Pilih RAM Smartphone dengan Kapasitas 2GB, 3GB, 4GB atau 12GB?

RAM Smartphone

Saat membeli smartphone baru, umumnya sebagian orang akan mempertimbangkan beberapa fitur yang dimiliki smartphone tersebut, tanpa memikirkan kapasitas RAM dan memori internal (ROM) di dalamnya.

Beberapa fitur smartphone seperti fingerprint, kamera AI, wireless charging dan Face ID memang penting untuk diketahui. Namun, jika ingin menggunakan smartphone untuk jangka panjang, maka penting untuk mempertimbangkan kapasitas RAM dan ROM smartphone tersebut.

Saat memilih smartphone baru, biasanya kita akan diberitahu mengenai kapasitas dari RAM yang dimiliki smartphone tersebut. Umumnya, RAM yang dimiliki beberapa smartphone yang paling laku dijual saat ini, dari berbagai merek adalah RAM dengan kapasitas 2 GB, 3 GB hingga 4 GB.

Adapun untuk kapasitas maksimal RAM yang dimiliki smartphone adalah hingga 12 GB, dengan harga yang cukup tinggi tentunya. Dengan beberapa pilihan RAM tersebut, kira-kira manakah kapasitas RAM smartphone yang paling tepat ya?

Memilih RAM Smartphone yang Tepat

RAM Smartphone

Dalam hal memilih kapasitas RAM yang tepat, sebenarnya tergantung dari pada kebutuhan Anda sebagai pengguna. Bagi yang lebih menyukai smartphone untuk aktifitas gaming dan membuka file multimedia dengan ukuran yang besar, maka setidaknya, RAM dengan kapasitas 4 GB ke- atas bisa diandalkan.

Sebaliknya, untuk Anda yang justru jarang menggunakan smartphone untuk gaming dan multimedia, maka RAM dengan ukuran 2 GB, 3 GB hingga 4 GB adalah RAM yang cukup baik yang harus dimiliki smartphone Anda.

Aktifitas yang dijalankan pada smartphone juga bisa berpengaruh terhadap RAM itu sendiri.  Jika semakin banyak aplikasi yang digunakan dalam smartphone, dengan kapasitas RAM yang semakin besar, maka Anda sudah memilih RAM smartphone yang tepat.

Seorang pakar dari Geekbench 4 bernama John Poole mengatakan bahwa RAM dengan kapasitas 4 GB sebenarnya cukup untuk saat ini. Hal ini berdasarkan pada penggunaan normal smartphone dengan hanya 9 Aplikasi per hari hingga 30 aplikasi per bulannya.

Untuk aktifitas tersebut, sebetulnya RAM dengan kapasitas 2 hingga 3 GB juga masih maksimal kinerjanya.

Selain RAM, kapasitas ROM juga perlu Anda perhatikan, saat memilih smartphone baru. ROM yang lebih besar adalah lebih baik. ROM atau merupakan memori internal ini banyak dijual di pasaran.

Ukuran ROM juga bervariasi, dari mulai 8 GB, 16GB, 32GB, 64 GB, 128 GB hingga 256GB. ROM dengan ukuran 64 GB, termasuk cukup baik di zamanya. Sama hal nya dengan RAM, kapasitas ROM juga harus besar, bahkan mencapai 128 GB.

Demikian pembahasan mengenai memilih RAM yang tepat untuk smartphone. Pastikan kamu tidak terburu-buru saat mengambil keputusan mengenai  pembelian smartphone terbaru ya.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.