Cara Mengetahui Fitur Auto Cut-Off Baterai Laptop ASUS

image via digitaltrends.com
By | 8 May 2016

Ketika kalian memiliki laptop, yang harus diperhatikan adalah cara pengisian ulang baterainya. Jangan sampai baterai laptop kalian menjadi overcharge yang akan berdampak pada penurunan umur baterai. Selain itu baterai laptop juga tidak bisa bertahan lama (baca: ngedropan).

Tapi untuk pengguna laptop ASUS nampaknya hal semacam itu tidak perlu dirisaukan lagi. Ini bukan pesan sponsor atau mempromosikan ASUS, tapi saya hanya sharing pengalaman pribadi saja. Kebetulan saya memakai laptop ASUS.

Nah, laptop ASUS yang saya pakai ini memiliki fitur Auto Cut-Off Baterai. Yang artinya adalah ketika laptop digunakan dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100% maka secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari adaptor langsung. Sehingga ini tidak membuat laptop menjadi overcharge dan tetap aman digunakan sambil dicolok listrik meski sudah full.

Laptop ASUS yang saya gunakan adalah tipe A455L Series (A455LD-WX1110D). Baca : Review Laptop ASUS A455L Series

Saya rasa untuk laptop ASUS keluaran terbaru semuanya sudah ada fitur ini.

Tapi jika Anda masih ragu dan ingin mengetahuinya, bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

#1 Download dulu software Battery Care. Software ini nanti hanya untuk mengecek jika tidak ada daya yang masuk setelah fitur Auto Cut Off berjalan. Silahkan download di sini.

#2 Gunakan laptop sambil dicharger. Untuk bisa mengeceknya, silahkan gunakan laptop ASUS kalian sambil dicharger hingga kapasitas full. Kalau sudah full, jangan dilepas dulu.

#3 Arahkan kursor ke indikator baterai. Nah, jika kapasitas baterai sudah full, sekarang tinggal arahkan kursor ke atas indikator baterai. Maka jika laptop kalian ada fitur “Auto Cut-Off” akan muncul informasi “(plugged in, not charging)“. Jika muncul seperti ini, berarti laptop ASUS kalian ada fitur ini. Plugged in, not charging ini maksudnya adalah charger tetap hidup, tetapi tidak melakukan pengisian ulang baterai (not charging). Lhoh, jadi arus listrik dari charger kemana? Ya dialihkan ke laptop langsung, jadi laptop pakai daya dari adaptor langsung, bukan baterai. Jika charger dicabut, baru daya diambil dari baterai.

Auto Cut-off Baterai laptop Asus

#4 Buka software Battery Care. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan buka software Battery Care yang sudah didownload dan install di laptop kalian. Silahkan masuk ke bagian ‘Detailed Information‘ lalu perhatikan informasi tentang ‘Charge/discharge rate‘. Jika nilainya “0 W” artinya tidak daya yang masuk ke baterai, jadi fitur auto cut-off telah berfungsi.

Seperti itu cara mengetahui fitur Auto Cut-Off baterai laptop ASUS. Oh ya, sangat disarankan agar selalu menghubungkan baterai ke adaptop meskipun kapasitasnya masih full, ini untuk laptop ASUS aja lho ya. Soalnya dengan adanya fitur tersebut dan jenis baterai yang Lithium Polymer, justru akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.

47 thoughts on “Cara Mengetahui Fitur Auto Cut-Off Baterai Laptop ASUS

  1. daffa althof

    gan terus kok punya ane tulisanya fully charged 100%, itu tandanya aktif nggak nggan auto cut nya

    Reply
    1. virmansyah

      Aktif, loe cabut aja chargernya, kalau udah 98% pasang lagi entar juga kelihatan…

      Reply
  2. Adam Rifaldy

    gan punya ane udah plugin , not charging , tetapi saya cek di battery care , arus listrik masih masuk , jadi bukan 0 W , gmna gan??

    Reply
  3. Roffi Anugrah

    GAN PUNYA ANE PAS UDAH 100 persen malah fullcharge tulisannya. Terus ane cabut udah gt colok lagi,ttep full charge tulisannya. TAPI ANE CHECK BATTRE CARE GADA DAYA MASUK KE LAPTOP “0” itu aktif ttep?

    Reply
  4. ricky

    Gan laptop ane asus X455LA, charge/discharge rate 0 W setelah 100%, tapi “fully charged” bkn “plugin, not charging”…..kira2 auto cutoff ny aktif g ??

    Reply
    1. virmansyah

      lepas charger, biarin sampai 95-98% lalu coba pasang lagi chargernya. terus cek.

      Reply
  5. Daffa Putra

    gan kalo charge/ discharge nya +3.0W dan tapi “fully charged” bukan “plugged in, not charging” gomana ya gan?

    Reply
    1. virmansyah

      Ya wajar. kalau sudah “plugged in, not charging” tapi charge/discharge nya nggak 0 W, itu yang tidak wajar.

      Reply
  6. Azkal

    Gan mau nanya, ane laptop asus a455ld di charger udah 100% tapi di battery care masih ada +1.1w gimana yah ? Kalau di logo battery ada tulisan not charge

    Reply
  7. Ahmad Reynaldy

    Gan, ane baru beli laptop 3 hari, cuma wear lifenya udah 8,3% aja. Berarti kenapa ya gan? Terus bisa dikurangi ga?

    Reply
  8. Rizal Alfari

    Gan punya ane Asus Seriea a455l (X455LAB). Bener gan punya ane ada tulisan Plugged in, not charging.
    Tapi yakin gan kalau ane Pakai sambil di charging ga bakal ada masalah terhadap baterai, dan malah menambah daya awet baterai?. Keseringan saya Charging + nge Game gan.

    Reply
  9. Obonk

    gan ane baru pake laptop asus ane kurang dari sebulan, awalnya kalo udah full charge 100% status batrenya langsung berubah jadi “Plugged In, not Charging”. Terus ini sekarang kalau sudah full 100% statusnya tetep aja “fully charged” dan tidak berubah ke “Plugged In, not Charging”.
    Gimana cara ngatasi ini gan..plis help.. oh iya laptop ane asus a456uq.

    Reply
    1. virmansyah

      Sebenarnya sih tidak masalah. Coba pas Fully Charged di cek pakai battery care, nanti charger/discharger nya berapa, kalau 0 W, nggak masalah.

      Kalau mau berubah ke plugged in, not charging, bisa dilepas dulu chargernya, kalau udah < 100% bisa ditancap lagi…. terus cek…

      Reply
  10. Stephen Evan

    gan, punya ane asus X450JB.. setelah ane charge sampai 100% trus ane lepas chargernya hingga baterai 97% kemudian ane charge lagi.. tulisannya memang plugged in, not charging. battery status di baterrycare juga full charge tapi charge/discharge rate nya -13.2W.. itu maksudnya apa ya gan?

    Reply
    1. virmansyah

      Charge/discharge Rate: Apabila baterai Anda belum penuh dan dalam kondisi charge, nilai ini menunjukkan berapa daya yang mengalir yang mengisi baterai Anda. Yang perlu Anda waspadai adalah ketika baterai Anda telah penuh, jika nilai rate ini masih berada pada nilai pengisian normal (tidak mengecil atau tidak nol), maka berarti laptop Anda tidak dilengkapi dengan pengalih arus otomatis. Bila pengisian diteruskan, maka bisa merusak baterai karena akan membuat baterai menjadi over capacity.

      Reply
      1. Stephen Evan

        Makasih gan balasannya..
        Tadi pas 100% nilainya 1.1W gan kalo gak salah.. sekarang udah gak bisa akses laptop lagi soalnya, besok deh ane cek lagi gan. Trims

        Reply
    1. virmansyah

      Kurang tahu, mungkin ada pembaca lain yang tahu? Silahkan bantu infokan

      Reply
  11. Armada Yogi

    gan…lptp sya asus x450jb…baterai masih 88%, tp udh plug in not charging…itu gra2 auto cut off nya atau baterai lptop ny yg udh rusak gan?…status d batrai care nya 0 W..

    Reply
    1. virmansyah

      Seperti sudah ada auto cut off nya. Maaf belum pernah pegang laptop seri ini jadi tidak pernah kasih kepastiannya

      Reply
  12. oca

    Mau tanya. Laptopku asus k401lb, pertama beli daya batre kira bisa sampe 5-6 jam. Trs skg jdi cm 3 jam-an. Pdhl setiap memakai laptop saya selalu sambil cas. Umur laptop udh 6 bulanan.
    Apa mmg sperti itu ya?
    Trims

    Reply
    1. virmansyah

      Perlu diketahui, daya tahan baterai bukan hanya soal berapa lama umur laptopnya, tapi juga pengaruh dari penggunaan aplikasi atau aplikasi yang terinstall dan berjalan. Semakin banyak aplikasi background yang berjalan, maka juga berdampak pada penurunan daya tahan baterai. Wajar jika waktu pertama kali beli bisa sampai 6 jam. Karena waktu itu belum banyak aplikasi yang terinstall dan penggunaan juga belum tinggi.

      Reply
      1. faisal

        bang.. kalau baterai jenis li-ion.. bisa berfungsi ga bang.. Auto Cut-Off Baterainya ?.. trnyata yang saya punya baterai jenis li-ion type x200ca bukan li-po

        Reply
        1. virmansyah

          X200CA itu netbook kan ya, sepertinya sudah. Ya dicek aja, kalau muncul “Plugged in, not charging” ya berarti ada auto-cut off nya

          Reply
  13. Made Aditya Brihadrata

    Untuk asus tipe x450cc sih bisa kaga yah.. Tapi di batere carenya engga nol =.=

    Reply
  14. billybuntoro

    bang,ASUS X550DP udah punya fitur cut-off baterai ga?mohon pencerahan

    Reply
  15. indra

    gan klo discharge/charge nya +1.0 W itu apa brrti auto cut off di laptop ane jga ada ?

    Reply
  16. DarkCyber

    gan punya saya plugin not charging 98% tapi charge discharge ratenya 1 watt apa itu auto cut offnya aktif ?

    Reply
  17. Naufal

    gan kalo ane udh 100% tapi bacannya fully charged bukan plugin nit charged,, tapi di batre care 0 W.?

    Reply
  18. Reza Fahlevi

    gan laptop saya merek asus a455l intel core i3 ram 4gb saya kan sering main dota sampai berjam2 biasanya dari malam sampai pagi pakai laptop ini klo saya charger dari malam sampai pagi gpp gk gan? tapi keadaan auto cut udh nyala gan sudah saya check di ikon baterainya dalam keadaan not charger dan di batterycare daya yang masuk 0w? mohon pencerahan nya dan kada om saya laptop apapu klo d charger lebih dari 4 jam bisa overcharger atau drop .. gmana ni gan

    Reply
    1. virmansyah

      Iya, bisa overcharger dan membuat baterai tdk awet, TETAPI jika laptop tidak ada fitur auto cut off baterainya. Nah, karena laptop yang kamu pakai ada fitur auto cut off nya, jadi aman.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =