Jenis-Jenis Kabel USB yang Sering Digunakan

Kabel USB

Teknologi baru memang selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas, termasuk mengenai Kabel USB. Kabel yang sering sekali kita gunakan untuk melakukan transfer data antar gawai dan mengisi daya baterai ternyata memiliki berbagai macam jenis yang wajib kita ketahui. Semakin berkembangnya teknologi, kabel USB juga memiliki manfaat yang lebih canggih tentunya.

Kabel USB atau ( Universal Serial Bus), umumnya digunakan pada perangkat elektronik modern. Alasannya, karena kabel USB ini memiliki desain standar yang memang bisa digunakan pada berbagai perangkat elektronik seperti keyboard, scanner, printer, mouse hingga smartphone. Perangkat –perangkat tersebut sangat membutuhkan kabel USB.

Jenis Kabel USB

Kabel USB

Apakah kamu tahu, ada berapa jenis kabel USB yang sering digunakan? Mungkin, dari tampak luar, kabel USB itu tampak sama. Ternyata kabel USB yang ada saat ini banyak jenisnya, yaitu berdasarkan tipenya dan berdasarkan port-nya. Berikut ulasannya:

Jenis – Jenis Kabel USB Berdasarkan Tipenya

Berdasarkan tipenya, kabel USB dibagi menjadi 4 macam tipe yaitu:

  • Tipe USB 1.1

Tipe kabel USB 1.1 ini adalah kabel yang dirilis pertama kali di tahun 1988 silam. Kabel ini memiliki kecepatan transfer data hingga 12 Mbps per detiknya. Saat ini, kabel USB 1.1 ini sudah tidak digunakan lagi.

  • Tipe USB 2.0

Selanjutnya adalah kabel USB tipe 2.0 yang diperkenalkan di tahun 2000-an. Tipe ini tentunya sudah dilengkapi dengan teknologi kecepatan transfer data yang lebih baik, yaitu hingga 480 Mbps dan didukung Hi-Speed. Sama halnya dengan pendahulunya, karena teknologi dituntut untuk semakin canggih, akhirnya USB 2.0 pun tergantikan.

  • Tipe USB 3.0

Memasuki tahun 2008, dirilis kabel USB tipe 3.0 dengan fasilitas yang lebih komplit. Versi USB ini terdapat pada gadget terbaru milik kamu. Teknologi kecepatan transfer datannya luar biasa, mencapai 5 Gbps dengan mode SuperSpeed. Sangat mudah untuk mengenali ciri dari USB tipe 3.0, yaitu memiliki konektor dan socket yang berwarna biru.

  • Tipe USB 3.1

Selanjutnya ada USB tipe 3.1 yang dirilis sekitar tahun 2013 lalu. Jika pada USB tipe 3.0 memiliki kecepatan SuperSpeed hingga 5 Gbps, maka kabel USB 3.1 ini memiliki kecepatan 2 kali lebih tinggi, yaitu 10 Gbps dengan mode SuperSpeed+. Umumnya, USB tipe 3.1 ini dimiliki gadget jenis fastcharging thunderbolt milik brand Apple.

  • Tipe USB 3.2

Dilansir dari Teknikelektonika.com, ternyata USB dengan tipe 3.2 juga sudah dirilis di tahun 2017 lalu. Hadir sebagai tipe USB yang baru, USB 3.2 ini membawa keunggulan dengan kecepatan transfer data yang mencapai 20 Gbit/second.

Baca juga : Jangan Beli USB Bluetooth Music Receiver BT-163

Jenis-Jenis USB Berdasarkan Port-Nya

Setelah mengetahui jenis – jenis  USB berdasarkan tipenya, kini kita akan mengenali jenis kabel USB berdasarkan port-nya. Berikut ulasannya:

  • USB Type- A

Berbicara mengenai port USB, USB type-A ini merupakan kabel USB yang standar dan sering digunakan pada perangkat elektronik kamu, seperti laptop, PC, game console dan media player. USB type-A ini memiliki bentuk persegi panjang dan sering kita temukan pada perangkat elektronik di sekitar kita.

Berbicara mengenai port-nya, USB type-A ini memiliki dua varian ukuran. Ada ukuran mini dan ada juga micro. USB type-A seperti ini juga sudah tidak digunakan lagi.

  • USB Type-B

Setelah USB type- A yang tidak digunakan lagi, kita beralih ke USB dengan port Type-B.  Dari segi bentuk, USB ini masih sama dengan USB type-A, namun port-nya memiliki 3 varian ukuran. Ukuran port-nya ini ada yang mini, macro dan standart. USB Type-B ini ternyata dihadirkan pada USB jenis 2.0 dan USB 3.0.

  • USB Type-C

Selanjutnya adalah port USB type-C yang memang diselaraskan untuk kabel USB 3.1. USB type-C ini mampu menghantarkan tegangan supply hingga mencapai 20 V dan 5 A. Selain itu, USB type-C ini juga  mampu menghantarkan tegangan supply bi- directional power 2 arah.

Tidak heran, dengan kelebihan tersebut, USB type-C ini banyak digunakan untuk mengisi daya para berbagai perangkat yang membutuhkan arus lebih besar.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis kabel USB serta port-nya. Melihat dari perkembangan teknologi yang semakin canggih, bukan hal yang mustahil jika tipe dan jenis USB tersebut nantinya akan memiliki versi yang lebih baru dan lebih canggih penggunaanya.

Kabel USB dan berbagai macam jenis kabel USB yang dipakai di masa depan mungkin akan lebih banyak lagi variannya, kita lihat saja.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.