Asus Zenfone Zoom Gagal Rilis di Indonesia, Ini Penyebabnya

Asus Zenfone Zoom

Sayang sekali, di tengah penantian untuk bisa merasakan Asus Zenfone Zoom, pengguna smartphone harus gigit jari karena tak bisa memiliki Asus Zenfone Zoom dalam waktu dekat ini.

Hal ini dikarenakan Asus batal merilis Zenfone Zoom di Indonesia karena masalah TKDN.

Sudah tahu TKDN? TKDN itu Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Jadi produk-produk smartphone merek luar yang akan masuk di pasar Indonesia itu harus memiliki komponen dengan TKDN minimal 30% untuk smartphone 4G.

Dari informasi yang disampaikan oleh Muhammad Firman selaku Technical Public Relations Asus Indonesia, pihaknya mengatakan untuk membatalkan pemasaran Asus Zenfone Zoom ini di Indonesia.

“Ya, berdasarkan keputusan, kita terpaksa mengurungkan niat untuk merilis seri Asus Zenfone Zoom ke pasaran Indonesia. Salah satu alasannya Zenfone Zoom batal dirilis karena terbentur TKDN,” tuturnya, seperti dikutip dari Selular.id, Selasa (12/4).

Memang sangat disayangkan. Padahal Asus Zenfone Zoom ini adalah satu satu smartphone dinanti para pengguna smartphone karena kelebihannya di sisi kamera.

Sebenarnya saat ini Asus Indonesia telah menggandeng beberapa mitra yang ada di Indonesia, salah satunya PT Sat Nusapersada Tbk sebagai mitra perakitan ponsel 4G Asus.

Padahal beberapa ponsel 4G Asus yang lain sudah sesuai dengan standar TKDN, seperti Asus Zenfone 2, Zenfone 2 Laser, Zenfone 2 Selfie, dan Zenfone Max. Sedangkan untuk ponsel 3G Asus semuanya memang masih import.

Dengan adanya masalah ini, pihak Asus Indonesia tak ingin mengakalinya. Mereka tetap tak ingin merilis Asus Zenfone Zoom di Indonesia. Kalaupun ingin mengakali sebenarnya bisa, yakni dengan membuat Asus Zenfone Zoom versi 3G. Tapi sayang jika dipasarkan di Indonesia yang saat ini tengah gencar-gencarnya ponsel 4G.

Asus Zenfone Zoom sendiri memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Dengan kamera belakang 13 megapiksel, auto focus, 3x optical zoom dan mendukung Low Light.

Ponsel ini juga telah dibekali prosesor Intel® Atom™ Quad Core Z3580 (2.3GHz), GPU PowerVR G6430. Dan dukungan RAM 4GB jenis LPDDR3.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG