WhatsApp

LhaGeek.com – Sekarang ini pengguna aplikasi instant messenger, WhatsApp, seakan sudah menjadi hal wajib. Bahkan dengan adanya WhatsApp ini penggunaan SMS (Short Message Service) sudah mulai tak tersentuh lagi. Tak heran kalau sekarang banyak orang menanyakan “Ada nomor WhatsApp?“.

Kemudahan yang ditawarkan WhatsApp ini membuat pengguna semakin nyaman dengan WA. Kontak secara otomatis terbaca ketika pengguna menambahkan kontak baru di telepon. Integrasi ini cukup apik sehingga teman-teman lama yang menyimpan nomor kita akan bisa berkomunikasi melalui WhatsApp jika keduanya sudah mendaftarkan nomornya ke IM yang satu ini.

Tapi masalahnya adalah ketika pengguna akan mengganti nomor WhatsApp.

Banyak yang takut ketika mengganti nomor WhatsApp mereka akan kehilangan kontak. Padahal kontak itu pun tidak akan hilang karena seperti yang dijelaskan di atas bahwa kontak sudah terintegrasi dengan kontak yang tersimpan di memori SIM atau telepon. Jadi selama tidak menghapus kontak yang ada di memori SIM atau telepon, ya kontak WhatsApp tidak hilang.

Nah untuk mengganti nomor WhatsApp sendiri caranya cukup mudah. Kamu tak perlu mendaftarkan dari awal dan lantas punya dua nomor WA, tidak perlu seperti itu. Caranya cukup seperti ini…

  1. Buka Aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Setelah dibuka silahkan masuk ke menu Settings (pengaturan).
  3. Lalu pilih Account
  4. Nah, selanjutnya tinggal pilih Change number.
  5. Lalu Next 
  6. Masukkan nomor lama kamu (yang saat ini aktif WA), lalu bagian bawah masukkan nomor penggantinya.
  7. Pastikan nomor benar, lalu Done dan tunggu prosesnya.
  8. Apabila nomor penggantinya berada di ponsel yang digunakan untuk WhatsApp’an itu biasanya verifikasinya langsung. Tapi jika nomor pengganti ada di ponsel lain, biasanya harus memasukkan kode verifikasi secara manual.
  9. Jika sudah terverifikasi maka nomor WhatsApp kamu sudah berhasil diganti ke yang baru.

Itulah cara mudah untuk mengganti nomor WhatsApp tanpa menghapus kontak.

Baca juga : Cara Mengirim Foto di WhatsApp Tanpa Kehilangan Ukuran Asli

Setelah diganti, kamu tentu harus mengabarkan ke teman-teman kamu kalau nomor WhatsApp kamu telah diganti. Tapi tenang, jika kamu tergabung di grup-grup WhatsApp, maka di grup akan ada notif jika kamu telah mengganti nomor.

Ada pertanyaan? Silahkan sampaikan di kolom komentar ya…

10 COMMENTS

  1. Dear LhaGeek.com, kalau ganti nomor memang ada notifnya di grup- grup WA, tapi bagaimana cara menginfokan teman-teman non grup bahwa kita telah ganti nomor ? Thanks, Dedy

  2. Mau tanya nih,misalkan saya chat teman saya jam 6 pagi,sehabis chat dia saya langsung ganti nomer sedangkan dia online jam 8 pagi.apa chat kita sebelumnya kebaca sama teman saya atau nggak sama sekali.makasiih

  3. ketika kita ganti nomor Hp baru, apakah orang yang menyimpan nomor hp lama kita masih bisa chat kita ? Makasih…

  4. Kalo misalkan ganti hp baru dan nomor baru,apakah kontak wa dan grup-grup di wa juga hilang ? Terima kasih.

    • Untuk kontak pastikan sudah disimpan di akun google (gmail), karena lebih aman dan nanti ketika mau pindah-pindah ponsel tinggal login pakai akun tersebut. Supaya chat dan grup2 WA tidak hilang, sebaiknya di backup dulu chatnya. Masuk ke pengaturan Whatsapp, pilih Chat lalu Chat Backup. Backup ke Google Drive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here