Review Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51), Laptop Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Di akhir tahun 2022 kemarin, Acer Indonesia hadirkan generasi terbaru Acer Aspire Vero lewat seri Aspire Vero 14″ (AV14-51). Laptop ramah lingkungan ini masih mengusung konsep “R-E” (REview, REthink, REduce, dan REcycle), di mana perangkat terbuat dari bahan daur ulang di sebagian besar area laptop termasuk pada kemasannya. Namun kali ini hadir dengan spesifikasi yang ditingkatkan.

Acer Aspire Vero 14

Mengusung dimensi yang juga lebih kompak, Acer Aspire Vero 14″ ditujukan bagi pengguna yang memiliki kepedulian dengan lingkungan sekaligus membutuhkan laptop dengan performa optimal yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan. Penawaran terbaru kali ini hadir dalam opsi warna dan ukuran yang berbeda, lebih pas untuk mendukung mobilitas harian.

Selain mengandalkan prosesor terbaru Intel Core generasi ke-12, Acer Aspire Vero 14″ juga sudah tersertifikasi Intel EVO yang menjamin kinerja berkualitas, sesuai standar laptop kelas atas. Ya, laptop ramah lingkungan terbaru yang satu ini juga merupakan laptop Intel EVO dengan harga terjangkau dan performa maksimal.

Seperti apa keunggulan lain dari Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51)? Berikut review lengkapnya.

Desain Ramah Lingkungan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Acer Aspire Vero 14″ didesain ramah lingkungan dengan material hasil bahan daur ulang. Dibuat berdasarkan konsep “R-E” (REview, REthink, REcycle dan REduce), laptop ini menambah kesan ramah lingkungan, melalui serangkaian proses seperti registrasi EPEAT® Silver, material plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan dan mengurangi limbah, serta mengurangi sekitar 21% emisi CO2.

Acer Aspire Vero 14 - PCR

Acer juga telah menerapkan komposisi 30% plastik PCR untuk membuat seluruh sasis dan bezel layar, serta 50% plastik PCR pada bagian keyboard caps. Acer Aspire Vero 14 juga diproduksi tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna biru yang natural dan tekstur yang unik pada setiap perangkat.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, kali ini Aspire Vero 14″ hadir dalam warna biru laut atau yang mereka sebut dengan Marianna Blue. Warna tersebut berasal dari sampah-sampah plastik dengan warna yang sama di lautan. Tetap terlihat stylish meski tanpa proses pengecatan, dengan bintik-bintik khusus yang berbeda di setiap produknya.

Penggunaan ocean-bound plastic dalam beberapa bagian Aspire Vero 14 membantu mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan kita.

Untuk memperkuat pesan penting dari “R-E“, maka tombol R dan E secara sengaja didesain terbalik. Lalu pada bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlass yang juga dibuat dengan material plastik yang didaur ulang, lebih tepatnya dari sisa sampah plastik di lautan.

Keyword R-E

Dan sesuai dengan namanya, terasa seperti menyentuh permukaan kaca, permudah proses navigasi. Lengkap dengan fingerprint sensor yang mendukung Windows Hello.

Selain bodi laptop, Acer juga mendesain boks atau kotak kemasan dari Aspire Vero 14″ agar ramah lingkungan. Mengusung desain Vero Green Package, kotak kemasan tersebut dibuat dengan menggunakan  kertas daur ulang hingga 90%. Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE tanpa mengurangi kualitas pelindung, serta tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger.

Agar dapat didaur ulang, kemasan laptop dan lembaran penutup keyboard laptop ini dibuat dari polyester daur ulang. Dibandingkan LDPE, material tersebut lebih unggul karena terbuat dari botol PET daur ulang. Ini mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam proses produksi, sekaligus membantu menghilangkan botol plastik dari lingkungan.

Selain itu, komponen di dalam kotak kemasan Acer Aspire Vero 14″ dapat dirakit dan digunakan kembali. Baik sebagai laptop stand, maupun dirakit dan digunakan kembali sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman. Sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa penggunaan.

Layar dan Performa

Acer Aspire Vero 14 - Layar

Ketika dibuka, pengguna akan disambut dengan layar IPS berukuran 14 inci dan webcam beresolusi FHD dengan teknologi Acer TNR. Di bawahnya, terdapat keyboard dan touchpad yang juga dibuat dengan material ramah lingkungan. Plus, mikrofon yang mampu meredam noise di sekitar supaya panggilan seperti Zoom meeting bakal berjalan lebih lancar, meski sedang berada di ruang publik seperti kafe atau lainnya.

Layar Aspire Vero 14″ cocok digunakan untuk berbagai skenario penggunaan, seperti menonton film dan video, mengetik dokumen dan kegiatan lainnya. Ditopang fitur 100% sRGB yang menjamin warna terlihat lebih kaya dan berakurasi tinggi, sehingga juga tidak kalah cocok untuk para kreator konten yang memerlukan tampilan warna akurat untuk keperluan seperti proses edit foto dan video. Tak hanya itu, panel layar Acer Aspire Vero 14″ juga dirancang 99% dapat didaur ulang kembali.

Baca juga:  Kelebihan & Kekurangan Laptop Zyrex Cruiser 20 i5

Menyoal dapur pacunya, Acer Aspire Vero 14″ dipersenjatai prosesor Intel Core i5-1235U yang mampu memberikan performa maksimal untuk bermain game kasual dan kegiatan multitasking lainnya. Prosesor kencang tersebut dibuat dengan arsitektur hybrid baru, memiliki total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi maksimal hingga 4.40 GHz. “P Core” adalah inti khusus performa untuk kecepatan tertinggi, sementara “E Core” fokus efisiensi daya, lebih aktif saat penggunaan ringan.

Mendukung prosesor terbaik saat ini, Aspire Vero 14″ dipasangkan bersama GPU Intel Iris Xe, RAM 8GB LPDDR4x dual-channel onboard, serta penyimpanan berjenis SSD NVMe Gen 4 512GB. Melalui sertifikasi Intel EVO platform, laptop ini bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas sehari-hari di mana pun dan kapan pun. Mendukung instant wake, jaminan baterai lebih tahan lama serta konektivitas mumpuni.

Saat kami mencobanya untuk mengerjakan pekerjaan harian seperti mengetik dokumen, menonton film atau video, browsing internet dan lainnya, tentu Acer Aspire Vero 14″ bisa melibasnya dengan mudah. Edit foto dan video ringan juga masih cukup nyaman, termasuk berbagai judul gim ringan dan menengah, dengan suhu bodi yang cukup terjaga. Menandakan kalau sistem pendingin di dalamnya bekerja optimal.

Konektivitas Prima, Baterai Awet

Menjadi laptop rilisan 2022, tentu perlu membawa opsi konektivitas terbaik, termasuk secara nirkabel. Ada port USB-C yang memiliki standar Thunderbolt 4 untuk sambungan ke aksesori seperti monitor beresolusi 4K, 2 port USB-A 3.2 yang salah satunya dapat berfungsi untuk mengisi daya, Headphone/speaker jack, serta 1 port HDMI 2.1. Semua port tersebut dapat ditemukan di sisi kanan dan kiri laptop.

Soal daya tahan, Acer Aspire Vero 14″ mengusung kapasitas baterai yang cukup besar. Dengan standar Intel Evo, tentu dapat dioperasikan setidaknya hingga 10 jam, bahkan klaim dari pihak Acer bisa mencapai 16,5 jam. Tak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya, karena sudah mendukung fast charging.

Salah satu faktor yang membuat daya tahan baterai Acer Aspire Vero 14″ lebih lama, adalah hadirnya aplikasi khusus bernama VeroSense. Di dalamnya, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih mode penggunaan yang dioptimalkan untuk efisiensi daya dan daya tahan baterai. Ingin baterai paling awet? Bisa mengaktifkan Eco+ Mode. Dalam sekali klik, bisa langsung menyesuaikan performa, kecerahan layar dan lainnya. Juga ada Performance Mode untuk memaksimalkan kemampuan komputasi perangkat.

Kesimpulan

Bila dilihat secara keseluruhan, Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) cocok digunakan bagi para pecinta lingkungan dalam menyelesaikan pekerjaan dan rutinitas harian. Dengan desain boks dan bodi laptop yang ramah lingkungan memberikan kesan kamu sebagai pecinta lingkungan sejati, ditambah dengan dimensinya yang kini lebih kompak dan mudah dibawa bepergian.

Prosesor Intel Core generasi ke-12 serta SSD yang cepat dan dapat ditingkatkan, memungkinkan kamu menyelesaikan semua pekerjaan dengan cepat dan tanpa hambatan. Apalagi layar IPS 14 inci beresolusi Full HD cocok digunakan untuk menonton film dan video sampai edit foto dan video ringan untuk para kreator konten, berkat standar warna 100% sRGB yang diusungnya.

Dengan sistem operasi Windows 11 Home serta pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang bisa langsung digunakan, kamu bisa gunakan Aspire Vero 14″ untuk langsung bekerja. Baik dari kantor maupun tempat lain, berkat webcam dan mikrofon berkualitas.

Laptop ini juga memiliki baterai yang dapat digunakan hingga 16,5 jam, dengan fitur fast charging dan software VeroSense yang mampu hemat daya dan hemat energi sesuai dengan konsep ramah lingkungan. Sehingga cocok untuk pengguna yang lebih mobile, dapat membawanya untuk pergi seharian bahkan tanpa membawa pengisi daya.

Acer Aspire Vero (AV14-51) sudah tersedia di Indonesia dengan harga terjangkau yakni Rp 10.699.000, tersedia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Untuk pembelian online, kamu bisa mengakses situs https://store.acer.com/en-id/aspire-vero-14-av14-51-blue-nx-kbnsn-002-intel-evo. Dalam setiap paket pembelian, juga sudah disertakan perlindungan ekstra 1 (satu) tahun Accidental Damage Protection (ADP).

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *