fbpx

Laptop HP 240 G7 Seharga Rp 8 Jutaan Apa Worth It Untuk Dibeli?

HP 240 G7

Ulasan Laptop HP 240 G7 | Duh, memang ya, sekarang ini harga laptop mahal-mahal. Untuk bisa dapat laptop dengan spesifikasi menengah, kita perlu merogoh kocek ya minimal Rp 7-8 jutaan. Padahal beberapa tahun yang lalu harga segini sudah bisa dapat laptop kelas atas meskipun speknya yang tergolong standar.

Sekarang, kalau mau yang spek tinggi ya harus keluar duit di atas Rp 9 juta bahkan belasan juta. Itu pun kadang ada speknya juga masih ada yang belum bisa dikatakan wah.

Laptop HP 240 G7

HP 240 G7

Nah kemarin-kemarin ada yang tanya, minta pendapat soal laptop HP 240 G7. Dia mau beli laptop ini tapi masih bingung, kira-kira gimana. Soalnya harganya itu Rp 8 jutaan. Karena saya juga penasaran, akhirnya saya buatlah artikel ini. Semoga saja ada yang juga butuh referensi tambahan.

Menarik ketika saya melihat spesifikasi laptop HP 240 G7. Tidak nyangka saja dengan spesifikasi seperti itu harganya Rp 8 jutaan. Pertanyaan adalah apakah layak untuk dibeli dengan harga segitu dengan spesifikasi yang sudah diberikan? Ini yang akan kita bahas.

Yang paling pertama kita bahas tentu adalah hardware utamanya baru fitur-fitur pendukungnya. Kita mulai dari prosesor.

Prosesornya Oke Lah…

HP 240 G7 ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i5-8265U Generasi ke-8, ini bisa dilihat dari code name seri prosesornya yaitu angka paling depan adalah 8. Begitu cara lihat prosesor itu generasi ke berapa. Kemudian dari segi kecepatan, prosesor ini memiliki kecepatan 1.6 GHz saja, tetapi bisa di-boost sampai 3.9 GHz melalui Intel® Turbo Boost Technology. Prosesor ini juga memiliki 6 MB cache, 4 cores.

Keunggulan dari prosesor ini adalah hemat energi. Karena ini merupakan jenis prosesor Ultra Low Voltage.

Kalau dari prosesornya sendiri ya wajar sih ya. Ini merupakan prosesor untuk laptop kelas menengah di harga Rp 8 jutaan. Jadi ya pas-pas saja.

Hanya saja dengan harga segitu, laptop HP 240 G7 belum memiliki graphic card seperti dari NVIDIA. Karena hanya menggunakan integrated graphic card yakni Intel® UHD Graphics 620. Apakah graphic card ini jelek? Ehm, tidak juga. Kalau cuma untuk kebutuhan grafis ringan, sudah mumpuni kok. Graphic card ini memiliki frekuensi maksimal di 1.050 MHz saja.

Kekurangan dari UHD 620 ini adalah tidak adanya eDRAM cache, sehingga untuk pemrosesan grafisnya akan ‘nebeng’ ke memori utama.

Owh ya, laptop ini tergolong laptop office dan business ya. Bukan laptop multimedia, jadi jangan berharap kalau untuk grafis misal untuk editing video atau multimedia yang ekstrem bakal lancar. Tapi kalau mau untuk gaming ya masih bisa sih, hanya saja cukup untuk menjalankan game-game casual seperti Farming Simulator, Fortress 2, atau Rocket League.

Tapi secara performa, Intel UHD 620 ini bisa ditempatkan di antara NVIDIA GeForce 910M dan 920M.

Perihal Memori

Untuk kapasitas RAM nya sendiri memiliki RAM bawaan 4GB DDR4-2400 (1 x 4GB). Apakah HP 240 G7 bisa di upgrade RAM nya? Tentu bisa. Karena memiliki 2 slot memori SODIMM. Untuk berapa maksimal upgradenya, kalau kita mengikuti kemampuan dari prosesornya sih maksimal bisa sampai 64GB.

Sedangkan untuk memori internal alias penyimpanan, laptop HP 240 G7 ini sudah menggunakan SSD M.2 NVMe 256 GB. Jadi kalau mau upgrade pastikan beli yang jenis PCIe® NVMe™ M.2 SSD. Jangan beli yang M.2 SATA, itu beda lagi.

Tapi, apakah bisa jika dipasang HDD atau SSD SATA?

Bisa. Karena ada slot untuk HDD/SSD SATA 2.5″. Jadi misalnya kamu ingin menambahkan internal storage khusus untuk menyimpan data seperti dokumen, dll, bisa pasang HDD di slot yang ada.

Baca juga : Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Ganti HDD ke SSD

Live On XL

Layar dan Grafis bagaimana?

Untuk layarnya sendiri memiliki ukuran 14″ diagonal HD SVA dengan anti-glare LED-backlit. Resolusinya 1366 x 768. Sayangnya belum menggunakan panel IPS. Selain itu layar monitornya juga tidak bezel-less. Kalau kamu mencari dari sisi keindahan layar yang bezel nya tipis, rasanya HP 240 G7 ini bukan pilihanmu.

Soalnya ya desain layar monitornya masih model lama. Dengan bezel tebal di atas yang ada kamera berkualitas HD. Bezel bawah juga tebal dengan logo HP, dan bezel kanan kiri juga masih tebal.

Spesifikasi & Fitur HP 240 G7

HP 240 G7

Kalau dari sisi fitur, ehm tidak ada yang spesial sih. Laptop ini tidak ada fingerprint sensor, tidak ada keyboard backlight.

Desain body juga cukup tipis tapi tidak terlalu tipis, 1.99 cm saja.

Kalau untuk port-port dan kelengkapan lain mungkin bisa dilihat di tabel spesifikasi berikut saja ya.

FITUR SISTEM
Sistem OperasiWindows 10 Pro 64
ProsesorIntel® Core™ i5-8265U with Intel® UHD Graphics 620 (1.6 GHz base frequency, up to 3.9 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 6 MB cache, 4 cores)
MEMORI
RAM4 GB DDR4-2400 SDRAM (1 x 4 GB)
Memory slots2 SODIMM
Standard memory noteTransfer rates up to 2400 MT/s.
PENYIMPANAN
Internal storage256 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Storage typeSSD
TAMPILAN DAN GRAFIK
Display14″ diagonal HD SVA anti-glare LED-backlit (1366 x 768)
GraphicsIntel® UHD Graphics 620
FITUR PERLUASAN
Ports2 USB 3.1 Gen 1; 1 USB 2.0; 1 HDMI 1.4b; 1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo; 1 AC power
Expansion slots1 multi-format digital media reader
Expansion slots noteSupports SD, SDHC, SDXC.
PERANGKAT MEDIA
Audio featuresDual speakers
CameraHP TrueVision HD Camera
PERANGKAT MASUKAN
Pointing deviceTouchpad with multi-touch gesture support
KeyboardFull-size island-style keyboard
KOMUNIKASI
Network interfaceIntegrated 10/100/1000 GbE NIC
WirelessRealtek 802.11ac (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 Combo
Wireless noteMiracast compatible; MU-MIMO supported
KEBUTUHAN DAYA DAN OPERASI
Catu dayaHP Smart 45 W External AC power adapter
Battery typeHP Long Life 3-cell, 41 Wh Li-ion
Battery life noteBattery is internal and not replaceable by customer. Serviceable by warranty.
Energy Efficiency ComplianceENERGY STAR® certified
DIMENSI DAN BERAT
Dimensions without stand (W x D x H)33.5 x 23.4 x 1.99 cm
BeratStarting at 1.52 kg
Weight note (metric)Weight will vary by configuration.
DESAIN
Product colorDark ash silver
MANAJEMEN KEAMANAN
Security managementTPM 2.0; Security lock slot
GARANSI DAN LAYANAN
Jaminan1 year standard parts and labor limited warranty (1-1-0), depending on country (upgrades available). 1 year limited warranty on primary battery.

Kesimpulan

Laptop HP 240 G7 ini merupakan laptop standar yang ditujukan untuk kebutuhan office dan bisnis. Cocoknya sih untuk digunakan pelajar/mahasiswa/pegawai yang juga membutuhkan pekerjaan grafis ringan.

Dengan harganya yang Rp 8 jutaan per Januari 2021 ini, HP 240 G7 menurut saya layak-layak saja untuk dibeli. Ya meskipun akan lebih baik jika diharga segini sudah dilengkapi graphic card NVIDIA atau mungkin ditambahi HDD 1TB, atau RAM bawaannya 8GB, atau pakai layar IPS.

Haha, banyak maunya ya. :D

Bukan untuk membuat kamu bingung. Tapi kalau kamu punya budget Rp 8 jutaan, mending lihat rekomendasi laptop lain dulu. Siapa tahu dapat yang spesifikasinya lebih komplit meskipun di kelas yang sama.

Baca juga : Pilih Upgrade RAM atau SSD Dulu?

Tapi yang saya suka dari laptop ini adalah, memiliki 2 slot RAM yang mana bisa kita upgrade sesuka hati. Kemudian sudah memiliki slot M.2 NVMe dan SATA untuk HDD/SSD tambahan.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.