Kelebihan & Kekurangan Jaringan Fiber Optik dibandingkan Wireless

Fiber Optik

Kelebihan & Kekurangan Jaringan Fiber Optik | Para pengguna internet yang umumnya kaum milenial, pasti sudah pernah mendengar istilah Fiber optic dan Wireless bukan? Keduanya merupakan hal penting yang membuat kamu bisa internetan bebas saat ini.

Tahukah kamu, kalau sebagian orang ternyata beranggapan bahwa koneksi internet fiber optic (FO) ini ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi wireless. Jika memang begitu, lebih baik pilih yang mana?

Sebelum kita membahas tentang kelebihan fiber optik dibandingkan wireless, mari kita ketahui dulu definisinya. Fiber optic merupakan benang tipis dari kaca atau plastic yang digunakan untuk transfer data informasi, melalui jarak jauh dan beroprasi pada bandwidth yang lebih tinggi.

Sementara Wireless merupakan teknologi tanpa kabel yang mentransfer data melalui gelombang elektromagnetik.

Kekurangan Jaringan Fiber Optik

Kelebihan Jaringan Fiber Optik dibandingkan Wireless

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa sebagian orang beranggapan bahwa koneksi internet dengan menggunakan fiber optic ternyata dianggap lebih baik, mungkin karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Berikut ulasan mengenai kelebihan jaringan fiber optic:

Kelebihan FO (Fiber Optik)

Memiliki lebar jalur yang besar dan kemampuan untuk membawa banyak data, memuat kapasitas informasi yang besar, dengan kecepatan transmisi Gigabit per detik, serta menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan

  • FO memiliki ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
  • FO memiliki kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gelombang radio
  • FO merupakan non –penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
  • FO tidak akan berkarat

Baca juga : Ini Dia 9 Merk Router WiFi Terbaik dan Tercepat Anti Lelet

Kekurangan Jaringan Fiber Optik (FO)

Meski memiliki beberapa keunggulan di atas, Fiber optic juga memiliki kelemahan, diantaranya:

  • Proses pemasangan yang lebih rumit dan memakan waktu juga biaya yang lebih besar. Selain itu, kecepatan FO dalam mentransfer data juga tergantung dari kondisi penempatan kabel optiknya
  • Kabel FO ini bisa saja terpotong sewaktu-waktu, karena beberapa factor. Setelah itu, akan memerlukan waktu perawatan yang lebih. Jika koneksi dibutuhkan untuk bisnis, maka masalah ini cukup mengganggu
  • Pada fiber optic, tingkat latensi pengiriman data juga tinggi dibandingkan dengan teknologi wireless. Masalah ini juga menjadi cukup besar, khususnya bagi organisasi atau perusahaan yang aktif seperti Bursa efek yang dapat mengakibatkan kerugian yang maksimal.
Baca juga:  Apa Itu VPN? Dan Apa Fungsinya?

Setelah kita mengetahui tentang keunggulan dan kekurangan jaringan fiber optik, mari kita bandingkan dengan teknologi jaringan wireless. Pengiriman informasi data pada jaringan ini, menggunakan spectrum radio gelombang mikro, sehingga Wireless harus dipasang secara line-of –sight. Adapun keunggulan dari teknologi wireless dibandingkan jaringan fiber optik, sebagai berikut:

Latensi Rendah, dibandingkan FO, jaringan wireless atau nirkabel ini menyediakan komunikasi yang lebih cepat dan minim latensi

Pemeliharaan mudah, Wireless umumnya menawarkan titik layanan internet point to point yang lebih handal dibandingkan fiber optic. Karena bersifat nirkabel, maka pemeliharaan wireless lebih hemat waktu dan biaya dibandingkan kelebihan fiber optic dibandingkan wireless.

Baca juga : Ini Perbedaan Sinyal WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz

Waktu Instalasi dan Biaya, Pada fiber optic, kita tahu bahwa pemasanganya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga berbulan-bulan. Selain itu, biaya pemasanganya juga relative mahal dibandingkan wireless yang waktu instalasinya mungkin hanya memakan waktu harian atau mingguan.

Terpercaya,Umumnya perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakan kelebihan jaringan fiber optic dibandingkan wireless, namun tetap saja menjadikan wireless sebagai cadangannya. Itu berarti, Wireless memang bisa diandalkan. Dengan teknologi MIMO, wireless juga tidak terganggu cuaca.

Baik menggunakan jaringan fiber optic maupun wireless, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika memang ingin menggunakan fiber optic, maka kamu harus siap dengan segala kelemahannya.

Begitu juga dengan wireless, mungkin sebagian orang suka menggunakan jaringan ini, meskipun banyak kelebihan fiber optic dibandingkan wireless. Jadi, kamu mau pilih yang mana?

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *