Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Tips Beli Laptop Baru

Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu | Buat kamu yang ingin membeli laptop baru, sebaiknya jangan buru-buru. Meskipun duitmu sudah cukup, tapi sebaiknya cek dulu semuanya agar kamu benar-benar mendapatkan laptop baru yang sesuai dengan kebutuhanmu. Itu kuncinya, sesuai kebutuhan.

Kalau kamu lihat brosur harga laptop sekarang ini, pasti akan lihat banyak sekali varian dan tipe laptopnya. Dari satu brand saja tipenya macam-macam. Saya yakin kalau orang awam bakal nggak tahu bedanya apa dan hanya melihat harganya saja. Nah ini kadang yang dimanfaatkan penjual untuk menawarkan laptop yang lagi laku dipasaran. Dan itu kadang bukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Kalau belinya online, kamu juga perlu teliti. Pastikan spesifikasi sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Memang agak rumit sih kalau bicara soal spesifikasi. Tapi intinya begini kalau mau beli laptop baru itu.

Tips Beli Laptop Baru

1. Pastikan Budget Kamu Berapa Dulu

Kan laptop sekarang itu variannya banyak banget tuh. Sebaiknya kamu sesuaikan budget kamu berapa dulu. Misalnya anggaran buat beli laptop maksimal Rp 7 juta, berarti kamu ya harus cari yang di bawah Rp 7 juta. Atau kalau nanti yang di bawah Rp 7 juta tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan, cari yang Rp 7 juta lebih dikit.

Kamu bisa lihat di daftar harga laptop yang berada di anggaran mu terus lihat spesifikasinya apa saja.

2. Cari yang Paling Mendekati Kebutuhan

Oke, kamu sudah dapat daftar laptop yang harganya di bawah anggaran kamu. Kemudian lihat spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya kamu cari laptop yang akan digunakan untuk kebutuhan grafis. Artinya kamu perlu laptop dengan spesifikasi yang sudah terintegrasi dengan kartu grafis, prosesor yang cepat, dan RAM yang besar.

Intinya sesuaikan dengan kebutuhanmu beli laptop nanti untuk apa. Kalau kamu bingung dengan spesifikasi yang cocok, coba nanti kamu tulis saja di kolom komentar, saya akan bantu kasih rekomendasi spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhanmu.

3. Kalau Laptop Akan Digunakan Dalam Jangka Panjang, Sebaiknya Beli yang Bisa Diupgrade

Misalnya nih kamu sekarang masih SMP atau SMA, kemudian ingin beli laptop yang nanti bisa digunakan juga sewaktu SMA/Kuliah. Itu artinya kamu perlu laptop dari segi spesifikasi bisa digunakan dalam jangka panjang. Nah solusinya adalah kamu beli laptop yang spesifikasinya tinggi, kalau sekarang ya cari yang di atas Rp 10 juta.

Baca juga:  ASUS Vivobook X541U-G01383D, Laptop Rp 5 Jutaan dengan 1 TB HDD

Tidak punya duit? Ya beli yang standart saja, yang penting beli yang bisa diupgrade.

Apa saja yang bisa diupgrade? Media penyimpanan dan RAM

Dah dua itu saja. Media penyimpanan itu kalau misalnya kalau pas beli laptop baru ternyata masih pakai HDD belum SSD, ya sebaiknya beli laptop yang ada slot SSD nya. Agar nanti laptop kamu bisa diupgrade untuk dipasangi SSD. Atau sebenarnya juga tidak perlu yang ada slot SSD nya, yang penting ada DVD-ROM. Karena nanti ketika kamu mau upgrade HDD ke SSD, maka HDD akan dipindah ke tempat DVD-ROM, sedangkan SSD ditaruh di tempat HDD. Paham? Semoga paham

Baca juga : Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Ganti HDD Ke SSD

Sedangkan untuk RAM, cari laptop yang bisa diupgrade RAM nya. Tanyakan pada penjual apakah RAM bisa diupgrade dan slot RAM nya berapa. Akan lebih baik cari yang Dual Channel, atau dua slot RAM. Sehingga nanti kamu bisa upgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan mengupgrade ke SSD dan RAM di tambah kapasitasnya, laptop kamu akan tetap oke untuk dipakai bertahun-tahuan.

