Simak 5 Cara Membuat Podcast yang Mudah

Cara Membuat Podcast

Anda masih suka mendengarkan Radio? Kini telah hadir suatu teknologi baru yang mirip Radio tetapi memiliki sedikit perbedaan, itulah dia Podcast. Mendengar kata Podcast mungkin belum sepopuler Radio di Indonesia. Podcast sebenarnya bukan merupakan hal yang baru di luar negeri, sebab rata-rata orang disana sering mendengarkan podcast seperti hal nya kita mendengarkan radio.

Berbicara tentang podcast, berarti kita memiliki dua hal yang perlu diketahui, yaitu bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkannya. Di Indonesia, trend mendengarkan Podcast sudah mulai berkembang, terutama di kalangan usia muda. Beberapa aplikasi untuk mendengarkan podcast bahkan membuat podcast sendiri, kini sudah tersedia.

Uniknya, Podcast ternyata memiliki perbedaan dengan Radio. Siaran Radio umumnya merupakan siaran langsung dan memiliki iklan, sedangkan Podcast merupakan hasil rekaman audio yang bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. Kategori yang disiarkan dalam podcast bahkan bisa kita pilih sendiri sesuai minat. Tidak hanya itu, Podcast ternyata bukan saja bisa dimiliki oleh penyiar yang berpengalaman, tetapi siapa saja kini bisa membuat Podcastnya sendiri, Asik bukan?

Cara Membuat Podcast

Cara Membuat Podcast

Sedikit informasi mengenai sejarah Podcast, awalnya Podcast ini diperkenalkan oleh brand iPhone. Kamu yang memiliki iPhone atau iPad pasti bisa mendengarkan podcast. Melihat trend Podcast yang positif, dilansir dari kirimemail.com, Google juga telah merilis aplikasi untuk mendengarkan podcast, sehingga diperkirakan peminat Podcast akan terus meningkat.

Cara membuat Podcast, tergantung dari jenis Podcast yang ingin dijalankan. Pada dasarnya, secara teknis, membuat Podcast memerlukan beberapa peralatan hardware dan software yang perlu dipersiapkan. Namun, saat ini juga sudah tersedia beberapa aplikasi podcast yang bisa dimanfaatkan untuk  menikmati menjadi seorang broadcasting, kapan saja dan dimana saja.

Bagi kalian yang memang berniat ingin membuat podcast secara professional, setidaknya harus menyiapkan beberapa hal penting berikut ini:

  • Podcast professional memerlukan beberapa perlatan (hardware) seperti Taffware mic dan Laptop atau Komputer
  • Anda juga perlu menggunakan software khusus untuk mengedit hasil podcast Anda. Salah satu software yang bisa digunakan seperti Audacity
  • Siapkan alur kerja podcast agar teratur, seperti memilih topik podcast, format podcast, proses produksi, publish dan promosi

Adapun cara membuat Podcast yang mudah dan benar, seperti berikut:

1. Membuat kerangka podcast

Sangat penting untuk memulai Podcast dengan membuat kerangkanya terlebih dulu.  Tujuannya adalah untuk membatasi pembahasan kamu, agar tidak kemana-mana. Podcast yang kamu buat juga akan lebih teratur dan terstruktur.

2. Menulis intro dan outro

Coba tuliskan Intro, berupa kalimat pembuka di setiap podcast yang kamu buat. Kemudian, Outro sebagai kalimat penutup di setiap podcast. Contohnya seperti berikut:

Selamat datang di Podcast “Love story”, saya Diana seorang love coaching sekaligus host Anda untuk episode kali ini” (Intro)

Saya Diana, jangan lupa untuk mengunjungi website kelascinta.com dan berlangganan disana, agar mendapat artikel menarik tentang cinta secara gratis. Sampai jumpa di minggu berikutnya.” (Outro)

3. Mulai Merekam

Selesai membuat intro dan outro, saatnya kamu mulai merekam. Ketika tahap perekaman ini, pastikan tidak ada suara lain yang masuk selain suara kamu. Untuk memaksimalkan kegiatan perekaman tersebut, sebaiknya kamu menyiapkan ruangan khusus untuk rekaman. Jika saat rekaman, kamu melakukan kesalahan, lanjutkan saja dan perbaiki saat proses editing nanti.

4. Mengedit Audio

Proses editing audio ini adalah untuk menghapus bagian yang salah, menambah efek tertentu, mengkonversi format audio menjadi mp3, dan memberikan meta tag di audio tersebut seperti memberikan nama artis, album, tahun produksi dan lain sebagainya.

5. Membuat Cover

Cara membuat podcast selanjutnya, Setelah proses editing dilakukan dan kamu sudah mengkonversikan podcast audio menjadi mp3, selanjutnya adalah membuat cover. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah gambar yang gratis untuk membuat cover podcast yang menarik.

Ternyata cara membuat podcast itu cukup mudah bukan? Yang paling penting adalah pastikan passion kamu memang memiliki minat di bidang broadcasting atau suka berbicara dan mengobrol dengan banyak orang.

Dengan begitu, proses perekaman podcast kamu juga akan menjadi lebih mudah. Demikian cara membuat podcast yang mudah, untuk kamu yang ingin mencobanya.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.