Apa itu Cloud Storage? Ini Manfaat dan Contoh-Contohnya

Cloud Storage Adalah

Perkembangan teknologi internet ternyata bukan hanya sekedar aktifitas searching dan mendownload, tetapi juga menyimpan data secara online. Kehidupan personal sebagian besar orang, berupa data dan dokumen kini bahkan bisa tersimpan secara aman di internet, salah satunya dengan menggunakan Cloud Storage.

Umumnya, orang-orang terbiasa untuk menyimpan dokumen dan data-data pentingnya di memori internal computer, ponsel, laptop dan perangkat lainnya. Namun, saking banyaknya data yang harus disimpan, terkadang tidak memungkinkan untuk menyimpan semua data pada satu penyimpanan saja.

Jika kamu adalah orang yang mungkin memiliki banyak data dan dokumen penting, bisa menjadikan Cloud storage sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Lalu apa itu Cloud Storage?

Pengertian Cloud Storage

Cloud Storage Adalah

Cloud storage memiliki pengertian sebagai metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan. Untuk mengakses data yang kamu simpan di server ini, dibutuhkan koneksi internet yang stabil.

Cloud Storage tentunya menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan penyimpanan data pada memori fisik konvensional. Keunggulan yang ditawarkan seperti:

  • Cloud storage dapat diakses melalui perangkat apa saja, di mana saja, selama itu terkoneksi dengan internet yang stabil
  • Kamu bisa membagi data di server ke pihak –pihak lain secara mudah dan cepat
  • Dalam hal penyimpanan data lewat Cloud storage ini dapat menjamin keamanan dan keutuhan
  • Layanan Cloud storage yang ada saat ini, bahkan menawarkan layanan penyimpanan ini secara gratis untuk kamu coba. Untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kamu biasanya harus mengikuti versi server yang berbayar.

Manfaat Cloud Storage

Setelah kamu memahami definis dari Cloud storage, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat dari adanya Cloud storage itu sendiri. Manfaat utama dari Cloud storage adalah sebagai media penyimpanan yang berbasis internet, sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Beberapa dari Cloud Storage yang banyak digunakan saat ini, seperti Dropbox dan Google Drive, juga memungkinkan kita untuk bisa menshare file-file tertentu dalam bentuk link website yang mudah dikirim. File dalam bentuk folder dalam Cloud Storage juga bisa dishare ke publik.

Cloud storage juga dapat membantu kita dalam menangani pekerjaan yang bersifat multi flatform. Maksudnya, kita tidak hanya bisa membuka file yang tersimpan melalui computer di kantor atau di rumah saja, tetapi file akan bisa  dibuka melalui media lainnya selama ada koneksi internet yang stabil.

Beberapa file pekerjaan dalam bentuk Google sheets atau Google docs bahkan bisa dilakukan perubahan secara otomatis, sehingga file pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Baca juga : Cara Memindahkan File Antar Cloud Storage Secara Gratis dan Cepat

Contoh- contoh Cloud Storage

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari Cloud Storage, saatnya kamu mengetahui apa saja contoh – contoh cloud storage yang banyak digunakan saat ini. Dilansir dari Carisinyal.com, berikut ulasannya:

1. OneDrive

OneDrive adalah Cloud storage dari Microsoft, yang langsung tersedia bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. Kamu bisa menyimpan berbagai jenis file seperti video, foto serta dokumen dan lainnya.

2. Dropbox

Dropbox juga menjadi salah satu Cloud storage yang banyak digunakan di Indonesia. Layanan penyimpanan ini memiliki fitur khusus serta mudah digunakan. Layanan ini bisa diakses dari Windows, Linux, Mac, iOS, Android hingga Blackberry.  Kapasitas penyimpanan gratis hingga 2 GB tersedia untuk kamu.

3. Google Drive

Sepertinya, cloud storage yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagi kamu yang memiliki email berbasis Google, umumnya sudah bisa menggunakan Google Drive ini.

Penyimpanan gratis yang tersedia bahkan mencapai 15GB. Kapasitas ini tentu mampu menyimpan berbagai file yang terhubung dengan Google mail, Google+, hingga Google Docs.

4. Box

Kamu sedang menggeluti bisnis di bidang IT? Cloud storage Box ini berarti cocok untuk kamu. Fitur dasarnya sama dengan cloud storage lain pada umumnya, khususnya sama seperti fitur pada CD Google drive.

5. Copy

Copy Cloud Storage dibuat oleh perusahaan Barracuda Networks. Layanan penyimpanan ini cocok untuk perorangan hingga pelaku bisnis. Kapasitas penyimpanan sebesar 15GB juga bisa di dapatkan secara gratis, seperti hal nya pada Google drive.

Cara Kerja Cloud Storage

Penting bagi kamu yang mungkin baru mengetahui adanya cloud storage, untuk memahami cara kerja dari CD tersebut. Cara kerjanya sendiri sangat simple. CD menggunakan internet sebagai server, sehingga tidak perlu khawatir data akan hilang, sekalipun server sedang down sewaktu-waktu.

Ruang penyimpanan pada cloud storage yang kamu pilih, sebenarnya bisa lebih besar lagi, jika kamu memilih CD dengan versi berbayar. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengaktifkan privasi atau mode protection untuk semua file penting Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa menyimpan data-data penting dalam bentuk dokumen, foto hingga video melalui cloud storage sangat mudah dan praktis, selama ada koneksi internet yang stabil. Namun, keamanan data-data kamu tergantung dari cermat dan bijaknya kamu dalam memilih dan menggunakan cloud storage.

Cloud storage merupakan solusi penyimpanan data secara online yang mudah digunakan. Kamu sudah memahaminya? Semoga berhasil!

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.