Baca juga : Jangan Upgrade RAM Dulu!

4. Beli di Official Online Store

Ini kalau kamu mau beli secara online, sebaiknya beli di Official Online Store. Biasanya di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, atau e-commerce Lazada, Blibli dll sudah ada. Ini kalau kamu takut terkena tipu misalnya barang tidak cocok atau lainnya. Sehingga nanti proses return dan after sales bisa dilakukan dengan mudah.

Tapi yang paling mudah adalah selalu konsultasi sama yang paham soal laptop. Kalau kamu memang awam soal laptop. Kamu juga bisa berkonsultasi di sini, tulis saja di kolom komentar di bawah sertakan nomor hp kamu, dan tulis kebutuhan laptop kamu seperti apa serta budgetnya berapa.

Nanti akan saya berikan rekomendasi yang cocok.

Inilah sedikit tentang tips membeli laptop baru agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

30 Comments

  1. Kak . Aku pengen beli laptop buat ngedit foto dan video , soalnya aku ada di bidang multimedia dan perfilm.an . Tapi badget aku cuma 4 juta . Aku nyari yang RAM nya gede . Kira2 apa ya yang cocok . Sama spek nya .

    1. Untuk kebutuhan multimedia dan film, butuh spek yang lumayan terutama agar bisa mengakomodasi kebutuhan render video. Minimal RAM 8GB, kalau bisa yang sudah pakai SSD, ada graphic card nya, untuk prosesor menyesuaikan saja. Dan itu susah kalau budget 4 juta. Laptop dengan spek multimedia seperti itu, minimal harga Rp 6 jutaan ke atas.

      ACER :
      A315-41-R3LC (Ryzen 3)
      A315-41G-3WKG (Ryzen 3)
      A315-41-R97J (Ryzen 5)
      E5-476G-38QG | 319J

      ASUS :
      X441UB-GA042

      HP :
      HP 14-cm0005|8AU
      HP 14-ck0004TX

    2. Bro, mau tanya utk laptop 3jt an yg recommended apa ya? Dgn spek minimal hdd 500 GB & Ram 4 GB

  2. haloo.. mohon rekomendasi nya. sy guru dan sedang butuh laptop utk penggunan ngetik standart, penyimpanan banyak foto dan file. budger sekitar 3jt an. terimkasih untuk bantuaany… salam

  3. Kak…..aku mau beli laptop untuk anak ku…..tapi masih sekolah SD kelas 6….ppengen beli yg lumayan kepakebsampe nanti lah dia kuliah…tpi sya punya bajet 3jta lebih?kira kira laptop yg merek apa ya

    1. Wah kalau sampai kuliah persoalannya bukan soal merek apa, tetapi bagaimana pengguna bisa merawatnya. Kalau mau beli laptop itu jangan melihat merek dulu, tetapi spesifikasi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan budget. Laptop sekarang itu antara merek A dengan B sama.

      Kalau mau pengen bisa kepakai sampai kuliah, rekomendasi saya beli yang spesifikasinya tinggi sekalian. Supaya nanti ketika kuliah juga bisa masih bagus performanya.

      Laptop itu kalau sudah menyentuh umur 3-5 tahun biasanya ada penurunan performa, apalagi jika tidak tahu cara merawatnya.

      1. Assalamualaikum kak, saya mau beli laptop untuk keperluan kuliah. Jurusan nya pendidikan sosiologi. Dan budget saya 3,5 juta. Kakak,bisa rekomendasikan laptop harga segitu?

        1. Itu mau laptop baru atau second ya? Kalau baru agak sulit sih kalau mau nyari yang budget segitu.

          Kalau budget segitu yang mendekati :
          – Zyrex Sky 232 Mini W10 (Rp 3,4 juta)
          – Dell Inspiron 3180-A9- Graphic W10 (3,9jt)

          Kalau nyari second banyak pilihannya.

  4. kak aku mau beli laptop buat sekolah smk akuntansi budget 3,5juta
    kira” laptop merk apa ya
    masih awam bgt soalnya

  5. Kak aku mau cari laptop dengan budget 4 jutaan untuk mahasiswi manajemen.. Minta recommend nya ya.. Trimakasih

  6. Kak mau tanya, untuk netbook dengan budget 2,5juta untuk mahasiswa, dan cara agar tidak tertipu itu bagaiamana ya
    Minta rekomendasi nya kak, Trima kasih

    1. Wah kalau nyari netbook harga Rp 2,5juta sekarang udah nggak ada. Netbook sekarang harganya sekitar Rp 3-3,5juta. Kalau Rp 2,5juta itu mungkin netbook second. Kalau biar takut tertipu ya beli langsung di toko. Kalau beli second ya harus dicek betul kondisinya.

  7. Kak aku mahasiswa lagi nyari laptop dipakai buat nugas + programing. Krn dijurusan aktuaria aku blajar IT. Kalau budget nya 10 juta ( kalau lebih dr 10 juta lebih dikit) bagusnya beli laptop apa ya kak biar tahan lama, ga gampang lag dan ga cepet panas?

  8. Ka maaf mau nanya saya butuh laptop buat anak SD
    Buat kebutuhan sekolah za sih ka
    Klo bs biar bs sampe kelas 6 SD syukur2 smpe SMA
    Kira2 budget 4 juta merk pa yah ka?
    Terima kasih sblmnya yah ka

  9. Ka aku mau cari laptop buat sekolah boga punya budget 3,5 kira kira apa ya rekomendasiin dong ka

  10. Kak aku kelas 2 SMA aku pengen ca ri laptop yg cocok buat aku, kemud ian bisa aku pake nanti kalo kuliah juga…kira² yg cocok apa ya kak???
    Aku juga pengen yg bisa edit² foto ama videoa gitu kak… yg RAM gde
    Budget nya 3 jutaan gitu kak???

    1. Kalau butuhnya untuk editing, dan untuk jangka panjang tapi budget Rp 3 jutaan, kayaknya nggak ada deh. Kalau mau spek yang seperti itu, carinya harus laptop yang di atas Rp 5 jutaan. Kalau Rp 3 jutaan, sekarang ini adanya laptop untuk kebutuhan office dan internet saja. Kalau untuk kebutuhan editing multimedia rasanya tidak pas.

  11. Mas, Saya buth laptop yang tidak cepat leg & panas, multitasking , bisa minimal main 1 game seperti FIFA ,RAM nya juga besar dan prosesor bagus.
    di rentang rupiah 5 juta laptop merek dan type apa ya ?

  12. Halo mas bro,saya lagi cari laptop dg budget 4 jutaan untuk anak SMA kira kira yg cocok type apa ya

  13. Kak, Saya mau beli laptop untuk kebutuhan diperkuliahan, kira-kira spesifikasi yang cocok buat saya apa ya kak? Budgetnya 4,5 jt

  14. Saya ibu guru SMP di mengajar Matematika, ingin beli laptob baru yang ruang penyimpanannya besar dan kecepatannya lumayan dan awet, budget kurang dari lima juta,
    mohon saran saya harus pilih laptop merek apa trus tipenya apa. Terimakasih atas jawabannya.

  15. Assalamuallaikum..kak. Saya pengin beli laptop yang ram dan memorinya besar, ringan. Terus bisa buat desain dan editting. Tapi budgetnya sekitar 10jt. Kira-kira jenis laptop apa ya, kak? Terima kasih…

    1. Disesuaikan sama pekerjaannya apa? Misalnya orang pakai laptop buat kerja sebagai desain grafis, tentu akan berbeda dengan orang yang kerjanya hanya administrasi input data. Itu nanti tinggal disesuaikan sama spesifikasi laptopnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *