5 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi yang Cepat Update

Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat rawan bencana alam gempa bumi. Karena di wilayah Indonesia banyak lempeng tektonik. Sehingga peluang terjadi gempa sangat besar. Dari saat ini di Pulau Lombok, NTB dan sekitarnya telah terjadi gempa. Sebelumnya mimin ingin turut berduka kepada seluruh korban. Semoga selalu diberikan kekuatan dan lindungan oleh-Nya.

Bencana alam gempa bumi ini memang tidak bisa dicegah, karena ini berhubungan dengan alam. Dan kita juga tidak tahu kapan akan terjadi gempa. Tetapi beruntung di era sekarang ini sudah banyak pihak yang membuat sebuah aplikasi pendeteksi gempa bumi yang cepat update. Sehingga kita tahu jika di daerah A ada gempa. Atau kadang di tempat kita ada gempa tetapi kita sendiri tidak merasakan.

Nah dengan adanya aplikasi ini kita bisa mengetahui dimana saja ada gempa bumi.

Menurut mimin aplikasi ini wajib diinstall di ponsel kamu, karena sangat bermanfaat sekali. So, inilah 5 rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa bumi yang cepat update.

1. Info BMKG

Info BMKG

Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Selain memberikan informasi seputar gempa bumi, di aplikasi ini pengguna juga bisa melihat prakiraan cuaca dalam 3 hari ke depan berdasarkan lokasi, cuaca maritim Indonesia, cuaca di bandiri dan informasi lainnya.

Hubungannya dengan gempa bumi, pengguna nanti juga akan mendapatkan notifikasi ketika ada gempa bumi. Untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya pengguna mengaktifkan GPS di ponselnya.

2. Info Gempa Indonesia (BMKG)

Info Gempa Indonesia

Aplikasi ini dibuat oleh RedcircleApps, yang khusus memberikan informasi seputar gempa bumi di Indonsia. Sebenarnya aplikasi ini mengambil data dari BMKG Indonesia untuk menampilkan sumber info kegempaan. Sehingga informasi gempa bumi yang ada di aplikasi ini dengan yang ada di Info BMKG (Aplikasi Resmi dari BMKG) adalah sama.

Hanya saja aplikasi ini khusus untuk informasi gempa bumi. Dan karena ini adalah aplikasi native, maka lebih cepat dibanding aplikasi Info BMKG yang bukan native.

3. EarthQuakes

Earthquakes

Kalau ini adalah aplikasi gempa bumi yang bisa mendeteksi kegempaan di seluruh dunia. Eh tidak seluruh dunia sih,tetapi beberapa negara saja.

Aplikasi ini menawarkan keakuratan data dalam informasi gempa bumi yang ditampilkan. Karena data yang diambil juga bersumber dari berbagai badan atau lembaga seperti BMKG di Indonesia  dan BMKG nya negara lain.

Ini cocok buat kamu yang ingin tahu soal info gempa bumi yang ada di bumi.

4. Earthquake Alert!

Earthquake Alert

Aplikasi Earthquake Alert! juga merupakan aplikasi pendeteksi gempa di penjuru bumi. Nantinya akan ada informasi detail titik pusat gempat yang ditampilkan dalam peta Google Maps. Di Google Play Store, aplikasi ini yang paling banyak diunduh.

Pengguna juga dapat mengatur waktu untuk memperbaharui info gempa yang ada. Dan aplikasi ini juga ada fitur berita tentang gempa bumi yang ada.

5. My Earthquake Alerts - US & Worldwide Earthquakes

My Earthquake Alerts

Aplikasi ini menawarkan informasi gempa bumi di seluruh dunia dengan lengkap. Hanya dengan melihat petanya, maka akan muncul notifikasi titik mana saja yang ada gempa bumi dan akan ada informasi ukuran kegempaannya.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan, hanya saja dalam Bahasa Inggris. Tetapi tampilan sangat user friendly.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *