Dengan Harga Rp 999rb, Xiaomi Redmi 5A Layak Untuk Dibeli?

Xiaomi Redmi 5A

Hari ini, Rabu (20/12/2017), Xiaomi Indonesia telah mengumumkan harga resmi smartphone terbarunya yaitu Xiaomi Redmi 5A. Denger-denger sih banyak yang seneng, karena harganya murah. Bawa duit sejuta dapat kembalian seribu rupiah. Itu untuk Redmi 5A yang RAM 2GB/ROM 16GB.

Sebenarnya bukan yang pertama kali Xiaomi memberikan harga produk-produknya yang bisa membunuh merek lain. Sebelumnya juga ada Xiaomi Mi A1 yang harganya juga bisa dikatakan murah dikelasnya.

Tetapi apakah kehadiran Xiaomi Redmi 5A (2GB/16GB) dengan harga pas Rp 999.000 ini layak untuk dibeli oleh masyarakat Indonesia di era sekarang ini?

Karena kita tahu sendiri kalau sekarang ini kebutuhan masyarakat akan sebuah smartphone sudah meningkat. Banyak yang mencari smartphone dengan fitur-fitur terkini, seperti sensor sidik jari, dual kamera, dan lainnya. Lantas, di Redmi 5A ini apakah fitur-fitur tersebut ada? Kalau pun tidak ada, apa yang bisa diandalkan?

Xiaomi Redmi 5A - Layar

Mungkin kita coba lihat dulu spesifikasinya saja.

Untuk tipe ini ada dua seri, yakni yang menggunakan RAM 2GB/ROM 16GB dan 3GB / 32GB. Semuanya sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1.4GHz. Prosesor ini termasuk prosesor kelas bawah, tidak mungkin dengan harga kurang dari Rp 1 juta pakainya yang S625.

Untuk baterainya sendiri berkapasitas 3.000 mAh, yang katanya bisa bertahan hingga 7 jam. Saya kurang tahu apakah sudah fast charging atau belum.

Kameranya bisa dikatakan punya spek yang standard. Kamera belakangnya 13MP PDAF Rear Camera dengan aperture f/2.2, single LED Flash, sedangkan kamera depan hanya 5 MP saja. Bicara soal kualitas hasil kamera, bagi yang sudah pernah pakai Xiaomi pasti tahulah. Dengan ukuran 13 MP hasilnya bisa dikatakan standard a.k.a cukup. Tidak bagus, dan tidak jelek, tapi cukup detail.

Smartphone ini punya hybrid SIM. Bisa pakai 2 SIM Card dan 1 micro SD.

Xiaomi Redmi 5A - SIM

Xiaomi Redmi 5A menggunakan layar 5 inci berkualitas HD (720p). Dan dari sisi sistem operasi dibekali Android 7.1.2 (Nougat) dengan user interface MIUI 9.

Sensor-sensor

Jangan berharap mendapatkan sensor sidik jari di Redmi 5A ini, karena ponsel ini hanya terbenam sensor Infrared, Accelerometer, Proximity sensor, dan Ambient light sensor.

Sebenarnya kalau kamu mengikuti perkembangan Xiaomi, spesifikasi Redmi 5A ini hampir sama dengan Redmi 4A. Justru di Redmi 5A ini ada yang dikurangi. Semisal tidak adanya sensor Gyro, yang mana di Redmi 4A ada. Kemudian soal kapasitas baterai yang sedikit dikurangi, dari 3120 mAh (Redmi 4A) jadi 3000 mAh (Redmi 5A).

Itulah yang menyebabkan harga Xiaomi Redmi 5A lebih murah.

"Kalau spesifikasi sama, kenapa harus mengeluarkan produk baru? Redmi 4A buat apa?"

Wah kalauĀ  ini tanya saja sama tim marketing Xiaominya. :D Tetapi sekarang ini saya lihat dari pihak Xiaomi sudah membatasi penjualan Redmi 4A yang seri RAM 2GB / 16GB. Yang ada sekarang ini dengan RAM 2GB / 32GB. Mungkin ini juga agar bisa menjadi strategi dan pembanding bagi konsumen ketika ingin membeli produk ini. May be!

Lalu kembali ke layak atau tidak layak, sebenarnya ini relatif. Semua itu tergantung dari kamu. Kalau kamu memang orang yang belum pernah punya smartphone atau sekadar membeli smartphone untuk hadiah orang yang menggunakan smartphone untuk hal-hal standard, Xiaomi Redmi 5A ini layak dibeli, karena harganya murah.

Intinya menurut saya, Xiaomi Redmi 5A ini sangat layak untuk dimiliki. Hal ini didasarkan pada harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitor lain yang memiliki spesifikasi sama. Brand-brand lain dengan spesifikasi seperti itu harganya masih kisaran Rp 1,5 jutaan.

Namun, saya juga menyadari kalau ponsel ini tergolong ponselĀ entry level. Dari spesifikasi yang diberikan, jangan terlalu berharap muluk-muluk. Akan tetapi ponsel ini sudah cocok untuk digunakan harian.

Atau ponsel ini cocok untuk orang tua yang cuma pengen main WhatsApp untuk komunikasi dengan saudara-saudara jauhnya, untuk pebisnis yang ingin menambah ponsel karena SIM Cardnya banyak.

Kalau menurut mu gimana? Tertarik nggak buat beli? Owh ya, ponsel ini akan dijual dipasaran mulai Rabu, 27 Desember 2017 pukul 11.00 WIB melalui Mi Store dan Lazada. Link pembeliannya ada di bawah.

*Update : Karena flash sale pada Rabu, 27 Desember 2017 ludes terjual dalam hitungan menit. Xiaomi akan kembali mengadakan flash sale di Lazada pada Rabu, 3 Januari 2018 mulai pukul 11.00 WIB. Bagi yang ingin membeli, sebaiknya siap sedia sebelum pukul 11.00 WIB untuk mengantisipasi kehabisan stock.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *