Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lakukan 9 Cara Ini Untuk Merawat Laptop Baru

Merawat Laptop Baru

Lhageek.com, Merawat Laptop Baru Memiliki laptop baru bukan berarti kamu harus membiarkannya begitu saja. Semakin rutin kamu merawatnya, maka laptop tersebut juga akan bisa tahan lama.

Jangan sampai karena kamu asal pakai, laptop tersebut jadi cepat menurun umurnya. Nah untuk itu mumpung laptop masih baru, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk merawat laptop baru supaya tetap awet bertahun-tahun.

Berikut adalah 9 cara merawat laptop baru yang bisa kamu coba

Merawat Laptop Baru

1. Selalu matikan laptop

Tidak seperti PC desktop, laptop harus dimatikan saat tidak digunakan. Mematikannya ketika tidak digunakan akan mencegah laptop memanas lebih cepat, sambil memberikan istirahat untuk perangkat favorit Kamu.

2. Perhatikan cara mengemasnya

Jangan pernah membawa laptop dalam keadaan stand by atau siaga, karena akan merusak hard drive. Juga, ketika ditempatkan di dalam tas, jangan menutup ritsleting sepenuhnya karena tidak ada sirkulasi udara. Tips lainnya, jangan membawa terlalu banyak barang bawaan di dalam tas. Karena pada akhirnya, beban yang terlalu berat dapat menekan layar sehingga menyebabkan kerusakan.

3. Pembaruan BIOS

Seperti halnya program aplikasi dan driver perangkat keras, BIOS juga harus diperbarui untuk memastikan bahwa telah memiliki versi terbaru. Secara umum, pembaruan BIOS akan meningkatkan kinerja sehingga kompatibilitas antara perangkat keras dan perangkat lunak tetap terjaga. Untuk melakukan ini, cukup kunjungi situs web produsen laptop untuk mendapatkan pembaruan BIOS. Tetapi jika Kamu takut gagal, Kamu dapat pergi ke teknisi komputer untuk melakukannya.

4. Hapus bloatware

Bloatware adalah perangkat lunak promosi yang termasuk dalam merek laptop. Kemudian, setelah kamu dapat membeli sebuah laptop baru, maka kamu dapat mencoba hapus Bloatware dengan kemudian masuk ke Control Panel, setelahnya kamu dapat memilih Program dan Fitur, setelah itu dapat menhapus instalan perangkat lunak yang mencurigakan atau tidak perlu dari daftar program. Dengan cara ini, aplikasi tambahan ini tidak mengkonsumsi RAM dan memuat kinerja laptop.

Baca juga : Tips Membuat Kinerja Laptop Tetap Seperti Baru

5. Lindungi dengan perangkat lunak antivirus

Di era serangan dunia maya yang mencakup ancaman malware, spyware, atau ransomware, Kamu harus menginstal perangkat lunak keamanan yang kuat di sistem Kamu. Instalasi perangkat lunak antivirus diperlukan karena memiliki fitur keamanan tambahan secara real time.

6. Unduh perangkat lunak atau aplikasi dengan bijak

Jangan mengunduh perangkat lunak atau aplikasi secara sewenang-wenang ketika mereka berasal dari situs yang tidak jelas. Meskipun gratis, terkadang perangkat lunak tertentu disusupi oleh virus. Ketika virus memasuki laptop, hal tersebut dapat merusak sistem yang bekerja pada perangkat portabel favorit Kamu.

7. Perbarui sistem operasi secara rutin.

Terkadang, masih banyak pengguna laptop yang enggan memperbarui aplikasi atau perangkat lunak karena mereka merasa sudah kehilangan kuota dan membuat penyimpanan semakin penuh saja. Meskipun pembaruan rutin adalah bentuk pemeliharaan untuk laptop. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan atau kesenjangan, sehingga mengoptimalkan kinerja laptop. Pembaruan berkala juga memungkinkan Kamu untuk menikmati fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh para pengembang dan meminimalkan kerusakan pada sistem operasi.

Baca juga : Alasan Kamu Harus Menggunakan Sistem Operasi yang Up to Date

8. Cabut periferal atau aksesori dari laptop

Setiap kali laptop tidak digunakan, bahkan untuk jangka waktu singkat, ingatlah untuk melepas aksesori yang terpasang pada laptop. Bagaimana tidak melepas baterai dari laptop dari stopkontak meskipun baterainya penuh. Selain itu, sangat penting untuk melepaskan periferal apa pun sebelum memasukkan laptop ke dalam tas, agar laptop dan periferal tidak cepat rusak.

9. Bersihkan laptop secara teratur

Usahakan untuk selalu rutin, setidaknya tiga minggu, periksa dan bersihkan komponen keras dari laptop. Seperti yang Kamu tahu, debu adalah salah satu masalah utama laptop. Jika tidak dibersihkan, debu yang menumpuk di antara ventilasi, motherboard dan kipas laptop mungkin terlalu panas. Kamu dapat membersihkannya sendiri dengan kain lembut dan kapas untuk mencapai sudut sempit laptop, seperti kipas pendingin.

Semoga tips sebelumnya dapat bermanfaat. Karena itu, jangan malas dan meremehkan kondisi laptop baru.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.