Data center milik Pemerintah

Apa Saja yang Ada di Ruang Data Center Rahasia Milik Pemerintah? | Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat berbagai jenis aplikasi dan perangkat elektronik berbasis AI mulai bermunculan. Semakin banyak teknologi yang hadir, maka semakin tinggi pula kebutuhan untuk penyimpanan data karena aplikasi – aplikasi tersebut tentunya membutuhkan dan memproses banyak data. 

Horoskop Cina 2023 tahun kelinci ai...
Horoskop Cina 2023 tahun kelinci air hitam id

Hal ini juga berlaku untuk institusi pemerintahan yang saat ini juga banyak bertransformasi ke era digital. Mulai dari berbagai aplikasi administratif hingga layanan informasi. Hal ini terjadi di berbagai negara tidak terkecuali Indonesia. Data – data tersebut biasanya disimpan di dalam data Center. Tidakkah kamu penasaran bagaimana canggihnya teknologi di dalam ruang data Center? 

Apa itu Data Center?

Data center milik Pemerintah

Sudahkah kamu familiar dengan istilah Data Center? Data Center adalah ruangan yang berisi perangkat komputer yang menyimpan data – data untuk kebutuhan menjalankan aplikasi berbasis cloud atau internet. Data Center rahasia milik pemerintah misalnya bisa di dalam sebuah gedung, rumah, atau bahkan ruangan. Di dalamnya akan ada seperangkat PC yang saling terhubung dan terkoneksi dengan jaringan internet. Disanalah data – data aplikasi tertentu disimpan. 

Hal – hal yang terdapat di Ruang Data Center Rahasia Milik Pemerintah 

Ruang Data Center rahasia milik pemerintah memiliki tempat dan regulasi serta penataan yang berbeda – beda di masing – masing negara. Di Inggris misalnya, ruangan data Center milik pemerintah tidak dipublikasikan sehingga tidak diketahui secara pasti di mana letaknya untuk alasan keamanan. Didalamnya terdapat banyak petugas misalnya analis yang bertugas untuk mendeteksi berbagai resiko retas yang mungkin masuk dan membahayakan data. 

Baca juga:  Cara Memindahkan File Antar Cloud Storage Secara Gratis dan Cepat

Data Center memiliki berbagai divisi – divisi dengan tanggung jawab masing – masing. Ada divisi yang bertugas untuk memantau atau mengawasi traffic, ada divisi perawatan, hingga divisi yang bertugas menjaga keamanan data saat terjadi serangan teroris maupun bencana alam. 

Tantangan yang Harus dihadapi oleh Ruang Data Center Milik Pemerintah

Mengelola data Center rahasia milik pemerintah bukanlah hal yang mudah. Pengelolaan data Center itu sendiri memiliki banyak tantangan diantaranya pengelolaan dan monitoring secara real-time untuk mencegah terjadinya serangan siber hingga penanganan cepat terhadap bencana alam dan kesalahan manusia (human error). Selain itu, mengelola efisiensi energi dan pertimbangan terhadap biaya yang dibutuhkan data Center juga menjadi poin penting. 

Data Centre memerlukan mesin pendingin karena komputer di dalamnya aktif 24 jam. Selain itu, kapasitas listrik dan internet juga harus dipertimbangkan agar tidak terjadi delay atau lag data. 

Terkait dengan serangan siber sendiri, ada beberapa serangan siber yang biasa ditemukan pada data Center rahasia milik pemerintah seperti DDoS (Distributed Denial of Service), Ransomware, percobaan akses dari luar, dan serangan melalui aplikasi. Masing – masing serangan memiliki teknik penanganan sendiri. Serangan yang paling banyak ditemukan di Data Centre adalah DDoS, dimana sang hacker berusaha membuat website tidak tersedia dengan mengirimkan banyak traffic ke website tersebut. Sehingga, website tidak bisa diakses. Selain situs milik pemerintah, setidaknya terdapat 92% bisnis di Amerika yang mendapatkan serangan ini. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.