5 Rekomendasi SSD Harga Rp 1 Juta ke Bawah yang Berkualitas

Rekomendasi SSD

Sepertinya sekarang ini buat pengguna komputer PC/Laptop yang tahu soal performa SSD, pengen langsung upgrade dari HDD ke SSD. Tapi karena sekarang ini pilihan SSD juga banyak sekali, malah jadi bingung. Apalagi harga SSD itu masih terbilang cukup mahal. Banyak sih yang nanya minta rekomendasi SSD harga Rp 1 jutaan ke bawah tapi yang berkualitas.

Itu sudah ciri khas orang kita rasanya ya, pengennya dapat harga yang murah tapi kualitasnya oke.

Tenang saja, di Lhageek akan selalu kami berikan rekomendasinya. Produk yang kami rekomendasikan secara umum memiliki kualitas yang bagus, bukan karena dilihat dari mata Lhageek sendiri tetapi dilihat dari banyaknya pengguna yang sudah merasakan.

Nah kali ini di 5 RekomendasiLhageek ingin memberikan rekomendasi produk SSD dengan harga di bawah Rp 1 juta. Karena banyak sekali yang pengen punya SSD tetapi budget mentok di Rp 1 jutaan. Sebenarnya banyak produk SSD yang harganya di bawah Rp 1 juta, tetapi untuk mendapatkan yang kualitas baik diantara yang baik lainnya itu yang kadang bingung.

Dari sekian merek dan tipe SSD yang ada, berikut ini rekomendasi dari Lhageek.

No Item Harga Detail
1 Galax SSD Gamer L Series 240GB +- Rp 920.000 klik di sini
2 GALAX ONE SSD 120GB +- Rp 790.000 klik di sini
3 Gloway SSD Fervent Series 240GB +- Rp 880.000 klik di sini
4 GEIL SSD Zenith R3 240GB +- Rp 880.000 klik di sini
5 SSD WD Green 240GB +- Rp 800.000 klik di sini

Mungkin kalian akan menganggap kok SSD merek A tidak masuk rekomendasi? Kok SSD yang itu malah masuk? Ya itu terserah kamu sih, kan ini rekomendasi dari kami. Hehe.

Untuk detail masing-masing SSD di atas seperti ini.

1. Galax SSD Gamer L Series 240GB

SSD Galax Gamer L 240GB

SSD Galax adalah salah satu SSD yang laris digunakan. Karena menawarkan harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang bagus. Tetapi yang cukup laris sebenarnya yang varian 120GB, dimana harganya sekitar Rp 500ribuan saja. Ini juga jadi rekomendasi kami, tetapi jika bicara soal kualitas, maka kami merekomendasikan yang varian 240GB saja karena memiliki kecepatan yang lebih baik.

SSD Galax Gamer L 240GB ini memiliki Actual Capacity sebesar Rp 223.57 GB dan menggunakan interface SATAIII (6Gb/s).

Untuk Sequential Read Speed up to 560 MB/s sedangkan Sequential Write Speed  up to 500 MB/s. Owh ya, ini berlaku untuk penggunakan di interface SATAIII ya, kalau perangkat kamu belum support SATAIII atau cuma SATAII, kecepatan tidak bisa sampai segitu. Tetapi sudah lebih cepat dari HDD.

Baca juga:  Apa itu Rapid Mode di SSD Samsung?

Untuk IOPS-nya segini Max random 4K Read/Write2 : 81,000/46,000 IOPS

SSD ini menggunakan jenis memori Flash TLC NAND flash. Perlu kamu ketahui, saat ini SSD memiliki 4 jenis memori, yang pertama dan diurutkan yang paling bagus adalah : 3D VNAND, NAND SLC, NAND MLC, dan NAND TLC.

Kapan-kapan akan kami jelaskan mengenai perbedaannya.

^^kembali ke harga beli SSD Galax Gamer L 240GB

2. Galax ONE SSD 120GB Built with TOSHIBA BiCS3 3D Flash

SSD Galax One

Masih dari merek Galax, tetapi kali ini adalah seri Galax One. Di mana ini adalah seri terbaru SSD Galax. Ada perbedaan yang mencolok dibanding seri sebelumnya (Galax Gamer L). Di Galax One ini sudah menggunakan jenis memori 3D NAND Flash ( Toshiba BiCS3 3D 64Layer TLC).

Sehingga SSD ini mampu memiliki umur Read/Write yang lebih lama dan akurasi yang lebih tinggi. 3D NAND Flash ini hampir sama dengan NAND MLC tetapi lebih unggul sedikit.

Galax One 120GB ini memiliki interface SATA III tetapi juga masih mendukung SATA I/II. Untuk kecepatan SSD ini adalah :

  • Max Read/Write Speed : 520/420 MB/s
  • Max 4K-64Thrd Read/Write (IOPS) : 75,000 / 70,000

^^kembali ke harga beli SSD Galax One 120GB

3. SSD Gloway Fervent Series 240GB

SSD Gloway 240GB

SSD berkualitas dengan harga di bawah Rp 1 juta lainnya adalah Gloway SSD Fervent Series 240GB. SSD ini menggunakan jenis memori Flash MLC, jadi ya rata-rata lah. Interfacenya SATA III dan memiliki Shockproof. Garansinya sendiri 3 tahun. Owh ya, yang di atas-atas itu garansi juga 3 tahun.

^^kembali ke harga beli SSD Gloway Fervent Series 240GB

4. SSD GEIL Zenith R3 240GB

SSD Zenith 240GB

Selain itu ada juga GEIL SSD Zenith R3. SSD ini masih menggunakan jenis memori flash NAND TLC. Untuk kecepatan Read bisa sampai 530MB/s dan Write bisa sampai 420MB/s.

Untuk Mean Time Between Failures nya bisa sampai 2 Million Hours. Garansi SSD ini juga 3 tahun. Kalau dibandingkan dengan nomor 3, lebih baik yang nomor 3 karena sudah menggunakan jenis memori MLC.

^^kembali ke harga beli SSD GEIL Zenith R3 240GB

5. SSD WD Green 240GB

SSD WD Green 240GB

WD (Western Digital) adalah salah satu merek yang cukup populer untuk produk-produk storage. Dan di produk SSD ini WD juga punya produk dengan harga terjangkau. Untuk seri ini SSD nya juga menggunakan jenis memori flash NAND TLC.

Memiliki Sequential read speeds of up to 545MB/s. Garansinya 3 tahun juga.

^^kembali ke harga beli SSD WD Green 240GB

Itulah 5 Rekomendasi dari kami, kalau saja kamu ada rekomendasi lain bisa kok ditulis di komentar.

Baca juga :

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *