Atasi Smartphone Yang Terkena Air Dengan Cara-Cara Ini!

Smartphone Terkena Air

Terkadang hal-hal yang tidak diinginkan memang sering kali datang secara tiba-tiba, salah satunya smartphone yang mendadak rusak karena terkena air. Misalnya saja kecipratan air. Lebih ekstrimnya lagi jika gadget atau smartphone milik Anda tercebur ke dalam air. Tentu saja hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi para pemilik smartphone tersebut. Terutama jika smartphone tersebut baru saja dibeli dan harganya cukup mahal. Sehingga mereka pasti akan merasa khawatir dan takut. Gadget maupun benda-benda elektronik memang bisa rusak dalam sekejap jika terkena air.

Saat ini memang telah banyak bermunculan ponsel kedap air seperti Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z3, Huawei Honor 3, dan Lenovo S750. Bagi pengguna smartphone berkelas premium seperti di atas memang tidak perlu khawatir. Namun bagaimana jika smartphone biasa yang terkena air? Rasa was-was akan semakin besar, terutama ketika musim hujan tiba. Simak cara mengatasi smartphone yang terkena air di bawah ini.

1.Amankan ponsel segera

Ketika ponsel tercebur atau terkena air, segera ambil ponsel dari air dan amankan. Jangan sampai terlalu lama karena air bisa masuk ke dalam komponen-komponen yang ada di dalam smartphone tersebut. Sifat air merupakan penghantar listrik yang baik, sehingga komponen yang ada di dalam smartphone bisa konsleting dan rusak.

2.Matikan ponsel

Setelah diangkat dari air, segera matikan ponsel. Namun jika ponsel sudah berada di dalam keadaan mati, jangan coba untuk dinyalakan. Biarkan saja ponsel berada di dalam kondisi mati. Jika dinyalakan, ponsel bisa berpotensi untuk konsleting.

3.Copot komponen pada smartphone

Setelah dimatikan, Anda bisa mencopot semua bagian pada smartphone yang masih bisa dilepaskan seperti screen protector, SIM Card, casing, baterai, dan memori eksternal. Mencopot seluruh komponen bertujuan agar tidak ada sisa air yang menempel di komponen ponsel.

4.Mengeringkan ponsel

Setelah mencopot beberapa komponen, keringkan ponsel menggunakan kain yang dapat menyerap air serta lembut, seperti kain pembersih kacamata dan tissue. Anda juga bisa mengeringkan dengan memakai beras. Rendam komponen ponsel di dalam beras. Beras terbukti ampuh dalam penyerapan air. Yang penting diingat, jangan menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel. Panas yang ditimbulkan pengering rambut bisa menyebabkan komponen ponsel menjadi rusak. Selain itu, jangan mengeringkan di bawah terik matahari secara langsung.

Setelah melakukan empat cara di atas, Anda bisa langsung mencoba untuk menyalakan ponsel Anda. Jika masih belum bisa membaik, Anda bisa membawanya ke service center.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG