Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Tips Beli Laptop Baru

Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu | Buat kamu yang ingin membeli laptop baru, sebaiknya jangan buru-buru. Meskipun duitmu sudah cukup, tapi sebaiknya cek dulu semuanya agar kamu benar-benar mendapatkan laptop baru yang sesuai dengan kebutuhanmu. Itu kuncinya, sesuai kebutuhan.

Kalau kamu lihat brosur harga laptop sekarang ini, pasti akan lihat banyak sekali varian dan tipe laptopnya. Dari satu brand saja tipenya macam-macam. Saya yakin kalau orang awam bakal nggak tahu bedanya apa dan hanya melihat harganya saja. Nah ini kadang yang dimanfaatkan penjual untuk menawarkan laptop yang lagi laku dipasaran. Dan itu kadang bukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Kalau belinya online, kamu juga perlu teliti. Pastikan spesifikasi sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Memang agak rumit sih kalau bicara soal spesifikasi. Tapi intinya begini kalau mau beli laptop baru itu.

Tips Beli Laptop Baru

1. Pastikan Budget Kamu Berapa Dulu

Kan laptop sekarang itu variannya banyak banget tuh. Sebaiknya kamu sesuaikan budget kamu berapa dulu. Misalnya anggaran buat beli laptop maksimal Rp 7 juta, berarti kamu ya harus cari yang di bawah Rp 7 juta. Atau kalau nanti yang di bawah Rp 7 juta tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan, cari yang Rp 7 juta lebih dikit.

Kamu bisa lihat di daftar harga laptop yang berada di anggaran mu terus lihat spesifikasinya apa saja.

2. Cari yang Paling Mendekati Kebutuhan

Oke, kamu sudah dapat daftar laptop yang harganya di bawah anggaran kamu. Kemudian lihat spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya kamu cari laptop yang akan digunakan untuk kebutuhan grafis. Artinya kamu perlu laptop dengan spesifikasi yang sudah terintegrasi dengan kartu grafis, prosesor yang cepat, dan RAM yang besar.

Intinya sesuaikan dengan kebutuhanmu beli laptop nanti untuk apa. Kalau kamu bingung dengan spesifikasi yang cocok, coba nanti kamu tulis saja di kolom komentar, saya akan bantu kasih rekomendasi spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhanmu.

3. Kalau Laptop Akan Digunakan Dalam Jangka Panjang, Sebaiknya Beli yang Bisa Diupgrade

Misalnya nih kamu sekarang masih SMP atau SMA, kemudian ingin beli laptop yang nanti bisa digunakan juga sewaktu SMA/Kuliah. Itu artinya kamu perlu laptop dari segi spesifikasi bisa digunakan dalam jangka panjang. Nah solusinya adalah kamu beli laptop yang spesifikasinya tinggi, kalau sekarang ya cari yang di atas Rp 10 juta.

Tidak punya duit? Ya beli yang standart saja, yang penting beli yang bisa diupgrade.

Apa saja yang bisa diupgrade? Media penyimpanan dan RAM

Dah dua itu saja. Media penyimpanan itu kalau misalnya kalau pas beli laptop baru ternyata masih pakai HDD belum SSD, ya sebaiknya beli laptop yang ada slot SSD nya. Agar nanti laptop kamu bisa diupgrade untuk dipasangi SSD. Atau sebenarnya juga tidak perlu yang ada slot SSD nya, yang penting ada DVD-ROM. Karena nanti ketika kamu mau upgrade HDD ke SSD, maka HDD akan dipindah ke tempat DVD-ROM, sedangkan SSD ditaruh di tempat HDD. Paham? Semoga paham

Live On XL

Baca juga : Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Ganti HDD Ke SSD

Sedangkan untuk RAM, cari laptop yang bisa diupgrade RAM nya. Tanyakan pada penjual apakah RAM bisa diupgrade dan slot RAM nya berapa. Akan lebih baik cari yang Dual Channel, atau dua slot RAM. Sehingga nanti kamu bisa upgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan mengupgrade ke SSD dan RAM di tambah kapasitasnya, laptop kamu akan tetap oke untuk dipakai bertahun-tahuan.

Baca juga : Jangan Upgrade RAM Dulu!

4. Beli di Official Online Store

Ini kalau kamu mau beli secara online, sebaiknya beli di Official Online Store. Biasanya di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, atau e-commerce Lazada, Blibli dll sudah ada. Ini kalau kamu takut terkena tipu misalnya barang tidak cocok atau lainnya. Sehingga nanti proses return dan after sales bisa dilakukan dengan mudah.

Tapi yang paling mudah adalah selalu konsultasi sama yang paham soal laptop. Kalau kamu memang awam soal laptop. Kamu juga bisa berkonsultasi di sini, tulis saja di kolom komentar di bawah sertakan nomor hp kamu, dan tulis kebutuhan laptop kamu seperti apa serta budgetnya berapa.

Nanti akan saya berikan rekomendasi yang cocok.

Inilah sedikit tentang tips membeli laptop baru agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat.

Kamu mungkin juga suka :


22 Comments
  • Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.