Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Spesifikasi & Harga Fujifilm X-A20 Mirrorless Untuk Pemula

Fujifilm X-A20

Buat yang pengen punya kamera digital mirrorless dari Fujifilm supaya bisa upload-upload foto pakai caption Terfujilah“, kamera Fujifilm yang satu ini cocok untuk kamu coba. Apalagi jika kamu adalah pemula dalam dunia fotografi. Kamera ini adalah Fujifilm X-A20.

Meski untuk pemula, tapi spesifikasi Fujifilm X-A20 ini sudah cukup mumpuni, dan harganya pun sangat terjangkau sekali. Ada banyak hal yang membuat mirroless ini memang cocok untuk pemula, selain dari harganya tersebut.

Beberapa alasan itu akan sedikit kami ulas di sini.

Fujifilm X-A20 mirrorless

Desain Fisik Fujifilm X-A20

Kalau dilihat, sekilas bentuknya mirip dengan seri sebelumnya, Fujifilm X-A10. Di bagian sisi pojok-pojoknya memiliki desain yang melengkung, menurut kami sih malah enak buat dipegang.

Desain - Fujifilm X-A20

Kamera ini juga terlihat tebal ya, tapi jangan takut, beratnya sangat ringan kok. Total jika dengan lensa kit hanya 494 gram saja.

Dan pegangannya itu sangat ergonomic.

Lensa Kit Fujifilm X-A20

Dalam pembelian resminya, Fujifilm X-A20 ini sudah dibekali lensa kit. Kalau di seri X-A10 ukuran lensa kitnya adalah 16-50mm, lensa kit Fujifilm X-A20 ini adalah Fujinon XC 15-45mm OIS PZ F/3.5 – 5.6. Sama dengan lensa milik X-T100.

Kualitas lensanya sih standart ya. Mountingnya masih berbahan plastik.

Karena ukurannya lebih wide, jadi kalau dipasang di body X-A20 kesannya lebih mungil. Kalau yang X-A10 kan lensanya terlihat panjang gitu. Keuntungannya ya jadi lebih simple dan enak dibawa.

Lensanya ini adalah tipe elektrik. Jadi kalau kamera kamu nyalain, lensanya akan menjulur keluar. Dan karena elektrik, suaranya masih agak kasar. Lensanya juga sudah dilengkapi stabilizer OIS (Optical Image Stabiblization), tapi kalau bodynya tidak ada stabilizernya.

Spesifikasi Teknis Fujifilm X-A20

Kamera mirrorless Fujifilm X-A20 ini masih menggunakan sensor APS-C CMOS 16.3 MP. Untuk ISO nya maksimal diangka 25.600, dan untuk low light sudah bagus sekali. Lalu LCD nya sudah touchscreen dengan ukruan 3.0 inci dan bisa diputar 180 derajat ke atas. Cocok untuk yang mau nge-vlog atau cuma pengen foto selfie.

Selfie - Fujifilm X-A20

Kualitas video recording kamera ini maksimal adalah Full HD 30fps, tapi jika ingin pakai yang 60fps kamu perlu ganti kualitasnya di HD. Dan untuk foto bisa mendukung macro photography. Buat yang suka makro-makroan cocok nih kamera.

Mode dial, tombol-tombol dan menu yang ada di X-A20 ini menurut kami juga sangat simple dan mudah dipahami untuk pengguna awam atau pemula. Sesuailah untuk kamera mirrorless entry level.

Konektivitas Fujifilm X-A20

Untuk mendukung konektivitas dengan perangkat lain, Fujifilm X-A20 ini sudah Wi-Fi built-in. Bisa langsung terhubung ke smartphone hanya melalui wi-fi dan bisa dikontrol lewat smartphone menggunakan aplikasi Remote Kamera Fuji.

Selain ada Wi-Fi juga ada port micro USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan remote release cable RR-90 dan juga untuk mengisi ulang baterai. Jadi Fujifilm X-A20 ini kalau mau mengisi baterai, langsung dicolok ke kameranya langsung. Bisa saja baterainya di lepas, tapi kamu perlu beli charger external sendiri.

Port lainnya adalah HDMI untuk colokan untuk microphone tidak ada. Owh ya, hotshoe juga tidak ada di kamera ini.

Fitur Kamera Mirrorless Fujifilm X-A20

Fitur-fitur tidak akan kami jelaskan banyak sih, tetapi beberapa fitur yang bisa kamu maksimalkan adalah

Selfie mode

Fitur ini menawarkan fungsi dan hasil foto selfie yang bagus. Mulai dari cara pengambilan yang bisa dilakukan dengan mengetuk layar LCD nya agar tidak goncang, kemudian adanya timer untuk selfie dimana menggunakan smile shutter. Ketika kamu senyum maka akan menangkap gambar.

Kemudian juga ada group self-portrait yang akan otomatis mengambil gambar ketika semua orang sudah masuk dalam frame.

Portrait skin model

Fitur ini akan membuat hasil foto selfie kamu tambah cantik dan ganteng karena kamera akan otomatis menyesuaikan warna kulit kamu.

Fungsi creative shooting

Ada 15 filter yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto-foto yang artistik dan kualitas bagus. Kemudian adanya Film simulation juga membuat pengguna bisa memilih 6 pilihan warna klasik khas Fujifilm.

Hasil Foto Fujifilm X-A20

Inilah beberapa hasil foto yang sudah diuji oleh rekan kami Indra Prihantoro (@jualkamera)

Hasil Foto Siang II - Fujifilm X-A20

Copyright YouTube @Indra Prihantoro

Hasil Foto Siang - Fujifilm X-A20

Copyright YouTube @Indra Prihantoro

Hasil Foto Malam II - Fujifilm X-A20

Copyright YouTube @Indra Prihantoro

Hasil Foto Malam - Fujifilm X-A20

Copyright YouTube @Indra Prihantoro


***

Link Pembelian : Bukalapak | Tokopedia

Itulah spesifikasi Fujifilm X-A20 yang kalau dilihat memang tidak terlalu wah tetapi juga tidak terlalu ih. Wajar sih, soalnya harganya sendiri cuma Rp 6 jutaan. Ya menurut Lhageek dengan harga segitu worth it lah dapat kamera mirrorless dengan spesifikasi seperti itu.

Kamu mungkin juga suka :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.