Tips Membuat Kinerja Laptop Tetap Seperti Baru

Performa Laptop

Lhageek.com, Meningkatkan Kinerja Laptop – Sudahkah kamu menggunakan laptop cukup lama dan apakah kamu merasakan penurunan kinerja? Hal ini sangat sering dialami oleh pengguna laptop pada umumnya. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, dan seringkali pengguna sendiri lalai dalam merawat laptop mereka.

Untuk membuat kinerja laptop kamu seperti baru, kamu harus melakukan pemeliharaan rutin dan menghabiskan sedikit waktu pada perangkat tersebut.

Membeli laptop baru tentu bukan pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu menerapkan beberapa langkah sederhana ini untuk membuat notebook tetap fresh saat pertama kali menggunakannya.

Baca juga : Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Performa Laptop

1. Simpan File di Direktori yang Benar

Penurunan kinerja pada laptop biasanya disebabkan oleh kebiasaannya menyimpan file di direktori yang salah. Jangan letakkan file di desktop. Kamu dapat menggunakan metode ini agar lebih mudah mengakses file.

Namun, metode ini justru membuat komputer lambat. Tempatkan file dalam direktori khusus yang tidak ada atau bukan di desktop. Selain itu, Kamu juga harus menghapus beberapa pintasan aplikasi yang mungkin tidak diperlukan di dalam desktop ini. 

2. Apakah kamu menginstal banyak game di laptop?

Game biasanya sangat besar, untuk puluhan gigabyte. Jika kamu menginstalnya di direktori C, kapasitas penyimpanan data yang tersisa akan sangat kecil. Akibatnya, laptop jadi lambat. Apakah kamu ingin mendapatkan kinerja yang lebih baik? Cukup instal game di direktori lain. Selain itu, Kamu juga harus menghapus game yang tidak lagi kamu mainkan.

3. Bosan menunggu booting laptop yang sangat panjang?

Proses startup harus dapat berjalan dalam waktu singkat. Namun, kelalaian kamu tentunya dapat membuatnya lambat. Kamu harus mengkonfigurasi program startup di laptop Kamu. Program-program ini berjalan secara otomatis ketika laptop dihidupkan. Fitur ini cukup praktis karena Kamu tidak perlu mengakses program satu per satu.

Baca juga:  Asus X540LJ, Notebook Core i3 Layar 15,6" Tapi Bobot Ringan

Namun, fungsi ini juga memperlambat laptop saat startup jika terlalu banyak program yang dijalankan. Untuk menghapus program yang tidak begitu penting dari daftar program startup, Kamu dapat mengakses ‘msconfig’ di Windows. Hapus program startup yang mungkin tidak terlalu berguna untuk Kamu. Setelah itu, nyalakan kembali notebook Kamu dan lihat perbedaannya.

4. File sementara atau temporary file juga bisa menjadi musuh kinerja laptop Kamu

File adalah data sementara yang tidak benar-benar dibutuhkan laptop Kamu. Untuk menghapus file, Kamu hanya perlu mengakses pembersihan disk. File-file di tempat sampah juga harus dihapus jika mereka benar-benar tidak masalah.

Jika Kamu suka menonton film atau bermain game, tentu saja, Kamu perlu lebih banyak kapasitas untuk menyimpan data. Jangan menyimpan file di hard drive laptop. Beli hard drive eksternal dengan kapasitas besar. Masih terkait dengan data notebook, Kamu juga perlu defrag disk sebulan sekali.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Beli Laptop Baru

5. Virus dapat menjadi penyebab utama lambatnya kinerja laptop Kamu

Virus tidak hanya menghilangkan atau menyembunyikan file penting. Virus bisa jauh lebih menyebalkan, gunakan perangkat lunak antivirus yang dapat dengan mudah diperoleh di Internet untuk menangani masalah ini. Banyak opsi antivirus gratis tersedia di Internet. Meski gratis, antivirusnya tetap berkualitas.

Kamu masih bisa mempercayainya untuk melindungi laptop Kamu dari virus yang mengganggu. Jika Kamu menginginkan perlindungan yang lebih baik, Kamu dapat membeli antivirus premium, yang tentu saja tidak murah. Namun, harga tetap rasional jika dilihat dari proteksi yang akan Kamu dapatkan.

Demikian adalah beberapa tips untuk membuat laptop kamu tetap seperti baru, walau kamu telah menggunakannya lama.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *