Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Perbedaan Sinyal WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz

Sinyal WiFi

Koneksi internet sekarang sudah berbasiskan wireless, sudah jarang yang menggunakan jaringan kabel LAN. Meskipun ada kabel LAN pun itu nanti akan dipancarkan secara wireless juga. Ya karena jaringan internet menggunakan wireless itu lebih banyak manfaatnya dibandingkan menggunakan kabel LAN.

Misalnya saja dalam hal penerimaan klien, satu kabel LAN itu ya hanya bisa digunakan untuk satu komputer/laptop. Sedangkan dengan wireless, bisa dipakai banyak orang. Dan tentunya efektifas menggunakan wireless itu sangat baik, tidak perlu pasang-pasang kabel.

Dalam jaringan internet, teknologi wireless ini dikenal dengan istilah WiFi atau Wireless Fidelity. Nah pasti baru tahu kan kepanjangan WiFi itu apa. Untuk kamu ketahui, sinyal WiFi yang terpancar itu memiliki 2 frekuensi, yaitu frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz.

Mungkin tidak banyak yang sadar dan paham soal ini, tapi sebenarnya kita juga perlu tahu perbedaan antara kedua frekuensi ini.

Baca juga : WiFi dengan MiFi itu Beda, Jangan Dibandingkan Lebih Bagus Mana

Sinyal WiFi

Frekuensi WiFi 2.4 GHz

Ini adalah frekuensi yang pertama digunakan dan dikenalkan pada jaringan WiFi. Jadi wajar kalau sampai sekarang banyak perangkat yang masih menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi ini.

Karena banyaknya pengguna inilah kadang terjadi kendala atau gangguan ‘interferensi’. Gangguan ini dampaknya membuat performa koneksi jaringan menjadi menurun.

Owh ya, frekuensi ini tidak hanya digunakan untuk jaringan sinyal WiFi saja ya. Beberapa perangkat seperti Remote TV (Non Infrared), Remote Alarm Mobile, Bluetooth, Router, dll menggunakan frekuensi ini.

Kelebihan frekuensi ini bisa menyebarkan sinyal cukup jauh dan sinyalnya pun bisa kuat meski antara pemancar dan perangkat penerima lokasi berbeda. Misalnya saja router wifi di ruang keluarga, perangkat penerima di kamar.

Baca juga : Ini Dia 9 Merk Router WiFi Terbaik dan Tercepat Anti Lelet

Frekuensi WiFi 5 GHz

Nah setelah frekuensi 2.4GHz ini banyak digunakan dan memang sudah lama, munculah yang lebih baru yakni frekuensi 5 GHz. Di frekuensi ini, data yang dikirim melalui jaringan ini bisa lebih besar. Jadi kalau buat WiFi itu koneksi internetnya bisa lebih cepat.

Coba saja kalau kamu punya perangkat yang sudah mendukung frekuensi 5 GHz, dibedakan kecepatannya. Pasti akan lebih cepat yang 5 GHz dibanding 2.4 GHz.

Sayangnya kekurangan dari frekuensi ini adalah memiliki daya cakupan yang lebih pendek atau tidak luas seperti yang 2.4 GHz. Jadi untuk menggunakan jaringan di frekuensi ini memang harus memperhatikan kondisi bangunan atau gangguan lain. Dan sebaiknya memang tidak boleh ada gangguan jika tidak ingin sinyalnya menurun.

Yang jadi permasalah sekarang ini adalah masih sedikitnya perangkat yang mendukung frekuensi 5 GHz.

Seperti itulah sedikit perbedaan sinyal WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz. Semoga kamu bisa mendapatkan informasi positif dari ini, paling tidak bisa menambah khasanah referensi kamu. Biar nanti kalau ngobrol sama orang kelihatan pinter. hehe.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.