beda setahun, kedua kamera ini punya spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dibilang spesifikasi intinya sama.

Sebut saja masalah sensor. Kedua kamera mirrorless ini sama memiliki sensor APS-C dengan ukuran 24MP. Kemudian sama-sama memiliki rentang ISO 100 - 25600. Kualitas video juga sama, maksimal resolusi adalah 1920 x 1080.

Fisik jadi pembeda

Hanya saja, ada beberapa bagian fisik yang membedakan kedua kamera ini. Salah satunya adalah viewfinder.

Canon-EOS-M5-vs-Canon-EOS-M6-top-view-size-comparison

Kamera Canon EOS M5 sudah build-in electronic viewfinder. Sedangkan EOS M6 tidak ada, tetapi bisa dipasangi electronic viewfinder eksternal dan kita perlu membelinya secara terpisah. Masalah keberadaan viewfinder ini jadi plus minus tersendiri. Bagi sebagian pengguna, merasa tidak nyaman atau kurang sreg dengan keberadaan viewfinder di EOS M5, karena body terlihat tidak ramping lagi. Padahal ciri mirrorless adalah body yang ramping.

Tetapi bagi sebagian yang lain, adanya viewfinder di EOS M5 menjadi solusi jika ingin memotret. Pasalnya memotret dengan menggunakan viewfinder akan lebih menghemat baterai, daripada melihatnya langsung lewat layar LCD.

Selain viewfinder, perbedaan lain terletak pada layarnya. Di EOS M5 memiliki layar LCD dengan ukuran yang lebih lebar, yakni 3.2 inci. Sedangkan di EOS M6 hanya 3 inci. Mungkin masalah ukuran ini tidak jadi masalah yang signifikan. Tetapi meskipun sudah sama-sama touchscreen dan Tilting Screen, keduanya punya perbedaan.

Di EOS M6 ini tilting screen bisa diputar ke atas, sedangkan EOS M5 malah ke bawah. Alhasil EOS M5 akan mengalami kendala jika digunakan saat menggunakan tripod dan untuk posisi selfie. Karena jika diputar ke bawah maka akan tertutup tripod.

Perbedaan terakhir menurut saya adalah dari bobotnya. Jelas, masalah bobot berbeda, dan EOS M5 lebih berat sedikit (475 g) dibanding M6 (390 g). Body dari EOS M5 soalnya juga sedikit lebih tebal.

Jadi pilih Canon EOS M5 atau M6?

Kembali ke topik utama, mungkin kalian akan bingung pilih EOS M5 atau M6. Tenang, sebenarnya tidak perlu ada yang dipusingkan. Mengingat dari segi jeroan semuanya sama, bedanya ya cuma itu tadi. Jadi menurut saya cara memilihnya adalah disesuaikan dengan kebutuhan.

Canon-EOS-M5-vs-Canon-EOS-M6-size-comparison

Kalau kamu mencari kamera mirrorless Canon ini untuk kebutuhan video khususnya vlog, maka Canon EOS M6 lebih direkomendasikan. Hal ini dikarenakan layarnya bisa diputar ke atas. Sehingga akan sangat sangat nyaman dan tidak mengganggu jika kamu suatu saat ingin vlogging dengan kamera ditaruh di tripod. Selain itu bobotnya juga lebih ringan, jadi enak kalau dibawa ke mana-mana.

Baca juga :

Sebaliknya, jika kamu lebih dominan untuk kebutuhan fotografi, Canon EOS M5 bisa jadi solusi. Adanya electronic viewfinder yang sudah dilengkapi sensor (LCD akan mati sendiri jika mata didekatkan ke viewfinder), memudahkan kamu buat yang suka memotret melalui viewfinder. Selain itu juga lebih hemat energi. Dan menurut saya, body dari EOS M5 ini pegangannya pas untuk kebutuhan fotografi.

Tetapi jika kamu tidak memusingkan masalah perbedaan di atas, berarti tidak perlu melihat kebutuhannya apa. Cukup lihat berapa budget yang dimilikinya. Soalnya kedua kamera mirrorless ini punya harga yang berbeda.

  • Canon EOS M6 Kit 15-45mm, dibanderol sekitar Rp 10 jutaan. Cek harga di Lazada | Blibli
  • Canon EOS M5 Kit 15-45mm, dibanderol sekitar Rp 13 jutaan. Cek harga di Lazada | Blibli

Perbedaan harganya cukup signifikan memang. Kalau melihat perbedaannya di atas, tentu akan jadi kebimbangan sendiri. :D Cuma kalau LhaGeek disuruh pilih, mending pilih Canon EOS M6 Kit 15-45mm. Dengan pertimbangan harga yang lebih murah, dan tentunya fitur LCD yang bisa diputar ke atas.

Kalau perihal perbandingan hasil foto, mungkin saya hanya bisa sematkan score dari cameradecision.com berikut ini.

Perbandingan Hasil Foto Canon EOS M6 dengan M5

So, itu sedikit info dari LhaGeek, kalau ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih, tunggu info mengenai gadget dan kamera lainnya di blog ini.



Baca juga :



One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *