Terbongkar! Ketahui Cara Ampuh Cek Keaslian iPhone

Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek Keaslian iPhone – Siapa sih yang tidak kenal dengan iPhone serta berbagai keunggulannya. Harganya yang tidak bisa dikatakan murah memiliki spesifi khusus yang khas. Hal ini yang menjadikan iPhone diminati banyak orang.

Bahkan iPhone second laku keras dipasaran. Harga iPhone selalu berada dikisaran tinggi, jadi bila ada yang menjual iPhone dengan harga miring, maka perlu dipertanyakan keasliannya. Sebelum membeli, pastikan mengetahui cara ampuh cek keaslian iPhone untuk pengetahuan umumnya.

Cara Cek Keaslian iPhone Dengan Mudah

Cara Cek iPhone Asli
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Membeli produk teknologi diharuskan yang berkualitas dan masih segel. Sayangnya tak semua orang memiliki budget membeli iPhone karena harganya terbilang mahal, sejatinya semakin baik kondisi iPhone maka harganya juga tetap tinggi. Agar tidak tertipu, dapat mengecek keaslian iPhone dengan 6 cara mudah berikut ini:

1. Memperhatikan Material Casing

Cara cek keaslian iPhone pertama adalah memperhatikan material casing, Desain iPhone selalu elegan dan menarik perhatian karena terbuat dari campuran kaca dan alumunium. Perlu diketahui, iPhone asli memiliki berat agak ringan loh saat digenggam walaupun tampilannya terlihat kokoh dan berat.

Jadi kalau iPhone bila terasa berat saat digenggam, maka ada kemungkinan bukan barang asli. Pastikan sebelum membeli genggam iphone terlebih dahulu ya dan buktikan keasliannya. 

2. Membandingkan Layar Retina

Layar retina bisa dijadikan pembeda iphone yang asli atau palsu. Ttatkala anda bisa melihat layar retina sudah dipastikan iphone palsu. Alasannya karena iphone asli, sulit dilihat dari jarak dekat maupun jarak jauh karena layar retina termasuk sebuah layar dengan dioda sangat kecil.

3. App Store

Anda pasti mengenal App Store karena menjadi toko aplikasi untuk pembelian iphone. Untuk membuktikan iphone yang akan dibeli palsu atau tidak, cukup mencari lisensi iphone tersebut ada di App Store atau tidak. 

Tatkala lisensinya muncul di Play Stote sebagai pasar aplikasinya, maka iphone tersebut palsu. Hal ini dikarenakan kelengkapan Play Store berbeda jauh dengan App Store. Jadikan hal ini menjadi salah satu cara memeriksa iPhone.

4. Screenshot Layar

Screenshot layar menjadi kebiasaan pengguna gadget saat beraktifitas, baik untuk dijadikan bukti pengiriman maupun kepentingan lainnya. Siapa sangka, screenshot layar bisa jadi cara cek keaslian iphone yang ampuh. 

Live On XL

Ketika iphone tidak bisa menekan tombol kunci dan home secara bersamaan untuk menghasilkan screenshoot, dipastikan iphone tersebut palsu. Jika mendapati hal serupa, sebaiknya jangan membeli iphone walaupun harganya murah. Pasalnya iphone palsu lebih cepat rusak dan sering bermasalah walaupun jarang digunakan.

5. SIM Card

Smartphone biasa, umum memiliki dual SIM sehingga memudahkan pengguna memiliki dua nomor. Tetapi jika iphone memiliki dua SIM patut dicurigai sebagai iphone palsu, alasannya karena iphone diproduksi hanya menggunakan 1 SIM. 

Maka, jangan tergiur saat penjual merayu kecanggihan iphonenya karena memiliki dua SIM. Memang, iphone dengan satu SIM menjadi ciri khas yang ekslusif sebagai penanda bahwa iphone yang asli memang didesain demikian. 

6. Baterai

Ada iphone yang baterainya dapat dilepas untuk dicek apakah masih hidup atau mati. Tetapi mayoritas produk iphone, baterainya tak dapat dilepas karena sudah tertanam di ponsel. Agar tidak risau membeli iphone karena banyak produk palsu, pastikan membeli iphone yang baterainya tertanam atau tak dapat dilepas. 

Baca juga : iPhone Refurbished Apakah Layak Untuk Dimiliki?

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk cek keaslian iphone yang mudah dipraktekan, tetapi ke enam cara di atas dapat dijadikan informasi umum sehingga tepat membeli iphone yang  asli. Waspadai semua cara pemeriksaannya terutama bila harga yang ditawarkan terlalu rendah dari harga pasaran.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.